Virus Corona Membuat Perekonomian Dunia Lesu

sumber: pixabay,com

Heboh penyebaran virus Corona yang menjangkiti sebagian negara-negara di dunia ternyata tidak hanya berpengaruh di bidang kesehatan dan pariwisata saja. bahkan perekonomian juga ikut terguncang. Hal ini bisa dilihat dari laporan Dana Moneter Internasional yang merilis data pertumbuhan ekonomi dunia untuk tahun ini. Berdasarkan sumber dari AFP, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF), Kristalina Georgieva memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 0,1-0,2% menjadi 3,3% di tahun 2020 akibat virus corona.

Walau corona tidak menjangkiti seluruh negara di dunia, namun Tiongkok sebagai negara dengan kasus terbanyak merupakan salah satu pemain utama dalam perekonomian global.  Penyebaran virus corona membuat perekonomian Tiongkok terganggu. Negeri Tirai Bambu tersebut selama ini merupakan penyumbang 17% dari produk domestik bruto (PDB) global, sehingga gangguan terhadap perekonomiannya akan dirasakan juga oleh negara-negara lain. Terutama negara yang menjadikan Tiongkok sebagai tujuan utama perdagangan ekspor dan impor.

Dari sekian banyak negara yang terdampak, perekonomian Hong Kong diperkirakan paling terpengaruh. Dengan potensi penurunan pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar 1,74%, negara bekas koloni Inggris ini juga mengalami penurunan ekspor dan impor. Negara lainnya yang juga terpengaruh secara ekonomi adalah Korea Selatan, yang diprediksi akan terdampak sebesar 0,41%, Brasil 0,32%, Australia 0,29%, dan Indonesia 0,26%. Uniknya, walau Italia merupakan salah satu negara dengan laporan terjangkit yang paling besar, justru tidak terlalu terpengaruh secara ekonomi. Seperti terlihat pada grafik dari katadata.co.id di bawah ini.

Virus corona menjangkiti 61 negara di dunia. Paparan terbanyak ada di China, Korea Selatan, Italia dan Iran. Indonesia sendiri dilaporkan belum terjangkit virus mematikan tersebut. Namun sebagai salah satu negara yang memiliki hubungan ekonomi dan perdagangan dengan negara-negara yang terjangkit corona, seperti Cina dan Korea Selatan, perekonomian Indonesia juga ikut terpengaruh.

Baca Juga  Kontribusi Konsultan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This