Sayuran Makanan yang dapat meningkatkan Imun dalam Tubuh

Advertisements

sumber : pexels.com/ John Lambeth

Wabah pendemi corona diIndonesia sudah semakin menyebar luas. Update mengenai Corona di Indonesia per 30 Maret 2020 siang sudah mencapai  1414 kasus. Melihat persebaran virus yang semakin luas ini tentunya membuat masyarakat semakin cemas. Gejala awal yang ditimbulkan oleh virus ini bisa dikatakan hampir sama dengan gejala flu biasa. Anda merasakan pilek, batuk, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala hingga merasa komplikasi berat. Gejala yang dirasakan setiap orang umunya satu berbeda-beda. Virus corona merupakan salah satu penyakit yang dapat menular dengan sangat cepat melalui droplet penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut si penderita yang mengandung virus tersebut.

Untuk mencegah penyebaran virus ini, pemerintah sudah menggencarkan anjuran social distancing, sering cuci tangan hingga bersih, olahraga, banyak makan yang bergizi, banyak minum air putih dan berjemur. Makanan bisa menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan imun tubuh. Jika imun tubuh Anda kuat, maka kesehatan badan juga tetap terjaga. Lalu makanan apa saja yang dapat menambah imun dalam tubuh?

 

  1. Brokoli

sumber : pexels.com/ Magda ehlers

Brokoli menjadi salah satu jenis sayur yang rupanya dapat meningkatkan imun kekebalan tubuh Anda. Ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam brokoli, mulai dari kaya akan antioksidan yaitu zat yang mampu memerangi racun di dalam tubuh, lalu ada kandungan vitamin A, C dan E yang tentunya baik untuk kebutuhan vitamin Anda. Brokoli membantu menjaga sistem imun Anda lebih tinggi.

 

2.Bawang putih

Bawang putih tentunya sangat mudah ditemukan sebab sering dipakai sebagai bumbu masakan. Selain dapat membuat masakan Anda lebih gurih dan nikmat, bawang putih juga dapat menambah nafsu makan Anda. Jika nafsu makan bagus, tentunya kesehatan tubuh jadi lebih terjaga. Selain itu, menurut Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional, bawang putih juga disebut mampu memerangi infeksi.

Baca Juga  Peluang Bisnis Hidroponik Cabe Menghasilkan Dari Rumah

 

3. Bayam

sumber : Pexels.com/ Daria Shevtsova

Sayuran selanjutnya yang dapat Anda olah sebagai penambah imun untuk keluarga adalah bayam. Pada dasarnya, bayam mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, beta karoten, dan antioksidan lainnya yang berfungsi untuk menangkal infeksi dalam sistem kekebalan tubuh. Namun Anda juga jangan memasaknya terlalu matang, agar nutrisinya tidak banyak yang hilang.

 

4. Jahe

Advertisements

di Indonesia, jahe menjadi salah satu warisan obat tradisional yang populer digunakan untuk meredakan masuk angin. Jahe juga dapat mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga mampu mengurangi rasa mual. Banyaknya manfaat yang ada pada jahe ini sangat baik untuk Anda minum setiap hari, agar menambah imun tubuh. Jahe mengandung gingerol sejenis capcaisin yang mampu mengurangi sakit kronis.

5. Kunyit

Selanjutnya obat tradisional yang juga populer di Indonesia adalah kunyit. Biasanya kunyit dimanfaatkan dalam bumbu masakan kari atau ungkep ayam. Rempah-rempah yang mempunyai warna kuning cerah ini sering dimanfaatkan sebagai antiinflamasi serta mengobati osteoartritis dan lainnya. Kunyit memiliki kandungan curcumin yang tinggi dan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Curcumin juga mampu mengurangi kerusakan pada otot yang disebabkan olahraga.

6.  Wortel

sumber : pexels.com/ Suzy Hazelwood

Wortel mengandung betakaroten yang sangat baik untuk membantu sistim kekebalan tubuh semakin baik serta dapat menghasilkan sel darah putih agar tubuh mampu melawan virus dan bakteri.

Nah itu tadi beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi bersama keluarga untuk meningkatkan imun dalam tubuh. Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat, rajin berolahraga serta rutin mencuci tangan.

Baca Juga  6 Hal yang Wajib Diingat Sebagai Penyemangat Hidup Ketika Hadapi Ketidakpastian

Praktek Dokter Curug Tangerang

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This