Saatnya Merekrut Manajer Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Lebih Luas


0
Spread the love
Sumber: salesdrive.info

Grapadinews.co.id – Media sosial membawa pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat kini. Mulai dari fashion, kuliner, teknologi hingga informasi yang tengah trending bisa dilihat dalam satu platform. Baik berita dan apa pun yang tengah hangat dibahas dapat dengan mudah diikuti.

Manusia merupakan pelaku utama dari apa yang terjadi di dalam media sosial. Perilaku mereka juga dipengaruhi oleh tren tersebut. Oleh sebab itu kemudian memunculkan istilah manusia modern yang merujuak pada tiap kehidupan sosial serta tingkah laku yang banyak ter-influence oleh social media.

Selain perilaku sosial, media sosial juga membantu para pelaku bisnis. Bila sebelumnya mempromosikan produk hanya melalalui mulut ke mulut, sebar brosur atau selebaran, iklan di media cetak hingga elektronik, namun kini marketing dapat dengan mudah dilakukan dalam platform online.

Bagi perusahaan cara ini begitu menguntungkan karena bisa melakukan promosi secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Hanya dengan membuat akun, maka semua produk sudah bisa dikenalkan kepada calon konsumen. Sementara biaya ditekan, profit terus bertambah. Hal inilah yang kemudian menjadi tren strategi bisnis baru.

Meskipun persaingan terus ada bahkan makin sesak, namun mengenalkan produk melalui media sosial masih banyak diminati. Langkah tersebut juga sebagai suatu cara untuk dekat dengan calon konsumen, sehingga terjalin suatu kedekatan yang memungkinkan adanya daya beli.

Oleh sebab itu kini sebagian besar perusahaan menambahkan divisi baru yakni media sosial yang berguna untuk mengatur langkah pengolahan platform. Maka juga perlu adanya manajer media sosial yang bertugas untuk memimpin dan mengelola tim untuk medsos perusahaan yang efektif dan menarik.

Pada dasarnya manajer media adalah seseorang yang selalu memperbarui platform perusahaan dan menagwasi setiap tren sosial yang tengah marak. Biasanya mereka juga sekaligus memposting konten baru yang relevan, mengelola kampanye media dan melayani calon pelanggan yang bertanya, memberi feedback hingga membeli.

Lalu kapankah Anda harus merekrut manajer media sosial? Simak ulasannya berikut ini untuk memikirkan kembali strategi pemasaran dan mencari orang terbaik dalam mengelola medsos perusahaan!

Ketika tidak ada ahli media sosial di perusahaan

Sumber: www.rocconsulting.com.au

Pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu cara paling menguntungkan untuk menumbuhkan bisnis di era modern ini. Menurut Sprout Social, 97 persen perusahaan beralih ke Facebook untuk mempromosikan produk, brand dan layanan.

Namun agar sukses dalam suatu bidang, Anda tentu harus memahaminya terlebih dahulu, tidak terkecuali untuk media sosial. Jika ingin menjadi tim marketing handal, maka juga perlu memahami platform yang paling banyak digunakan oleh calon pelanggan. Kemudian bagaimana caranya terhubung dengan meraka.

Misalnya saja, saat Anda tidak menyadari bahwa ada perbedaan signifikan antara memasangkan produk melalui email dan Facebook maka inilah saatnya untuk merekrut seseorang yang bertanggung jawab terhadap media sosial perusahaan.

Ketika orang hebat dalam bidang media sosial telah bergabung, mereka bisa membuat pelayanan secara online dengan chatbot. Asisten digital tersebut berfungsi untuk membantu pelanggan berkomunikasi secara langsung dan mempromosikan produk tentunya.

Ketika tidak memiliki waktu mengurus media sosial

Sumber: redpayments.net

Menjadi seorang pengusaha membutuhkan banyak waktu untuk mengurus segala urusan bisnis. Seiring dengan pertumbuhan usaha yang dimiliki, maka semakin Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola akun media sosial.

Dalam banyak kasus, inilah saatnya untuk merekrut orang yang cocok dan memiliki banyak waktu untuk bermain dan memantau situasi media sosial. Sebab tidak mungkin Anda menghasbiskan seluruh waktu untuk promo lewat medsos, sementara masih banyak urusan bisnis yang harus diselesaikan.

Merekrut seseorang untuk mengurus akun sosial media perusahaan secara penuh waktu dapat membantu Anda dalam menjalankan strategi marketing. Facebook Massenger memiliki fitur yang sangat responsif. Fakta membuktikan bila 90 persen pesan bisa ditangani dalam waktu 15 menit. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan mengingat pelayanan pelanggan sangatlah penting dan harus dilakukan dengan cepat.

Jika mungkin obrolan otomatis belum diterapkan, bisa juga dengan memanfaatkan tim media sosial untuk mengatasi para pelanggan secara real time. Mudah, bukan?

Ketika penjualan tidak mencapai target

Sumber: priceofbusiness.com

Dalam rencana pemasaran, perusahaan tentu mentargetkan berapa banyak pelanggan yang bersedia membeli serta berapa pendapatan hingga keuntungan yang didapat. Target bisa menjadi cambuk bagi tim untuk mencapai penjualan terbaik. Oleh sebab itu, promosi prosuk kepada calon pelanggan sangatlah penting sebagai langkah pengenalan serta membujuk mereka untuk membeli.

Namun kini memasarkan dari mulut ke mulut atau bahkan memasang iklan melalui media cetak, elektronik dan email saja tidak cukup. Mereka tidak hanya sekadar membuat sebuah deskripsi produk, namun bagaimana caranya membalut dengan tampilan menarik atau bahkan dibumbui dengan cerita serta testimoni dari para pelanggan.

Di saat inilah Anda membutuhkan manajer media sosial untuk membantu dalam mencapai tujuan. Nantinya ia akan merekrut anggota baru guna bersama-sama membuat strategi pemasaran melalui media sosial. Cara ini akan membebaskan Anda dari biaya iklan dan membuat brosur, sebab hanya dengan berkampanye di medsos, calon konsumen akan datang dengan sendirinya. Selain itu, jangkauan pemasaran juga lebih luas.

Ketika dihadapkan pada banyak pilihan promosi

Sumber: blog.luxuryhomemarketing.com

Setiap orang memiliki jadwal yang sangat padat setiap harinya. Jika masih saja memusingkan platform apa yang baik untuk memulai pemasaran, bagaimana strategi promosi melalui email dan lantas strategi apa yang selanjutnya dilakukan, maka hal tersebut sama saja dengan membuang waktu.

Seorang manajer media sosial dapat mengubah itu semua dan menggantikannya dengan langkah yang lebih ringkas. Mereka akan mengambil alih seluruh kegiatan promosi melalui media sosial dan membebaskan Andadari pikiran-pikiran rumit tentang strategi pemasaran. Dengan demikian pemilik usaha bisa memprioritaskan hal lainnya, sehingga setiap departemen saling berjalan secara bersamaan.

Pada akhirnya pemilik usaha akan mendapatkan manfaat dengan merekrut manajer sosial media. Pilihlah seseorang yang terorganisisr, berpengalaman, pandai menganalisis utamanya soal pasar. Setelah menemukan yang sesuai dengan kriteria, maka kini saatnya untuk mempromosikan produk di media sosial dengan jangkauan pasar yang sangat luas.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals