Super Spektakuler, 6 Kota di Dunia Ini Rayakan Imlek Paling Meriah

Advertisements
Sumber: sputniknews.com

Grapadinews.co.id – Tahun Baru Imlek jatuh sekali dalam satu tahun. Momen ini telah ditunggu-tunggu oleh orang Tionghoa sebagai bentuk menyambut tahun baru dan meninggalkan yang telah lama. Di waktu itu pula, mereka mengucapkan rasa sukur kepada para Dewa dengan melakukan serangkaian ritual peribadatan.

Usai ibadah, orang Tionghoa dari seluruh dunia merayakannya dengan beragam festival mulai dari lampion, barongsai, pembagian angpao dan masih banyak lagi lainnya. Sementara di Cina, momen ini juga termasuk dalam libur nasional dengan nama Festival Musim Semi.

Negara dengan populasi orang Tionghoa cukup besar turut merayakannya. Menariknya, mereka menyelenggarakan selebrasi dengan cara yang berbeda pula. Akulturasi budaya Cina dengan masyarakat setempat menghasilkan perayaan yang begitu menarik. Ada yang menawarkan festival kembang api dalam waktu tiga minggu, parade lampion yang begitu panjang, konser musik yang menghadirkan musisi, marching band dan barongsai, serta masih banyak lagi lainnya.

Daripada penasaran, kenapa tidak kunjungi saja beberapa kota di dunia ini untuk merasakan meriahnya Imlek?

Singapura

Sumber: middle-east.etbtravelnews.global

Singapura adalah negara sekaligus kota yang memiliki beragam kelompok etnis, mulai dari Cina, India, hingga Melayu. Saat tahun baru Imlek datang, seluruh masyarakat di negeri tersebut berbondong-bondong turut serta merayakannya. Bagian yang paling menarik dalam perayaan ini adalah percampuran tradisi lama serta baru dan pengaruh dari berbagai kultur.

Sejak tahun 1987, penduduk dan pengunjung yang berasal dari negara manapun berkumpul di Sungai Hongbao untuk turut meramaikan festival. Dari lampion raksasa, nyanyian dan tarian tradisional Cina, juga hidangan khas Tionghoa yang begitu menggugah selera turut memeriahkan acara yang disertai kembang api spektakuler.

Acara besar lainnya yakni Parade Chingay, ialah sebuah event parade yang diadakan di pusat kota serta dinobatkan yang paling besar di Asia. Penonton dapat menyaksikan pertunjukan sulap, akrobat, pesta samba dan semua hal yang menggembirakan. Orang-orang dari negara mana saja berkumpul berbagi momen bahagia sekali dalam seumur hidup.

Di samping itu, Anda juga bisa berkunjung ke Chinatown untuk turut serta dalam festival dan parade. Uniknya, pengunjung yang datang juga dipersilahkan untuk mencicipi ragam masakan khas oriental dan Imlek.

Sydney

Sumber: abc.net.au

Sebagai salah satu kota besar di Australia, Sydney jadi persinggahan orang-orang dari belahan lain termasuk Tionghoa. Akulturasi budaya dan keberagaman adalah hal lumrah di sini. Maka turis yang datang tidak perlu lagi beradaptasi secara maksimal karena masyarakat disini menghargai perbedaan.

Baca Juga  9 Persiapan Sebelum Pergi Berlibur Keluar Negeri Untuk Pemula

Satu dari sekian banyak perayaan besar yang diselenggarakan di Kota Sydney adalah Imlek. Momen ini biasanya diadakan di Chinatown dengan menampilkan serangkaian pertunjukan yang melibatkan orang asli Tionghoa dan masyarakat setempat. Turis yang datang dapat menikmati ragam pertunjukan, bazaar, kios-kios yang menjual pernak-pernik Tahun Baru Cina, dan banyak sekali hal yang bisa dieksplor.

Pada event tersebut tidak ketinggalan pula kompetisi balap perahu naga yang sudah ditunggu-tunggu karena hanya ada satu kali dalam setahun. Acara ini biasanya diselenggarakan di Cockle Bay dan penonton dapat menyaksikan dengan jarak dekat keunikan dari perahu yang merupakan bagian dari sejarah penting Cina.

Dilanjutkan dengan Twilight Parade yang menampilan sesuatu sensasional dari lampion dan warna merah yang begitu mengagumkan. Penonton dapat menyaksikan pelampung warna-warni, lentera besar yang mengambang indah, dan para penampil pertunjukan di jalanan. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan kompetisi karaoke, pertunjukan seni bela diri, barongsai dan kegiatan budaya lain yang berlangsung selama satu bulan.

Sydney benar-benar menjadi kota idaman bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya Imlek. Setiap detail selebrasi dirancang dengan indah dan begitu megah. Maka, di sinilah salah satu tempat paling direkomendasikan untuk dikunjungi saat Tahun Baru Cina.

New York

Sumber: npr.org

New York memang terkenal dengan perayaan super megah. Jadi, tidak heran bila dinobatkan sebagai kota terbaik dalam penyelenggaraan Tahun Baru Cina. Bagi Anda yang ingin menikmati parade spektakuler, hiburan tidak biasa dan makanan lezat maka di sinilah tempatnya.

Museum Cina menawarkan beragam event menarik. Lanjutkan perjalanan ke Chinatown untuk menikmati festival keluarga, sepeti Konser Tahun Baru Imlek yang diadakan oleh New York Philharmonic. Acara tersebut menampilan komposer dan musisi berbakat yang menghasilkan karya-karya menakjubkan.

New York menawarkan beberapa parade yang diselenggarakan selama beberapa hari. Ditambah pula dengan festival petasan serta kembang api sebagai pertanda pergantian tahun. Di Manhattan, barongsai menari dengan indahnya dengan diiringi oleh penabuh genderang serta rombongan penari yang turut turun di jalanan Chinatown. Parade besar itu juga dimeriahkan oleh ratusan lampion raksasa, marching band, akrobat dan pertunjukan lainnya yang begitu spektakuler.

Baca Juga  Kavling Villa dan Villa Minimalis Murah Banten

Di samping itu, Imlek juga diselenggarakan di Flushing, Queen yang merupakan rumah bagi para pendatang penduduk Cina. Kota ini menawarkan atrkasi musik tradisional yang diirngi dengan penari berbakat dan suara petasan sehingga acara semakin meriah.

Advertisements

San Fransisco

Sumber: www.yelp.com

San Fransisco juga merupakan salah satu kota di Amerika yang menjadi incaran para pendatang untuk tinggal. Selain kota yang menyediakan fasilitas lengkap, kemajuan dari segi struktur dan infrastruktur juga menjadi bahan pertimbangan hingga orang dari seluruh dunia berkumpul di sini.

Kota ini menawarkan salah satu periode tertua dan terbesar di Amerika Utara saat Tahun Baru Cina. Pada tahun 1860, Chinatown di San Fransisco mengalami lonjakan populasi. Mereka ingin berbagi kebahagiaan dengan penduduk setempat. Maka sejak saat itu, perayaan Imlek secara besar-besaran diselenggarakan.

Parade malam dengan ratusan lampion terang berwarna merah menjadi salah satu yang paling berkesan. Menariknya, event ini dinobatkan sebagai salah satu dari sepuluh parade termegah di dunia. Pengunjung bisa menikmati indahnya kendaran hias dengan para penampil yang berpakaian ala cina, marching band, akrobat, dan bunyi petasan yang semakin menyemarakkan.

Di puncak acara, barongsai setinggi 80 meter dengan melibatkan 100 talent pria dan wanita. Perayaan ini banyak mendapatkan perhatian dari wisatawan dari berbagai belahan dunia. Saking meriah dan menariknya, sampai-sampai Southwest Airline, maskapai penerbangan asal Amerika Serikat bersedia untuk menjadi sponsor resmi dari parade ini. Bagaimana tidak menarik?

Vancouver

Sumber: www.seattlemag.com

Ada hal yang menarik dari perayaan Imlek di Vancouver. Bila di kota lain dirayakan di Chinatown saja, namun di sini justru diselenggarakan di beberapa titik salah satunya yakni Richmond. Kedua spot tersebut memberikan sentuhan unik yang dibuat dengan kreativitas sendiri. Parade tahunan ini menampilkan kendaraan hias yang begitu spektakuler dengan desain yang rumit. Kemudian diiringi pula oleh marching band, tarian barongsai, kelompok tari dan pengamanan ketat dari aparat setempat.

Salah satu yang menarik dari selebrasi di Vancouver ini adalah acara dinner tahunan Gung Haggis Fat Choy yang menawarkan ragam masakan tidak biasa. Hal yang juga begitu menakjubkan dan membuat betah yakni hampir seluruh pusat perbelanjaan di sini dihias ala-ala Cina, sehingga Anda akan merasa seperti berada di Beijing.

Baca Juga  Deretan Fashion Store di New York Bisa Buat Ide Bisnis

Pusat perbelanjaan tersebut menjadi stan dari pasar bunga dan serangkaian acara budaya. Sementara Richmond boleh berbangga dengan keberadaan kuil terbesar ke-2 di Amerika Utara dan menjadi tempat peribadatan dari pemeluk di seluruh dunia. Dua kota tersebut memiliki ratusan restoran Asia yang menyajikan hidangan otentik serta menu spesial lezat di Tahun Baru Cina. Berkunjung ke tempat ini, Anda bisa merasakan kehangatan Imlek bersama dengan keluarga.

Los Angeles

Sumber: www.lamag.com

Selain menawarkan arena perjudian terbesar di dunia, Long Angeles juga rumah bagi perayaan Tahun Baru Cina. Kota ini menjadi host dari parade tahunan yang telah ditunggu-tunggu oleh turis mancanegara.

Di malam Imlek, parade tahunan luar biasa dengan pelampung berwarna-warni, penabuh genderang, atraksi barongsai, rombongan penari yang berbaris di jalan Chinatown membuat pengunjung merasa dimanjakan dengan kemeriahan. Usai itu, perayaan kuil yang diselenggarakan tengah malam. Menariknya, wisatawan juga akan kecipratan angpao dengan bunyi petasan yang semakin menyemarakkan.

Pusat-pusat perbelanjaan didekorasi dengan nuansa Cina. Dimana-mana barongsai selalu ada untuk menambah suasana Imlek yang begitu menakjubkan. Ada pula pohon tahun baru yang menjulang tinggi, sehingga menjadikan suasana kota layaknya di Negeri Tirai Bambu.

Universal Studios Hollywood merayakan Tahun Baru Cina dengan mengaplikasikan dekorasi bertema Cina. Disneyland Clifornia juga ikut serta dalam perayaan. Area dihiasi dengan lampion dan spanduk bertuliskan Selamat Tahun Baru. Mereka juga bekerja sama dengan musisi serta penari asal Tiongkok. Tidak mau kalah, Chinatown bahkan mneyuguhkan festival gratis kepada pengunjung di berbagai taman.

Kemeriahan Imlek tidak hanya dirasakan oleh mereka yang berdarah Tionghoa saja. Kultur Cina bahkan telah membaur dengan masyarakat di berbagai lapisan dunia. Tidak heran bila perayaan ini banyak ditemukan di manapun dengan menampilkan festival yang sangat megah serta meriah, Di Indonesia sendiri, Tahun Baru Cina diadakan di hampir setiap kota dan melibatkan penduduk setempat pula.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This