MenyalinHarap perbaharu

Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

Masih seputar tentang studi kelayakan bisnis, kamu juga harus mengetahui tahapan apa saya yang dilakukan dalam melakukan analisis tersebut. Mengapa demikian? Era digital sudah berkembang pesat dan tidak sedikit orang menawarkan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan bisnis.

Dengan mengetahui beberapa tahapan studi kelayakan, maka dapat diketahui pula seberapa penting melakukan studi kelayakan sebelum memulai bisnis. Hal ini pun dapat menjadi pertimbangan untuk memiliki Jasa Studi Kelayakan yang tepat.

Berikut beberapa tahapan yang dilakukan dalam pembuatan studi kelayakan bisnis.

 

1. Tahap Penemuan Ide

Memulai bisnis harus melalui tahap penemuan ide terlebih dahulu. Dimana ide ini kemudian akan dikembangkan dan dianlisis dalam studi kelayakan yang kemudia ditentukan kelayakannya. Tahap ini dapat ditemukan dengan melihat permasalahan yang ada di masyarakat.

Menemukan ide dapat dilakukan dengan memberikan solusi pada sebuah masalah. Semisal adalah permasalahan musim hujan yang mengganggu aktivitas dan perjalanan masyarakat sehingga kamu memberikan solusi dengan membuka bisnis payung atau jas hujan.

 

2. Tahap Penelitian

Setelah menemukan ide, kemudian akan melalui tahap penelitian. Banyak hal yang perlu diteliti pada tahap ini. Diantaranya proses pelaksanaan bisnis, kelemahan dan kelebihan bisnis, masalah yang dapat menghambat, solusi dari masalah, strategi pemasaran, hingga cara menghadapi pesaing.

Penelitian ini akan mengkaji beberapa aspek dalam studi kelayakan bisnis. Aspek tersebut meliputi :

  1. Aspek Legalitas
  2. Aspek Manajemen
  3. Aspek Keuangan
  4. Aspek Pasar dan Pemasaran
  5. Aspek Ekonomi dan Budaya

 

3. Tahap Evaluasi

Tahap selanjutnya adalah mengevaluasi hambatan yang mungkin terjadi pada bisnis. Selain itu tahap ini juga dapat dilakukan untuk membandingkan beberapa ide yang mungkin akan dipakai. Setelah itu dipilih ide mana yang mungkin lebih masuk ke dalam standar bisnis.

Baca Juga  Berusia 27 Tahun, Ankiti Bose Berhenti Dari Perusahaan Teknologi Untuk Dirikan Zilingo

 

4. Tahap Penentuan

Setelah melakukan tahap evalusi pada ide bisnis, selanjutnya adalah membuat laporan yang menyatakan layak atau tidak ide bisnis tersebut dilanjutkan. Apabila dinilai masih kurang layak atau bahkan belum layak, maka dapat diulang tahap-tahap sebelumnya samapi ditentukan kelayakan bisnis

Pada tahap inilah studi kelayakan berperan. Yaitu untuk menentukan layak atau tidaknya bisnis dibangun dan dijalankan.

 

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan di Surabaya

 

5. Tahap Perencanaan

Apabila bisnis sudah ditentukan layak maka selanjutnya adalah membuat rencana bisnis. Hasil dari analisis studi kelayakan dapat dijadikan pedoman untuk membuat rencana pelaksanaan bisnis.

 

6. Tahap Pelaksanaan

Setelah rencana selesai dibuat, tahap terakhir adalah pelaksanaan. Dengan melakukan studi kelayakan maka tahap pelaksanaan akan lebih mudah karena rencana yang tersusun dengan jelas.

 

Itulah penjelasan mengenai tahapan yang dilakukan untuk menyusun studi kelayakan bisnis. Pastikan kamu memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan yang tepat agar bisnismu dapat berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This