Sering Kerja Lembur, Buat Hari di Kantor Menyenangkan Dengan Tips Berikut

Sumber: www.irishnews.com

Grapadinews.co.id – Bekerja lima hingga enam hari dalam seminggu terkadang terasa menjemukan. Dengan jam kerja nomarl 8 hingga 9 jam per hari pun rasanya masih butuh refreshing panjang. Apalagi yang hampir setiap hari menghadapi lemburan?

Bekerja dengan durasi lama sudah biasa bagi pekerja kantoran, utamanya mereka yang berkutat dengan keuangan, inventory hingga penjualan. Namun waktu yang cukup lama itu membuat mereka justru mudah bosan, lelah dan tidak ada semangat lagi keesokan harinya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US National Health pada tahun 2010, hampir 19% orang dewasa yang bekerja selama 48 jam atau lebih per minggu, 7% bekerja 60 jam hingga lebih per minggu. Hasil yang diperoleh yakni durasi jam kerja yang panjang dikaitkan dengan risiko kesehatan dan keselamatan.

Dilaporkan pula kurang tidur dapat mempengaruhi konsentrasi, kewaspadaan, suasana hati dan kesehatan tubuh. Beberapa bidang yang memakan waktu seperti ahli kimia, apoteker, teknisi dan masih banyak lagi lainnya. Kelelahan dan stres tidak hanya mempengaruhi kinerja tetapi juga keamanan pada orang lain.

Meskipun lembur tidak dapat dihindari, namun apa sih yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit, mood stay on dan masih semangat? Ikutip tipsnya di bawah ini!

Konsumsi makanan sehat

Sumber: thedoctorweighsin.com

Makanan sehat merupakan kunci sehat dari seluruh organ tubuh. Metabolisme, peredaran darah dan semua otot saling bersinergi berkat adanya nutrisi yang masuk. Ditambah pula dengan asupan air cukup makin melengkapi.

Ketika sering bekerja lembur, yang terpenting adalah mengisi otak dan tubuh dengan makanan sehat dan bernutrisi. Anda bisa memulai hari dengan segelas air putih, sayur dan buah atau susu. Saat di kantor lengkapi dengan camilan sehat seperti oats atau buah dan kopi. Hindari banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi atau mie karena bisa membuat kantuk selama bekerja.

Baca Juga  Cara Jitu Kampanye Lewat Sosial Media

Istirahat sejenak

Sumber: www.source.ca

Delapan hingga sembilan jam per hari di kantor terasa sangat lama. Tidak lain karena pekerjaan menumpuk, belum lagi masalah-masalah yang harus diselesaikan hari itu juga. Dampaknya pada suasana hati yang turun drastis, stres dan otak yang kehilangan daya fokus. Bisa juga mempengaruhi kesehatan tubuh, sehingga terasa lemas dalam menghadapi hari.

Salah satu kegiatan ringan dan hanya memakan waktu beberapa menit saja yakni beristirahat sejenak. Anda bisa membuka jendela ruangan dan menghirup udara di sekitar kantor. Lakukan relaksasi dengan berjalan-jalan atau melakukan gerakan-gerakan kecil. Sembari menyeduh kopi favorit, kemudian kembali lagi bekerja. Kegiatan kecil ini terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan fokus kembali normal.

Buat aktivitas menyenangkan

Sumber: www.shutterstock.com

Kunci dari sukses adalah keseimbangan. Jenuh berkutat dengan dokumen, meeting dan segala problematika pekerjaan tidak akan kunjung selesai bila Anda terus mengeluh tanpa memikirkan solusi.

Boleh saja deadline ketat, namun seimbangkan dengan kegiatan yang menyenangkan meski berada di dalam kantor. Anda bisa menyelingi dengan melakukan hobi, seperti mendengarkan musik, bermain media sosial, membaca artikel atau nonton video.

Mengerjakan apa yang disukai merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mood. Namun demikian, tetap prioritaskan pekerjaan. Maka, aktivitas di kantor jadi lebih menyenangkan.

Berbincang dengan karyawan lainnya

Sumber: www.independent.co.uk

Hanya diam sembari mengerjakan tugas kantor membuat bosan dan mudah mengantuk. Jika hal ini terjadi, Anda butuh selingan untuk membuatnya lebih enjoy. Salah satu cara untuk mengubah situasi tersebut yakni dengan berbincang dengan karyawan lainnya.

Kalian bisa mengungkapkan keluh kesah satu sama lain, berbincang tentang suatu hal yang sedang tren, atau apa pun yang sama-sama disukai. Dengan begitu waktu kerja jadi lebih sebentar dan tidak terasa semua telah diselesaikan.

Baca Juga  Begini Cara Orang Korea Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak

Mengatur jadwal tidur

Sumber: febcp.com

Tidur merupakan cara untuk kembali meningkatkan energi dan daya pikir. Saat beristirahat, semua organ dalam tubuh lebih rileks. Jantung memompa darah secara perlahan untuk persediaan saat beraktivitas nanti.

Kerja keras yang telah dilalui selama seharian penuh juga perlu diimbangi dengan tidur yang cukup. Atur jadwal istirahat setidaknya 8 jam pada malam hari. Saat bangun mood lebih terangkat, produktif dan konsentrasi terjaga selama bekerja.

Apabila masih mengalami gangguan tidur, maka kurangi konsumsi kafein pada sore harinya. Anda tidak perlu lagi menyeduh kopi di atas pukul 3 sore agar malamnya bisa beristirahat dengan mudah.

Kerja overtime seringkali dihubungkan dengan gangguan tidur. Sebab sebagian besar mereka mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak untuk meningkatkan stamina seharian penuh. Padahal sebuah penelitian oleh Journal of Science mengungkap efek kurang tidur terhadap daerah otak.

Sementara menurut studi dari The University of Surrey menjelaskan bahwa bekerja dalam waktu yang lama ditambah dengan kurang tidur akan meningkatkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu saat sering bekerja overtime, alangkah lebih baik untuk atur pola hidup dan makan makanan kaya akan nutrisi untuk tetap menjaga kondisi tubuh..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This