Tahapan-tahapan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Advertisements

Jasa pembuatan studi kelayakan menjadi satu bagian penting dalam bisnis. Studi kelayakan sendiri memiliki tujuan untuk menentukan apakah bisnis maupun usaha tersebut layak untuk dijalankan. Pasalnya harus diakui, tidak semua usaha, jenis bisnis, bahkan ide yang unik dan menarik sekalipun akan feasible dari kacamata ahli.

Jasa pembuatan studi kelayakan

Disinilah pentingnya untuk jasa studi kelayakan. Adanya jasa ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pandangan serta pemeriksaan menyeluruh untuk rencana bisnis. Mereka yang bergerak di bidang jasa ini merupakan para ahli yang akan mengaudit, memeriksa, dan memastikan untuk semua ide bisnis serta usaha memang benar-benar layak. Kajian dalam studi kelayakan nantinya juga akan memberi insight peluang pasar sampai rencana pemasaran.

Besarnya peranan jasa ini menjadikan Anda harus mulai mempertimbangkan pembuatan jasa kelayakan sebelum memulai usaha. Pastikan Anda sudah mendapatkan pandangan ahli untuk ide usaha serta bisnis yang akan dijalankan. Apakah nantinya benar-benar layak dan memberi keuntungan, atau malah sebaliknya.

Tahapan-tahapan Studi Kelayakan

Melakukan studi kelayakan memang tidak bisa sembarangan. Berdasarkan pengertian dari Kasmir dan Jakfar (2003) mengenai studi kelayakan, kegiatan ini berarti mempelajari dengan mendalam mengenai usaha yang dijalankan. Hingga mampu menentukan layak maupun tidaknya suatu usaha serta bisnis untuk dijalankan.

Proses mempelajari secara mendalam ini, akan melalui beberapa tahapan.

  1. Pertimbangan pemilihan ide

Studi kelayakan pada tahapan pertama dimulai dari ide. Saat ide ditemukan, studi kelayakan seharusnya sudah bisa langsung dimulai. Namun tentu saja, tidak semua ide bisa dilanjutkan menjadi usaha maupun bisnis yang layak untuk dijalankan.

Pemilihan ide akan dilakukan dengan dasar beberapa hal:

  1. Ide yang akan sesuai dengan kata hati
  2. Pemilik ide nantinya akan memiliki keterlibatan diri untuk hal yang bersifat teknis bila usaha dijalankan
  3. Ide diyakini akan menghasilkan keuntungan pada bisnis maupun usaha
Baca Juga  Alasan di Balik Pentingnya Manajemen Bisnis

Dasar-dasar inilah yang akan menjadi penentu pemilihan ide pada studi kelayakan. Misalnya saja ide untuk bisnis baju pengantin atau salon. Maka Anda harus mempertimbangkan mana yang sesuai dengan kata hati, serta yakin memberi keuntungan. Selain itu Anda lebih mampu terlibat masalah teknis untuk persewaan baju atau salon.

  1. Penelitian dengan metode ilmiah

Jasa pembuatan feasibility study pada tahapan berikutnya akan melakukan penelitian. Setelah ide terpilih, penelitian dengan metode ilmiah yang dilakukan meliputi:

  1. Proses pengumpulan data
  2. Pengolahan data
  3. Melakukan analisa dan interpretasi dari hasil olah data
  4. Hasil kesimpulan
  5. Laporan

Proses penelitian ini akan menentukan apakah ide tersebut, berdasarkan data-data yang ada, akan layak dijalankan. Bila misalnya berdasarkan dari penelitian, ide yang ada tidak layak. Maka proses akan kembali ke tahapan pertama.

Advertisements
  1. Evaluasi

Setelah tahapan penelitian selesai, berikutnya ide akan dilakukan evaluasi. Dalam studi kelayakan, evaluasi yang dilakukan berarti membandingkan dengan kriteria yang sudah menjadi standar. Baik itu secara kuantitatif maupun kualitatif. Hal yang dibandingkan misalnya modal yang diperlukan untuk ide tersebut dengan hasil yang akan diperoleh.

Ada 3 jenis evaluasi untuk studi kelayakan:

  1. Evaluasi usaha maupun bisnis yang akan dijalankan
  2. Evaluasi proyek, bisnis serta usaha yang akan dibangun
  3. Evaluasi untuk bisnis yang sudah berjalan dengan operasional rutin

Misalnya dari contoh di atas, usaha salon lebih feasible dari segi modal dan keuntungan setelah evaluasi. Meski penelitian menunjukan kedua ide tersebut memenuhi data-data kelayakan.

  1. Rencana pelaksanaan

Setelah tahap tersebut dipenuhi, berikutnya merupakan rencana pelaksanaan. Tahapan ini juga akan kembali dikaji oleh jasa pembuatan studi kelayakan. Demi memastikan rencana pelaksanaan bisnis berdasarkan ide tersebut juga tetap memiliki kelayakan.

Baca Juga  Hal yang perlu dipersiapkan saat memulai bisnis

Tahapan-tahapan untuk studi kelayakan diatas tentunya memberikan gambaran pasti mengapa jasa ini penting digunakan. Memperhatikan semua tahapan di atas agar terpenuhi dengan baik, memastikan bisnis serta usaha layak untuk dijalankan. Serta nantinya memberikan manfaat dengan keuntungan yang sesuai. Untuk itu jika membutuhkan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan langsung saja hubungi www.grapadigroup.com

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This