Termasuk Dalam Rukun Islam, Zakat Wajib Dibayarkan


0
Spread the love
Sumber: nucare.id

Grapadinews.co.id – Zakat merupakan salah satu pilar dari Rukun Islam. Ialah kewajiban bagi seorang muslim yang mampu untuk membagi harta kekayaannya kepada yang membutuhkan setiap hendak Idul Fitri. Ini lebih dari sekadar memberikan kepada yang membutuhkan, tetapi dinilai sebagai ibadah.

Itulah sebabnya pastikan agar pembayaran zakat menjangkau seluruh orang membutuhkan, mulai dari fakir miskin, hamba sahaya, hingga musafir. Di samping itu juga, karena ini merupakan ibadah sebagai bekal nanti di akhirat, maka perhitungannya juga harus tepat. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasannya berikut ini!

Zakat dan nilai nisab

Sumber: Fimela.com

Nilai nisab merupakan ambang minimum yang diperlukan oleh individu untuk memenuhi syarat pembayaran zakat. Total kekayaan keseluruhan Anda harus memenuhi atau melebihi nilai nisab agar memenuhi syarat.

Nilai nisab secara tidak langsung terkait dengan nilai emas dan perak saat ini. Dalam Kitab Suci Al-Qur’an, nilai nisab digambar sama dengan 612,36 gram perak atau 87,48 gram emas. Awalnya angka keduanya sama, namun kini sudah berbeda yang mana perak secara siginifikan lebih rendah dari emas. Sementara itu, pada umumnya prosentase kewajiban zakat yang harus dibayarkan yakni 2,5% dari harta kekayaan.

Zakat dan perhitungannya

Sumber: thejakartapost.com

Ketika mengkalkulasikan nilai kekayaan dan aset, hal-hal yang harus diperhatikan yakni:

  • Nilai emas dan perak
  • Uang di bank atau simpanan di rumah
  • Pinjaman keluar
  • Pensiunan, saham, dan investasi
  • Properti yang dimiliki (tidak termasuk yang ditinggali)
  • Pertanian dan hasil pertanian

Dengan menjumlahkan poin-poin tersebut akan dengan mudah menghitung keseluruhan kekayaan. Di samping itu pula dapat dikalkulasi berapa banyak zakat yang perlu dibayarkan. Di luar ini, segala bentuk pinjaman tidak termasuk syarat untuk zakat, sehingga harus dikurangi dari total keseluruhan.

Zakat dan pajak di Inggris

Sumber: muslimgirl.com

Di Inggris, pajak dapat mempengaruhi zakat dalam berbagai cara berbeda. Bagi sebagian besar, pajak pribadi seperti jalan dan penghasilan tidak dibebaskan dari zakat. Salah satu pengecualian untuk ini adalah ketika pajak yang dibayarkan sudah melewati batas waktu. Maka nantinya akan menjadi hutang yang dikurangkan. Tapi situasi ini jarang ditemui.

Kebanyakan orang, utamanya pemilik bisnis wajib mengisi formulir pajak. Dalam situasi ini, sebagian besar orang yang menyimpan uang di bank harus mengisi SPT. Angka yang disimpan untuk pajak dapat dikurangkan dari total zakat.

Saatnya membayar zakat

Sumber: Muslim.Or.Id

Zakat merupakan kewajiban bagi muslim yang mampu. Kelak ini merupakan amal yang ditimbang dan dapat membawa kita ke Surga Allah. Maka bersiaplah untuk melakukan pembayaran zakat sebagai ibadah wajib untuk membantu sesama.

Pastikan agar Anda dan keluarga membayarkan zakat tepat waktu dan kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Selamat menunaikan ibadah puasa!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals