Seberapa Penting ​SOP Bagi Perusahaan?

Advertisements

Apa itu SOP? SOP adalah singkatan dari Standar Operasional Prosedur. SOP sendiri merupakan acuan efektif yang digunakan untuk menyelaraskan sistem dalam bekerja sehingga visi dan misi sebuah perusahaan dapat tercapai. Lalu, apakah SOP hanya berlaku pada perusahaan saja? Sejatinya tidak, sebab SOP sering digunakan untuk beberapa organisasi dan beberapa aspek lainnya. 

Menurut Tjipto Atmoko (2011) SOP ialah suatu pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan beberapa indikator teknis, seperti administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

SOP tidak hanya sekedar standar operasional prosedur semata, lebih dari itu SOP ternyata juga memiliki regulasi yang diatur oleh pemerintah. Hal ini menunjukkan seberapa pentingnya SOP, bukan? 

Regulasi SOP diatur oleh Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008 dimana SOP memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

  • Meningkatkan akuntabilitas perusahaan
  • Membantu staf bisa lebih mandiri
  • Menciptakan standar kerja yang teratur dan membantu memudahkan evaluasi kerja
  • Menciptakan efisiensi dalam bekerja

Secara gamblang, SOP lebih mudah dipahami sebagai suatu tatanan aturan yang dijadikan acuan dalam pengelolaan perusahaan. SOP tidak hanya mengatur aspek-aspek krusial perusahaan, SOP juga mengatur hal-hal kecil dan terkesan biasa saja. Misalnya adanya SOP dalam mencuci tangan pada rumah sakit. Apalagi dunia saat ini sedang dilanda wabah COVID-19, SOP mengenai cuci tangan mulai digalakkan ke semua penduduk dunia. 

Nah, hal demikian di atas ialah contoh kecil mengenai SOP yang diterapkan oleh suatu instansi. SOP dibuat untuk memastikan kelangsungan bisnis suatu organisasi, dari hal kecil hingga besar. 

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dirincikan beberapa fungsi dari SOP itu sendiri. Pemnjelasannya sebagai berikut :

            1. Sebagai acuan dan landasan hukum
                untuk mengantisipasi berbagai bentuk situasi yang tak terduga yang akan menjadi kemungkinan bagi                           perusahaan untuk dihadapi. Selain itu juga sekaligus menjadi acuan untuk melaksanakan pekerjaan dan                       dapat pula digunakan sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

2. Mempermudah pekerjaan

Advertisements
Baca Juga  Perencanaan, Bisnis Plan, Studi Kelayakan itu Tidak Perlu, Gundulmu itu !!

SOP dianggap bisa mempermudah pekerjaan sebab dengan adanya SOP dapat mempermudah pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seluruh aktivitas perusahaan akan menjadi teratur dan tertib karena adanya aturan yang dijadikan sebagai acua, sehingga membuat para pegawai mengetahui apa saja tugasnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya, serta konsekuensi apa yang mereka dapat dari perbuatannya.

3.Membantu mendisiplinkan seluruh jajaran perusahaan

SOP yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi tentu saja harus ditaati oleh semua pihak yang berkecimpung di dalamnya, yakni seluruh jajaran perusahaan. SOP dibuat untuk membantu para pegawai ke arah yang positif untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja. Misalnya, adanya SOP yang mengatur mengenai jam kerja karyawan, sehingga karyawan tidak bisa datang dan oergi begitu saja meninggalkan tempatnya bekerja. Bagi yang melanggar, tentu saja akan mendapatkan sanksi yang sesuai kebijakan masing-masing perusahaan yang tertera dalam SOP. 

4.Mendeteksi hambatan-hambatan yang sedang atau akan dialami pegawai

SOP yang dibuat dan diterapkan dengan baik dan benar diharapkan bisa mengantisipasi hal tak terduga dalam menjalankan perusahaan. Manajemen dapat mendeteksi hambatan-hambatan apa saja yang sedang atau akan dialami pegawai. Adanya SOP setidaknya bisa membantu pihak yang berwenang untuk mencari solusi atas hambatan yang ada tersebut. Dengan kata lain, pihak manajemen akan lebih mudah dalam melakukan kontrol dan pengawasan terhadap alur kerja para pegawai secara keseluruhan

Empat point di atas dapat kita simpulkan bahwasannya fungsi dari SOP itu sendiri bisa menjadikan efektifitas segala lini perusahaan seperti parameter dalam menilai mutu layanan perusahaan, menjaga kualitas produksi dan kinerja yang konsisten, Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, serta menjaga alur dan koridor masing-masing tugas pegawai. 

Maka dari itu, mulailah pahami apa itu SOP? Dan pastikan apakah perusahaan Anda sudah menerapkan SOP dengan baik dan benar sebab SOP adalah seperangkat kebijakan, standar, dan prosedur yang sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan dalam manajemen dan operasi seluruh organisasi untuk memastikan keberhasilan perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan konsultan yang bersedia dalam membantu Jasa pembuatan SOP perusahaan, untuk Jasa Pembuatan SOP Perusahaan anda bisa browsing di google

[zombify_post]

Advertisements
Baca Juga  9 Langkah Perusahaan Dorong Inovasi di Tengah Pergeseran Zaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This