Sebelum Tanda Tangan Kontrak Dengan Kontraktor, Teliti 9 Hal Berikut

Sumber: www.billwarch.com

Grapadinews.co.id – Kontraktor tanpa kontrak sama saja dengan kosong. Meskipun Anda sudah memulai perbincangan dengan mereka dan menjelaskan rencana detail untuk nantinya, namun bila tidak ada kesekapatan antara kedua belah pihak, maka proyek tidak akan terealisasi.

Dengan adanya surat kontrak, beberapa konflik dapat dihindari jika terjadi salah paham. Berikut 10 hal yang perlu Anda ketahui di dalam projcet contract sebelum memulainya!

Soal kontrak

Sumber: lornerose.com

Kontrak bisa melindungi mereka yang terlibat di dalamnya. Boleh saja Anda sudah berdiskusi dengan mereka dalam beberapa hal dan aspek, namun jangan lupakan untuk membahas kontrak pula. Biasanya memakan dua hingga seminggu untuk kemudian mulai taken dari sejak diskusi awal.

Mengetahui alamat dengan pasti

Sumber: youngisthan.in

Sebagai seorang yang telah mempercayakan kepada salah satu kontraktor untuk menyelesaikan proyek, maka Anda harus mengetahui apa, di mana dan bagaimana reputasi perusahaan tersebut. Ada baiknya untuk menyertakan alamat pasti pada surat kontrak untuk memudahkan diskusi selanjutnya.

Lisensi

Sumber: dissolve.com

Pada beberapa kasus, proyek bangunan tidak segera terselesaikan karena perusahaan kontraktor bermasalah dengan izin. DI kota-kota besar, sebagian besar perusahaan telah mengantongi izin dari badan resmi untuk memulai usaha.

Dengan adanya lisensi berarti perusahaan kontraktor tersebut sudah memenuhi persyaratan dan telah disahkan oleh negara. Dengan demikian mereka bis adipercaya dan wajib membayarkan sebagian pendapatannya untuk pajak.

Asuransi

Sumber: www.wbur.org

Musibah bisa terjadi kapan saja di lokasi konstruksi. Apabila Anda dan kontraktor tidak memiliki fasilitas asuransi untuk para pekerja, sama halnya dengan membiarkan bangunan terbengkalai.

Maka dari itu juga perlu meneliti apakah karyawan dari perusahaan kontraktor tersebut telah memiliki asuransi dan dijamin keselamatannya. Apabila belum, Anda harus membuat kesepakatan dengan mereka untuk memberikan jaminan kepada pekerja yang nantinya mengalami cedera selama berada di lokasi.

Baca Juga  Peluang dan Cara Memulai Bisnis Startup

Lingkup pekerjaan

Sumber: shutterstock.com

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan proyek bangunan. Sebelum memulai, ada baiknya untuk menuliskan semua perjanjian yang meliputi, tanggal pelaksanaan, lokasi, perancang, dan lain sebagainya. Dengan demikian segala sesuatunya telah disepakatai sejak awal, sehingga pekerajaan lainnya bisa dilanjutkan kembali dengan tenang.

Durasi kerja

Sumber: www.onepixel.com

Beberapa proyek seringkali memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan karena alasan tertentu. Bisa juga disebabkan oleh kendala musibah yang terjadi di lokasi kejadian, klien yang meminta lebih atau pihak kontraktor yang sedikit bermasalah.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan perjanjian terkait durasi waktu agar pelaksanaan proyek berjalan sesuai dengan periode yang telah disepakati. Mencantumkan batas waktu membuat kedua belah pihak saling bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh dalam pengerjaan.

Pengecualian

Sumber: kirkbydiamond.co.uk

Dalam surat kontrak berisi tentang kesepakatan-kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak. Selain hal-hal yang perlu dilakukan, sebaiknya juga tambahkan pengecualian. Misalnya saja kerja kontraktor tidak termasuk pembersihan bangunan, kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan, dan lain sebagainya.

Menyisipkan ‘pengecualian’ ini juga membuat Anda lebih waspada dengan risiko-risiko yang akan dihadapi nantinya. Dengan demikian perlu juga penambahan anggaran tidak terduga.

Jadwal pembayaran

Sumber: www.shutterstock.com

Meskipun pembayaran bisa dilakukan kapan saja, namun kedua belah pihak yang terlibat harus menentukan batas pembayaran. Poin ini merupakan aspek penting untuk penyelesaian proyek konstruksi, karena baik perusahaan kontraktor maupun karyawannya juga butuh pendapatan yang diperoleh dari klien.

Garansi

Sumber: analyticsinsight.net

Biasanya perusahaan kontraktor memberikan garansi satu tahun sejak pembangunan selesai. Jika Anda tahu lokasi perusahaan dan nomor kontak serta email, maka lebih mudah menghubungi mereka untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kontrak merupakan hal penting untuk kerja sama. Kebijakan-kebijakan dibuat, disepakati dan dipertanggung jawabkan bersama, sehingga pekerjaan jadi lebih mudah diselesaikan. Di samping itu, langkah ini juga meminimalisir adanya penyimpangan yang dilakukan salah satu atau keduanya.

Baca Juga  Buka Banyak Unit, Dunkin’ Donuts Berencana Ubah Konsep Jadi Waralaba Non-Tradisional

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This