Sibuk di Kantor, Jaga Kesehatan Dengan Tips Ringan Berikut!

Sumber: www.mostvaluablenetwork.com

Grapadinews.co.id – Bekerja kantor menuntut seseorang untuk menuntaskan pekerjaan selama 8 hingga 9 sehari dalam jangka waktu 5 hingga 6 hari per minggu. Belum lagi ada beberapa deadline yang harus dikumpulkan, proyek rumit sampai masalah yang memungkinkan untuk bekerja lembur. Dengan demikian, Anda hanya punya waktu sedikit untuk beristirahat.

Padahal, normalnya manusia perlu mengistirahatkan tubuh selama 8 jam sehari. Saat terlelap, seluruh organ mulai rileks, hati bekerja sebagaimana mestinya dan otak jadi lebih tenang. Namun, apabila waktu kerja terlalu lama ditambah dengan masalah yang mengganjal hingga mengganggu waktu tidur, tentu bisa membuat waktu beristirahat kurang maksimal.

Nah, bersamaan dengan kegiatan padat di kantor setiap hari, perlu juga menjaga kesehatan untuk tubuh dan pikiran yang baik. Bagaimana caranya?

Makan siang teratur

Sumber: foodtolive.com

Salah satu cara termudah untuk menerapkan hidup sehat saat bekerja adalah makan siang teratur. Anda bisa memanfaatkan menu sehat dari kantor atau membawa bekal sendiri dari rumah.

Beberapa karyawan mengulur makan siang dengan alasan ingin menyelesaikan pekerjaan sekaligus, barulah setelah selesai pergi makan. Namun hal tersebut justru membahayakan. Tujuan dan fungsi utama dari kegiatan ini adalah mengisi energi kembali setelah tubuh kehilangan cairan dan kalori untuk bekerja.

Apabila tidak dilakukan secara teratur, tubuh mudah lemas dan pikiran kurang fokus. Oleh sebab itu, mulai sekarang cobalah untuk mencanangkan pola hidup sehat dengan membuat menu makan siang sendiri dari rumah. Anda bisa mengemas, sedikit nasi untuk energi, sayuran serta buah. Bisa juga menambahkan smoothie atau jus.

Cara tersebut juga dirasa cukup ekonomis karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh Business Insider dan didukung oleh Accounting Principals, dengan membeli makan siang setiap harinya lebih banyak dibanding untuk pergi traveling. Maka, tidak ada salahnya untuk membawa bekal makan siang sendiri dari rumah, bukan?

Baca Juga  Merasa Cemas di Tengah Kencangnya Wabah Virus Corona? Ikuti Tips Berikut ini!

Lakukan gerakan ringan

Sumber: fruitguys.com

Hidup sehat tidak hanya soal makan siang. Seperti dilansir dari CNN, duduk dalam jangka waktu lama bisa mengganggu kesehatan meskipun sudah rajin berolahraga. Kemudian sebuah laporan dari penelitian Annals of Internal Medicine menyimpulkan bila duduk lama bisa merusak kesehatan.

Duduk selama lebih dari delapan jam sehari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 90 persen. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus tentu akan membahayakan. Untuk menghindarinya, alangkah lebih baik bila sesekali lakukan gerakan ringan seperti duduk-berdiri-duduk-berdiri selama beberapa menit.

Adakalanya untuk beristirahat sebentar, naik turun tangga atau stretching ringan agar tubuh lebih rileks dan memperlancar aktivitas dalam tubuh. Langkah ini juga sekaligus dapat meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

Jalan-jalan ringan

Sumber: businesshealthy.org

Apabila sore hari Anda masih berkutat dengan pekerjaan yang begitu padat, kemudian tubuh mulai lelah yang berujung pada menurunnnya konsentrasi dan daya penglihatan. Di saat tersebut, putuskan untuk tinggalkan sejenak tugas tersebut dan mulailah berjalan-jalan ringan di sekitar kantor.

Jika tempat kerja memiliki taman, air mancur, hingga kolam ikan, manfaatkan fasilitas tersebut untuk refreshing sejenak sembari menghirup udara segar. Di samping itu, hitung langkah selama Anda berjalan untuk mengetahui seberapa mampu melakukan aktivitas fisik ringan tersebut. Tingkatkan dari hari ke hari agar tubuh dan pikiran makin seimbang.

Perbanyak minum air putih

Sumber: www.healthandfitnesstalk.com

Para ahli menganjurkan untuk minum air putih setidaknya 10 gelas per hari. Akan tetapi takaran tersebut juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing tubuh dan seberapa berat aktivitas yang dijalani.

Namun, konsumsi setiap hari secara rutin dapat menghindari dari dehidrasi. Beberapa camilan buah yang juga mengandung air yakni jeruk, anggur, semangka, dan apel. Semuanya bisa membantu metabolisme dan meningkatkan daya serap nutrisi.

Baca Juga  Meski Tanpa Modal Besar, 5 Hal Ini Bisa Jadi Bekal Bangun Bisnis

Penelitian yang dilakukan pada pekerja membuktikan bila pukul 3 sore adalah waktu rata-rata seseorang mengalami dehidrasi. Di saat itu, hindari mengkonsumsi kopi dan sebaiknya ganti dengan air putih. Anda juga mengkonsumsinya setelah makan siang untuk membantu penyerapan.

Singkirkan camilan snack, ganti dengan buah

Sumber: www.mostvaluablenetwork.com

Paling asik bekerja sambil makan makanan ringan. Rasanya jadi lebih santai dan tidak terlalu terforsir. Namun kini saatnya untuk menyingkirkan itu semua karena dapat menambah ratusan kalori dalam tubuh. Efeknya yakni obesitas.

Menurut Dawn Jackson, ahli gizi American Dietetic Association menganjurkan untuk mengganti camilan seperti permen atau makanan ringan dengan buah-buahan yang mengandung vitamin serta mineral. Anda bisa bekerja sambil menyantap anggur, ceri atau bahkan irisan apel sebagai camilan sehati sehari-hari di meja kantor.

Gerakan ringan atasi tension neck syndrome

Sumber: mmctsu.com

Duduk seharian menatap layar komputer atau selalu tegap sepanjang waktu melayani customer merupakan tuntutan kerja yang harus dijalankan Tapi pernahkah Anda merasakan tubuh terasa sakit saat pulang kerja atau bahkan pegal di bagian leher? Yap, itu adalah tension neck syndrome (TNS) yang bisa terjadi di daerah leher serta bahu.

Menurut penelitian dari National Institute of Environmental Health Sciences, sindrom tersebut biasanya terjadi pada pekerja kantor yang hampir sepanjang hari mengetik. Alan Hedge, Profesor Ergonomi dari Cornell Univesity mengatakan bahwa TNS menyebabkan sakit leher serta bahu, otot tegang dan nyeri. Maka untuk mengatasi itu, Anda bisa menggunakan dudukan bahu earphone untuk menelepon atau lakukan stretching ringan.

Meskipun pekerjaan di kantor menumpuk hingga membuat Anda pulang larut, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Lakukan gerakan-gerakan ringan selama bekerja, olahraga teratur pagi harinya, dan sertai dengan konsumsi makan makanan sehat agar seimbang. Dengan demikian tubuh akan sehat dan pikiran lebih fokus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This