Tidak Banyak Yang Tahu, Jokowi Pengamal Thariqat Naqsabandiah

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa Presiden joko Widodo telah lama menjadi pengamal Thariqat Naqsabandiah. Unggahan seorang netizen, Ajoko Rahardjo di laman Facebooknya (yang mengutip dari tulisan Muhtarul Hadi) mengungkapkan bahwa Joko Widodo pernah menjadi salah satu anggota Jamaah Mujahadah, nama pengajian yang diasuh oleh paman Muhtarul Hadi. Rosyid Ridwan, sang paman, selain pengasuh pengajian tersebut juga pemilik Pondok Pesantren Nurussalman di Kampung Mutihan, Laweyan, Solo.

Saat itu, menurut unggahan tersebut, Joko Widodo mengikuti Jamaah Mujahadah sekitar tahun 2000. Profesinya masih seorang pengusaha mebel di kota Solo. Bahwa Joko Widodo merupakan pengamal Thariqat Naqsabandiah sebenarnya juga terkonfirmasi secara tidak langsung, saat Jokowi beberapa kali mengunjungi beberapa pimpinan tarekat tersebut. Misalnya saat berkunjung ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Saat itu Jokowi melawat ke kediaman Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani, salah seorang pimpinan Thariqat Naqsabandiah di Langkat pada bulan Desember 2018.

Di kediaman Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani di Kampung Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tersebut Joko Widodo mendapat pesan dan nasehat untuk tidak menyia-nyiakan amanah rakyat. Kunjungan tersebut ternyata merupakan kunjungan balasan dari kedatangan Hasyim Al-Syarwani sebelumnya ke kota Solo, saat Joko Widodo masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Thariqat Naqsabandiah sendiri merupakan sebuah tarikat yang tersebar luas di wilayah Asia, Bosnia Herzegovina, dan Dagestan. Menurut Wikipedia, tarikat ini lebih mengajarkan pada keutamaan pemahaman hakikat dan tasawuf yang mengandung unsur-unsur pemahaman rohani yang spesifik. Lahir di Bukhara di akhir abad ke 14, selama seratus tahun tarikat ini menyebar ke negara-negara muslim lainnya. Dengan ciri mengikuti syariat secara ketat, serius beribadah dan lebih mengutamakan zikir di dalam hati, tarikat ini menunjukkan kecenderungan yang kuat pada keterlibatan di dunia politik walau tidak sepenuhnya  konsisten.

Joko Widodo sendiri disebutkan merupakan pengamal tarikat tersebut sejak lama. Dapat dilihat dari hubungan baiknya dengan beberapa pemimpin Thariqat Naqsabandiah baik di Solo, Sumatera Utara, maupun di Payakumbuh Sumatera Barat.

Baca Juga  Virus Corona Membuat Perekonomian Dunia Lesu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This