Seputar Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Advertisements

Seputar Jasa Studi Kelayakan Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

 

Image : Pixabay

 

 

Pengertian Jasa Pembuatan Studi Kelayakan (Feasibilty Study)

 

Jasa pembuatan studi kelayakan adalah kajian prospek usaha di masa mendatang untuk memberikan gambaran kelayakan atas suatu rencana usaha atau bisnis.

Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berdasarkan kelangsungan usaha atau proyek sebenarnya.

Jasa studi kelayakan bisnis ini sangat penting bagi kamu yang akan memulai suatu bisnis atau usaha. Karena, jika bisnis sudah dipandang layak dari hasil studi, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana secara menyeluruh. Semua penelitian yang dilakukan dan informasi yang didapat dalam studi kelayakan ini nantinya akan mendukung tahapan bisnis kamu.

 

Aspek-Aspek Pembuatan Studi Kelayakan

Dalam pembuatan studi kelayakan ini, diperlukan beberapa aspek untuk keberlangsungan selama rencana dilakukan, diantaranya :

1. Aspek Legalitas atau Hukum

Secara umum aspek ini akan melakukan review atas dokumen legalitas perusahaan, legalitas perizinan perusahaan, dan legalitas pembangunan sebuah proyek.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bisnis yang akan kamu jalankan memiliki informasi perizinan dari pihak hukum (legal)

 

2. Aspek Teknologi atau Teknis

Aspek yang selanjutnya adalah aspek teknis. Aspek ini nantinya akan mencangkup penentuan lokasi atau perusahaan, penentuan peralatan yang digunakan dalam proses bisnis, peralatan yang diinvestasikan, dan juga semua proses produksi dari bisnis yang akan kamu jalankan.

 

3. Aspek Pasar dan Pemasaran

Aspek pasar ini akan disesuaikan dengan lokasi dimana kamu membangun bisnis kamu. Sedangkan aspek pemasaran adalah bagaimana cara kamu menawarkan atau menjual produk kamu sesuai rencana bisnis yang dikaji dalam studi kelayakan.

Baca Juga  Jasa Studi Kelayakan Bogor, Manfaat dan Fungsinya!!!

Pada aspek ini, studi kelayakan akan membahas :

  • Kualitas pasar berdasarkan lokasi dimana bisnis dijalankan
  • Tingkat persaingan dalam pemasaran suatu bisnis
  • Kondisi penjualan serta pihak yang akan berperan menjadi subyek yang ditawarkan
  • Dan lain-lain yang berhubungan dengan proses pasar pemasaran dalam bisnis

 

4. Aspek Lingkungan

Pada aspek ini kamu akan memperoleh informasi bagaimana pengaruh bisnis kamu terhadap lingkungan dan masyarakat. Apabila bisnis kamu ini memberi efek tidak baik pada lingkungan, maka kamu tidak bisa menjalankannya. Karena, selain bermasalah pada lingkungan, bisnis kamu juga akan bermasalah pada aspek kelegalan.

 

5. Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia

Aspek yang selanjutnya adalah aspek manajemen (organisasi) dan yang menjalankannya adalah sumber daya manusia. Dalam studi kelayakan kamu akan mengetahui siapa saja orang-orang yang nantinya akan berperan dalam jalannya bisnis kamu. Serta, bagaimana pengorganisasian yang terjadi dalam bisnis kamu.

 

6. Aspek Keuangan

Aspek keuangan atau finansial adalah aspek terpenting dalam studi kelayakan. Dimana nantinya akan dikaji seberapa besar keuntungan yang akan kamu peroleh, seberapa kemungkinan kerugian akan terjadi serta penyiapan altermatif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

 

Baca juga : 6 Aspek Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

Manfaat Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

 

Berikut, beberapa manfaat yang diperoleh dalam pembuatan jasa studi kelayakan:

  • Mencegah terjadinya kerugian
  • Memudahkan dalam perencanaan bisnis
  • Memudahkan dalam pelaksanan pekerjaan
  • Memudahkan dalam melakukan pengawasan
  • Memudahkan dalam pengendalian suatu bisnis

 

 

Tahapan-Tahapan yang Dilakukan dalam Pembuatan Studi Kelayakan

 

  • Tahap Penemuan Ide

Tahap pertama adalah penemuan ide bisnis. Agar dapat menghasilkan ide bisnis yang laku di pasaran, diperlukan penelitian yang terorganisasi dengan baik.

  • Tahap Penelitian

Setelah ide bisnis dipilih, kamu harus mengumpulkan berbagai informasi dan melakukan penelitian. Pada tahap ini kamu juga akan mengolah, mengidentifikasi, menyimpulkan, dan membuat laporan hasil dari studi kelayakan.

  • Tahap Evaluasi

Selanjutnya, kamu harus membandingkan ide bisnis kamu dengan satu atau standar lainnya. Tahap ini disebut evaluasi, dimana kamu nantinya harus menyeleksi bagian-bagian dari ide kamu serta memilih standar mana yang lebih baik untuk bisnis kamu kedepannya.

  • Tahap Pengusulan

Jika ada lebih dari satu usulan rencana bisnis yang layak, maka pada tahap ini kamu harus memilih rencana bisnis mana yang memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan usulan lainnya.

  • Tahap Perencanaan

Setelah semua tahap telah dilalui, selanjutnya adalah merencanakan proses pelaksanaan bisnis berdasarkan studi kelayakan yang telah dibuat. Mulai dari penentuan jenis pekerjaan, jumlah karyawan yang dibutuhkan, ketersediaan dana maupun alat, kesiapan manajemen, serta sumber daya lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan bisnis kamu.

  • Tahap Pelaksanaan

Tahap terakhir adalah tahap pelaksanaan, dimana kamu pada tahap ini harus melaksanakan operasional secara rutin. Agar pelaksanaan ini dapat berlangsung dengan efektif, diperlukan juga evaluasi untuk fungsi keuangan, produk pemasaran, dan juga operasi.

Baca Juga  Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memesan Paket Karimunjawa

 

Itu tadi beberapa hal seputar jasa pembuatan studi kelayakan. Pastinya semua pebisnis yang akan memulai bisnis baru akan melakukan studi kelayakan dan membutuhkan konsultan jasa yang handal. Semoga bermanfaat!

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This