Tutorial Menyusun Riset Pemasaran untuk UKM


0
Spread the love
sumber : rumahumkm.net

Apa yang harus dilakukan UKM sebelum menjalankan pemasaran bisnisnya? Salah satunya adalah melakukan riset pemasaran. Dalam dunia bisnis memang tak terlepas dari riset maupun penelitian. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Serta dapat memudahkan seorang wirausahawan atau pebisnis dalam mengambil keputusan di dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, pebisnis juga dapat mengatur strategi supaya produk yang dijual laku di pasaran,

Di dalam bisnis Anda perlu melakukan riset dan penelitian pada beberapa hal, salah satunya di bidang pemasaran. Mengapa wajib dilakukan? Tujuan riset pemasaran yaitu untuk mengetahui target pasar produk atau jasa, perilaku pembeli serta latar belakang demografis. Dari hasil penelitian ini, Anda bisa mendapatkan data yang akurat sehingga dapat mengatur strategi pemasaran dengan tepat.

Tutorial Menyusun Riset Pemasaran

sumber : sleekr.co

Bagaimana langkah-langkah dalam menyusun riset pemasaran yang baik? Simak beberapa hal penting berikut ini.

  1. Merumuskan masalah

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah merumuskan masalah yang ada. Perumusan masalah penting dilakukan untuk mengetahui apa tujuan yang hendak dicapai setelah Anda melakukan riset. Riset disusun untuk bisa mendapatkan informasi secara jelas dan akurat agar Anda bisa mendapatkan kesimpulan dari permasalahan di dalam bisnis.

  1. Tentukan desain riset

Mengapa perlu menentukan desain riset? Tujuannya yaitu agar Anda dapat menentukan bagaimana prsedur yang akan dipilih. Mulai dari bagaimana caranya mengumpulkan data dari uji hipotesis serta melakukan kuesioner yang diharapkan. Umumnya, desain riset yang dipilih disesuaikan dengan parameter yang diambil sehingga dapat menghasilan kesimpulan tertentu.

sumber : akseleran.co.id
  1. Merancang Metode untuk Pengumpulan Data

Ketika melakukan riset, tentu saja Anda akan mendapatkan sebuah data. Data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diambil secara langsung di lapangan. Data sekunder merupakan data yang bisa diambil dari internet, buku ataupun sumber lainnya. Dari data tersebut tentunya Anda harus bisa mengumpulkannya jadi bentuk database yang rapi. Maka Anda perlu merancang metode yang tepat untuk mengumpulkan data tersebut.

  1. Mengumpulkan sample

Setelah merancang metode yang tepat untuk mengumpulkan data, selajutnya pengambilan sample dan pengumpulan data yang ada di lapangan. Anda bisa menggunakan metode sampling seperti metode non probability atau probability sampling.

sumber : bisnisukm
  1. Melakukan analisa dan interpretasi data

Setelah mendapatkan sample, selanjutnya lakukan analisa dan pengambilan kesimpulan dari data dan sample yang telah diperoleh. Dalam tahap ini yang perlu dilakukan yaitu editing, koding, analisa statistik, tabulasi serta interpretasi data. Dari data yang sudah diolah, Anda bisa mndapat syatu kesimpulan.

  1. Menyusun laporan dari hasil riset pemasaran

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyusun laporan dari riset pemasaran tersebut. Laporan tersebut terdiri dari laporan hasil riset, kesimpulan serta rekomendasi penelitian yang selanjutnya diberikan pada pihak manajemen. Selanjutnya laporan tersebut digunakan oleh pihak manajemen untuk menentukan keputusan yang sesuai dengan hasil riset yang telah didapatkan. Tentunya laporan riset ini dimanfatkan sebagai standar riset oleh para pihak manajemen eksekutif saat menilai manfaat dari riset.

Pentingnya melakukan riset untuk UKM

UKM wajib melakukan sebuah riset pemasaran sebelum menjual atau memasarkan produk mereka. Ibarat mata dan telinga, riset pemasaran digunakan untuk mengetahui bagaimana pandangan serta keinginan dari konsumen terhadap bisnis UkmM tersebut. Hal ini tentu saja penting dilakukan agar UKM bisa dengan mudah menyusun rencana pemasaran.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals