Sisihkan Untuk Beramal, 7 Tips Menghemat Keuangan Ini Mudah Diaplikasikan


0
Spread the love
Sumber: Timurindonesia.com

Grapadinews.co.id – “Berikan kepada sanak saudara haknya dan yang membutuhan dan musafir, dam jangan sia-siakan (kekayaanmu) dalam kesia-siaan. Lihatlah! Para pemboros adalah saudara-saudara setan dan iblis tidak tahu terima kasih kepada Tuhannya.” (QS Qur’an 17:26-27)

Mudah sekali dalam menghabiskan uang. Sebagai mana manusia memiliki kebutuhan yang beraneka ragam, bahkan hingga berlebih. Namun terkadang dengan rezeki yang dipunya mereka memilih untuk menghabiskannya.

Beberapa orang pada akhirnya memutuskan untuk menghabiskan semua yang dimiliki tanpa memikirkan konsekuensi dan keadaan darurat. Uang merupakan kebutuhan penting, terutama di saat-saat tidak terduga. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan. Lebih-lebih juga menabung sebagian dan diberi kepada yang membutuhkan.

Sebagai muslim yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, sudah sepatutnya untuk menerapkan tips di bawah ini agar kondisi keuangan lebih baik serta mendapatkan pahala.

Ketahui pengeluaran

Sumber: regent.ac.za

Pertama yang harus dilakukan sebelum mengatur keuangan yakni mencatat semua expense dari harian, mingguan hingga bulanan. Hal ini tidak hanya mencakup individu tetapi juga kebutuhan semua anggota keluarga yang meliputi konsumsi, akomodasi, biaya sekolah, transportasi, tagihan listrik dan air, angsuran kendaraan, kartu kredit dan lain sebagainya. Disarankan pula untuk menyisihkan beberapa untuk amal setiap bulannya.

Manfaatkan aplikasi perangkat lunak

Sumber: www.kiplinger.com

Pengaturan keuangan jadi lebih mudah dengan menggunakan perangkat lunak. Teknologi memudahkan segalanya, termasuk manajemen keuangan. Masukkan data pengeluaran bulanan, kemudian akumulasi pendapatan tahunan. List semua pengeluaran dengan mencantumkan angka nominal di sebelahnya. Melalui pengaturan ini akan memberikan gambaran tentang arus finansial.

Apabila nanti ditemukan pengeluaran dan pemasukan timpang secara signifikan, itu berarti ada kesalahan dalam penginputan atau memang Anda yang terlalu banyak pengeluaran. Dengan demikian, pengguna bisa merampingkan expenses dan melakukan cara lebih efisien terlebih dahulu untuk membuatnya normal kembali.

Sistem presentase

Sumber: www.kisspng.com

Setelah pengeluaran diuraikan secara detail dan jelas, Anda bisa melihat kondisi keuangan secara transparan. Pastikan untuk menyisihkan uang sesuai dengan gaji yang diperoleh, kemudian sesuaikan dengan pengeluaran. Hal ini memungkinkan untuk menabungkan sebagian di bank yang dapat digunakan di waktu darurat. Idealnya, hemat 10-20% setiap bulan akan memberikan awal yang baik.

Pantau pengeluaran

Sumber: www.pexcard.com

Memantau pengeluaran setiap hari menjadikan Anda mengetahui secara detail. Misalnya saja dengan membuat catatan keuangan di notepad untuk menyimpan daftar pengeluaran harian. Di akhir minggu, bisa dipindahkan pada spreadsheet PC atau laptop untuk kemudian dibandingkan dengan anggaran dalam smartphone.

Analisis keuangan

Sumber: theurbantwist.com

Menabung boleh-boleh saja, namun jangan lupakan kebutuhan dan menyisihkan untuk orang yang membutuhkan. Oleh sebab itu, pisahkan dana untuk itu di lain hari, misalnya akhir bulan. Kemudian analisis pengeluaran. Caranya, tabung sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Jika menemukan keganjilan cari tahu apa yang membuatnya demikian. Apabila memang solusinya dengan mengurangi pengeluaran, maka lakukan evaluasi kembali.

Pastikan bebas hutang

Sumber: squarecapital.co.in

Diriwayatkan oleh Abu Musa Ashari bahwa Nabi Muhammad berkata, “Dosa besar yang harus dihindari adalah seseorang yang meninggal dalam hutang dan tidak meninggalkan aset untuk melunasinya.”

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari hutang. Jika memang itu tidak bisa dihindari, maka lakukan pembayaran secara berangsur dan tepat waktu. Sama seperti dengan menyisihkan uang untuk menabung, bagi keuangan untuk pembayaran hutang. Pastikan cicilan mobil, rumah dan lain sebagainya sudah dibayarkan selama satu bulan hingga satu tahun sampai benar-benar lunas. Dengan menunda pembayaran, sama halnya memberatkan karena Anda juga harus membayar pinalti.

Ubah gaya hidup

Sumber: hardcastlefilmphoto.com

Dan makan dan minumlah, tapi jangan sia-sia. Tentu saja Dia (allah) menyukai orang-orang yang tidak boros.” (QS Qur’an, 7:31).

Singkirkan kebiasaan membeli barang-barang mewa namun tidak digunakan. Atau bahkan kebiasaan-kebiasaan yang mengharuskan Anda menghabiskan uang dalam sekejap. Luangkan waktu untuk menghitung berapa banyak Anda menghabiskan biaya untuk minum kopi di kafe, membeli pakaian, barang elektronik dan lain sebagainya. Tentu saja nanti akan diketahui angka fantastis. Maka, kini saatnya untuk mengubah gaya hidup.

Jika mengikuti petunjuk di atas dan menyimpan uang setiap bulannya, maka Anda akan menikmati buah dari hasil kerja keras. Gunakan harta berlebih untuk berbagi dengan sesama, menyenangkan orang tua dan keluarga hingga memenuhi kebutuhan sendiri.

Abu Hurairah Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, “Kekayaan tidak berarti memiliki banyak harta. Kekayaan berarti memiliki kepuasaan diri.”

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals