Seperti Apakah Jodoh Menurut Islam Yang Baik

Advertisements

jodoh menurut islam

Jodoh menurut Islam yang baik adalah yang dapat mengantarkan Anda dan pasangan ke surga. Karenanya, penting bagi siapa saja untuk tahu bagaimana mencari pasangan yang terbaik. Terbaik ini tentunya mencakup banyak hal, seperti terbaik dalam mengurus satu sama lain, saling melengkapi dan membuat diri menjadi lebih baik. Namun menemukan pasangan seperti itu tidaklah mudah.

Walaupun demikian, terdapat beberapa kriteria yang bisa Anda pakai dan pertimbangkan terutama untuk para pemeluk agama Islam. Kriteria ini sebenarnya bisa dipakai untuk penganut agama lain. Oleh karena itu, siapa saja bisa menerapkan kiat memilih jodoh tersebut.

Beberapa Kriteria Dalam Memilih Jodoh Menurut Islam Yang Terbaik

Jodoh menurut Islam haruslah dipilih yang terbaik, karena jodoh tersebutlah yang akan menemani sisa hidup Anda. Karenanya, mencari pasangan yang dapat meningkatkan kapasitas diri merupakan pilihan yang paling utama. Masalah jodoh ini ternyata dibahas jelas dan terdapat pada Al-quran dan hadist, yaitu:

Laki laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik, dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki laki yang berzina atau laki laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang orang yang mukmin”. (QS An Nur : 3)

Dari ayat di atas dapat diketahui bahwasanya orang yang baik pasti akan memiliki jodoh yang baik pula. Begitu juga dengan orang musyrik akan memiliki jodoh yang musyrik pula.

Dari Abi Hurairah ra bahwasanya Nabi saw bersabda “Wanita dinikahi karena empat perkara: pertama hartanya, kedua kedudukan statusnya, ketiga karena kecantikannya dan keempat karena agamanya. Maka carilah wanita yang beragama (islam) engkau akan beruntung.”

Melalui paparan pada hadist di atas, maka urutan dalam mencari jodoh menurut Islam adalah:

Baca Juga  Tips dan Trik LDR Awet Sampai Ke Pelaminan

1. Agama

Islam sangat menganjurkan ummatnya untuk mencari jodoh yang memiliki agama yang kuat. Karena dengan agama tersebut maka masa depan Anda di dunia dan akhirat menjadi lebih terjamin. Karena, tiga hal lainnya tidak akan kekal pada hidup manusia. Namun, dengan adanya agama maka kehidupan Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu, wajar saja jika mendahulukan agama dalam mencari jodoh wajib hukumnya.

2. Harta

Kriteria lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah dari kepemilikan harta calon pasangan. Menjadi bagian dari keluarga yang kaya tentu memiliki keuntungan tersendiri seperti terjaminnya hidup dimasa depan, kebutuhan sehari-hari terpenuhi serta Anda mampu untuk bersedekah, zakat, dan infaq dengan jumlah yang lebih besar.

Mencari jodoh yang memiliki harta itu baik namun Anda jangan mencari pasangan dengan kriteria dengan tujuan jahat seperti mengeruk kekayaannya saja. Karena yang demikian tidak dibenarkan dalam agama Islam.

Advertisements

3. Kedudukan

Jodoh menurut Islam yang baik lainnya adalah berasal dari keluarga yang memiliki kedudukan. Kedudukan ini bisa saja pangkat atau jabatan penting di masyarakat, perusahaan atau pemerintahan. Hal ini dianjurkan karena dapat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai kebaikan di masa depan. Namun, jika calon pasangan tidak berasal dari keluarga yang berkedudukan tinggi, maka setidaknya keluarga tersebut dikenal sebagai keluarga yang baik. Hal ini bisa Anda periksa sendiri seperti apa track record calon mertua selama ini.

4. Kecantikan

Hal lain yang menjadi kategori jodoh terbaik adalah dari parasnya. Paras yang tampan dan cantik merupakan kelebihan tersendiri karena dapat membuat Anda senang menatap wajah pasangan ini. Namun, banyak ulama yang menyarankan agar mencari pasangan dengan paras yang sedang-sedang saja karena akan mengurangi masalah dan cibiran orang lain.

Baca Juga  Ini Alasan Kenapa Wanita Bertahan Walau Berulang Kali Disakiti Pasangan

Tentu tidak mudah menemukan calon jodoh dengan kriteria di atas. Namun, jodoh menurut Islam sangat mementingkan masalah agama karena hal ini merupakan yang paling utama dalam berkeluarga. Karena hubungan yang sehat dapat terjaga. Oleh karena itu, jika tiga hal lainnya terasa kurang namun agamanya baik maka itu lebih baik daripada Anda mencari pasangan dengan hanya tiga kriteria saja (kedudukan, harta dan kecantikan).

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This