Selain Air Putih, 4 Buah Ini Bantu Cegah Konstipasi

Sumber: womenpla.net

Grapadinews.co.id – Bekerja 8 jam selama lima hingga enam hari terkadang membuat pencernaan tidak berjalan lancar. Duduk di depan layar setiap waktu membuat perut terasa begah dan susah buang air besar.

Konstipasi sering terjadi pada para pekerja yang menghabiskan waktunya untuk duduk. Meski sudah cukup minum air putih, tetapi gangguan ini terkadang tidak dapat dihindari. Maka dari itu, Anda butuh nutrisi tambahan agar buang air besar lebih lancar dan terhindar dari konstipasi dengan deretan buah berikut ini!

Apel

Sumber: thehealthyfruits.com

Apel kaya akan serat. Meski berukuran tidak terlalu besar, namun satu buah saja mengandung 4,4 gram serat yang setara dengan 17% asupan harian. Dari jumlah tersebut, 1,2 gramnya berupa serat larut yang disebut dengan pektin.

Pektin cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang kemudian menyerap air di di dalam usus besar. Dengan demikian kotoran di dalamnya lebih lunak dan mengurangi waktu berhenti.

Sebuah studi yang dilakukann pada 80 orang menderita konstipasi ditemukan bahwa pektin dapat mempercepat pergerakan kotoran melalui usus, memperbaiki gejala sembelit dan meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus.

Kiwi

Sumber: parenting.firstcry.com

Buah kiwi mengandung sekitar 2,3 gram serat yang setara dengan 9% asupan harian direkomendasikan. Sebuah penelitian melibatkan 38 orang di atas usia 60 tahun. Masing-masing diberi buah kiwi per 30 kg setiap harinya. Hasilnya frekuensi buang air besar meningkat.

Studi lain menemukan bahwa makan dua buah kiwi setiap hari selama empat minggu mengakibatkan pergerakan usus jadi lebih spontan. Sementara itu pada penelitian lainnya yang melibatkan 54 orang dengan iritasi usus. Masing-masing diberi 2 buah kiwi per hari. Laporan akhir menyebutkan bahwa pergerakan kotoran di dalam usus jadi lebih cepat.

Baca Juga  7 Hal Perlu Diperhatikan Saat Berbelanja Pakaian Secara Online

Tidak hanya kandungan seratnya, buah ini juga mengandung enzim yang disebut dengan actinidain. Tugasnya yakni memberikan dorongan pada usus, sehingga kotoran jadi lebih mudah keluar. Anda bisa mengkonsumsinya dua buah per hari atau menjadikannya sebagai pelengkap smoothie.

Plum

Sumber: www.worldatlas.com

Apakah Anda pernah menemukan buah plum kering yang telah diolah? Ya, buah tersebut baik untuk mengobati sembelit. Di dalamnya mengandung serat cukup tinggi, yakni 2 gram per 28 gram buah atau setara dengan 3%. Jumlah tersebut merupakan 8% dari asupan serat harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Serat tidak larut dalam plum dikenal dengan selulosa yang berfungsi meningkatkan jumlah air pada tinja. Sementara serat larutnya difermentasikan ke dalam usus besar, yang kemudian menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Selain itu, buah ini juga mengandung sorbitol yang memudahkan penyerapan air serta senyawa fenolik yang merangsang bakteri usus. Sebuah studi yang dilakukan pada 40 orang menemukan bahwa makan buah plum 100 gram per hari secara rutin bisa memperlancar buang air besar.

Ara

Sumber: erabaru.net

Buah ara merupakan pilihan tepat untuk memulai hidup sehat. Dalam satu buah berukuran sedang atau sekitar 50 gram mengandung 1,6 gram serat.

Sementara itu pada setengah cangkir (75 gram) buah ara kering yang sudah diolah mengandung 7,3 gram serat. Jumlah tersebut merupakan 30% dari kebutuhan harian yang disarankan. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 40 orang penderita konstipasi membuktikan bila mengkonsumsinya sebanyak 300 gram selama 16 minggu membantu mempercepat transit kolon dan memperbaiki konsistensi fese. Perut jadi lebih nyaman.

Di samping itu, buah ini juga mengandung enzim ficain yang hampir sama dengan actinidain pada Kiwi. Kandungan ini bisa memberikan efek positif pada usus.

Baca Juga  7 Tips Hadapi Rasa Lapar dan Kelelahan Saat Berpuasa

Selain meningkatkan asupan air putih, Anda juga perlu menyertainya dengan konsumsi buah tinggi setiap hari agar buang air besar makin lancar. Dengan demikian konstipasi bukan lagi penghalang untuk menyelesaian pekerjaan di kantor.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This