Seduh Kopi Favorit Dengan Cara Sehat

Sumber: livetradingnews.com

Grapadinews.co.id – Maraknya budaya ngopi di semua kalangan menjadikan minuman tersebut favorit. Selain untuk menemani saat santai dan bercengkrama, si hitam juga jadi teman terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Di kantor belum lengkap rasanya bila tidak mengkonsumsi kopi. Mata jadi ngantuk, dan mood kurang tergugah. Tidak ayal bila minuman ini selalu ada di setiap meja kantor untuk menghadapi hari hingga larut malam sekalipun.

Tahukah Anda bila kopi juga mengandung antioksidan yang membantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh? Nah, agar si hitam jadi lebih sehat saat dikonsumsi, simak tipsnya berikut ini!

Tidak minum kopi setelah jam 2 siang

Sumber: www.thejobnetwork.com

Kopi adalah salah satu sumber kafein terbesar. Kandungan tersebut merupakan stimulan yang membantu dalam memberikan energi, sehingga Anda tidak mudah lelah dalam beraktivitas.

Namun apabila mengkonsumsinya di sore hari di atas pukul 2 aau 3 siang justru akan mengganggu kualitas tidur. Apabila ingin meningkatkan energi, maka solusi lainnya yakni dengan teh. Secangkir minuman tersebut mengandung kafein lebih seidkit dari kopi.

Tidak mencampurkan dengan gula

Sumber: footage.framepool.com

Meskipun mengkonsumsi kopi itu sehat, tapi justru akan berubah menjadi ancaman bila Anda menambahkan gula dalam jumlah besar. Kombinasi ini paling dihindari oleh mereka yang sedang menjalankan program diet.

Gula mengandung jumlah fruktosa cukup tinggi. Kandungan tersebut berhubungan erat dengan berbagai penyakit serius, seperti obesitas dan diabetes. Jika Anda suka rasa manis, maka gantilah dengan pemanis alami atau setidaknya tambahkan gula tidak lebih dari satu sendok.

Hindari minum terlalu banyak

Sumber: www.healthline.com

Minum kopi memang menyehatkan, namun bila dikonsumsi terlalu berlebihan justru akan menjadikannya berbahaya untuk tubuh. Asupan kafein yang berlebihan berefek samping merugikan.

Health Canada merekomendasikan untuk mengkonsumsi kopi setidaknya tidak melebihi 95 mg per hari atau setara dengan 2 cangkir kopi. Jumlah yang terlalu tinggi sampai 400-600 mg per hari atau setara dengan 4-6 cangkir tidak diperkenankan karena justru tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga  6 Tips Membangun Kesehatan Dengan Menjaga Pola Makan Dari Ahli Gizi

Minum kopi adalah tentang menyeimbangkan antara risiko dan manfaatnya. Maka dari itu, buatlah diri Anda nyaman dengan mengkonsumsi secukupnya.

Tambahkan kayu manis

Sumber: skinnyms.com

Kayu manis adalah rempah pilihan yang membuat rasa kopi jauh lebih nikmat. Studi menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda, maka tambahkan kayu manis ke dalam secangkir kopi. Dikonsumsi pada pagi hari membuatnya jauh lebih nyaman.

Hindari creamer

Sumber: www.medicalnewstoday.com

Kopi dengan creamer membuatnya lebih nyaman. Namun tahukah Anda bila bahan tersebut mengandung lemak yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.

Beberapa penilitian membuktikan bila creamer pada kopi tidak lebih sehat dari gula. Solusi lain jika Anda tetap ingin mencicipi cream adalah menggantinya dengan susu sapi. Studi membuktikan bila produk susu mengandung beberapa nutrisi penting, seperti kalsium yang berfungsi untuk mengurangi risiko osteoporosis. Kemudian vitamin K yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

Tambahkan kokoa

Sumber: www.t-nation.com

Kokoa sarat akan antioksidan dan punya beberapa manfaat untuk kesehatan, termasuk menghindari dari penyakit jantung. Anda bisa menambahkan bahan ini pada secangkir kopi agar rasanya jadi lebih nikmat.

Saring kopi dengan filter kertas

Sumber: www.cnet.com

Kopi yang diseduh mengandung kolesterol cukup tinggi. Jika ingin mengurangi kadarnya, maka gunakan filter kertas.

Menyeduhnya dengan kertas saring secara efektif menurunkan jumlah kolesterol namun membiarkan kafein dan antioksidan tetap melewatinya. Akan tetapi tidak semua kolesterol buruk. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan pada kandungan tersebut memiliki efek anti diabetes.

Seduh kopi pada pagi hari membuat suasana hati jadi lebih terangkat. Energi juga kembali naik, dan Anda pun siap menghadapi pekerjaan yang menyibukkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This