Sektor Keuangan yang Berdarah – darah di Tahun Depan

Advertisements
sumber : http://www.koran-jakarta.com/

Perekonomian dunia saat ini mendapatkan dampak besar dari Revolusi industri 4.0. Salah satunya mengenai pergeseran drastis pada industri ekonomi tertentu. Menurut Rhenald Kasali, Guru besar Manajemen di Universitas Indonesia, dampak besar akibat adanya industri 4.0 salah satunya di sektor keuangan. Industri perbankan harus bisa menyesuaikan dengan adanya perkembangan teknologi yang bertumbuh sangat pesat.

sumber :; republika.co.id

Pada sektor keuangan bisa berdarah-darah di tahun depan. Sebab saat ini sudah ada 200 fintech yang baru terdaftar, dimana mereka telah mulai mengumpulkan uang dari masyarakat. Selanjutnya Rhenald mengatakan jika ke depannya, teller di suatu bank tidak dibutuhkan lagi sebab masyarakat semakin banyak yang tidak datang langsung ke kantor cabang perbankan.

Saat ini bank tidak lagi membuka kantor cabang sebab orang jarang pergi ke kantor cabang. Teller sudah tidak diperlukan lagi. Bank akan membuat anak usaha dan merangkul fintech, dan tenaga kerja yang dibutuhkan tidak sebanyak dulu.

sumber : tribunnews

Efisiensi di industri perbankan semakin kurang produktif. Bahkan laporan keuangan dapat berubah menyesuaikan dengan perkembangan yang akan terjadi. Di langkah awal bank tidak akan mengurangi karyawan, namun selanjutnya akan menjadi tidak efisien sebab laporan keuangan juga mengalami perubahan. Dalam jangka pendeknya, fintech akan naik dan mulai optimal, kemudian lapangan kerja di industri perbankan mulai berkurang.

Advertisements

Andika Pujangkoro, Konsultan Bisnis dari Grapadi Konsultan juga sepakat dengan apa yang dikatakan oleh Rhenald. Menurutnya Bank memang akan terdistrupsi oleh fintech, tetapi dampak tersebut bisa diatasi jika bank terus melakukan inovasi-inovasi sesuai perkembangan jaman. Meski dampak fintech masih belum terlalu besar, sebagian besar masih banyak juga yg percaya datang ke bank lebih aman ketimbang fintech. Hal tersebut tetap harus diwaspadai berdasarkan proyeksi dan analisanya, perubahan besar masih lima sampai delapan tahun kedepan.

Baca Juga  Jasa Riset Pasar Online: Tujuan dan Manfaat Yang Bisa Didapatkan
sumber : gatra.website

Transaksi pembayaran yang mulai digalakkan tanpa uang kertas atau cashless juga lambat laun akan mengeser adanya ATM di waktu mendatang.  Saat ini memang bank belum sepenuhnya mengurangi perkerja namun tidak melakukan ekspansi juga. Tidak membuka kantor cabang baru, bahkan ke depannya ATM akan hilang.

 

Sumber : Liputan 6

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This