Proses Pekerjaan Seorang Konsultan Feasibility Study

Advertisements

konsultan feasibility study

Konsultan feasibility study merupakan jasa para pakar konsultan yang ahli dalam melakukan studi kelayakan pada bisnis yang Anda jalankan. Para pakar ini biasanya bekerja cepat dan tanggap sehingga rencana bisnis Anda dapat menjadi lebih baik. Oleh karena itu, peran para pakar ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari para pebisnis.

Para penyedia jasa feasibility study ini merupakan seorang ahli yang telah lama berkecimpung dibidangnya. Oleh karena itu, mereka dapat memberikan hasil pekerjaan yang baik dan sangat membantu Anda. Karena, mereka akan bekerja berdasarkan analisa dan pemakaian data yang dibutuhkan sehingga keputusan layak atau tidaknya suatu bisnis dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Alur Proses Pekerjaan Konsultan Feasibility Study

Konsultan feasibility study pastinya memiliki alur kerja yang sama. Karena, jika tidak mengikuti alur tersebut maka analisa yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik. Selain itu, proses dan hasilnya akan tumpang tindih sehingga tidak maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana alur kerjanya agar paham bagaimana para pakar tersebut bekerja. Adapun proses dan alur kerjanya adalah sebagai berikut:

Kelayakan Pasar

Mengetahui preferensi pasar dalam sebuah rencana bisnis sangatlah penting. Karena Anda bisa tahu seberapa besar peluang usaha Anda dalam persaingan. Melakukan studi kelayakan dari aspek pasar akan memberikan banyak informasi seperti pesaing, peluang dan lainnya. Para pakar ini akan menilai rencana yang ada beserta dengan tantangan, pesaing dan peluang yang ada. Jika “layak”, maka para pakar akan lanjut ke tahap berikutnya.

Kelayakan Teknis

Setelah melihat peluang pasar dengan baik, maka berikutnya para ahli studi kelayakan akan menilai aspek teknis rencana Anda. Aspek ini terdiri dari penilaian sarana dan prasarana, rencana pegawai, peralatan, perlengkapan, pemakaian teknologi dan lainnya. Nantinya, para konsultan ini akan membandingkan semua komponen yang ada dan dinilai apakah layak atau tidak. Jika tidak maka akan dilakukan beberapa penyesuaian sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga  4 Strategi Sebelum Buka Usaha Waralaba

Konsultan Feasibility Study Menilai Biaya Project

Setelah mengkaji aspek pasar dan teknis, maka pakar konsultan ini akan menilai project cost yang ada. Mengapa? Karena biaya proyek ini bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kepada keadaan pasar. Misalnya biaya pekerja, biaya material yang mudah berubah dan lainnya. Jadi, biaya project yang tertera secara keseluruhan layak dari segi rencana serta pada keadaan aslinya sehingga Anda dapat mengalokasikan dana yang sesuai.

Advertisements

Analisis Keuangan

Konsultan feasibility study kemudian akan mulai menganalisa keuangan Anda. Dimana penilaian dilakukan berdasarkan aspek keuangan secara menyeluruh dan mendetail. Karena jika hal ini dilakukan dengan baik maka Anda bisa melakukan penyesuaian baik dari project mana yang didahulukan, berapa besaran dana yang dibutuhkan dari investor dan lainnya.

Penilaian

Pada tahap ini para pakar studi kelayakan akan melakukan penilaian rencana studi secara menyeluruh. Penilaian ini didasarkan pada aspek pasar, teknis dan keuangan yang telah dilakukan sebelumnya. Jika hasilnya layak, maka Anda akan masuk ke tahap perencanaan yang lebih baik dan implementasinya. Jika tidak, maka konsultan akan memberikan beberapa masukan untuk perbaikan. Jika ternyata rencana yang ada sangat tidak layak, maka Anda disarankan untuk mengganti rencana tersebut dengan yang baru.

Implementasi Rencana

Setelah melewati semua tahapan yang ada, maka Anda akan masuk pada pengaturan rencana yang telah disesuaikan dengan hasil analisa. Setelah semua rencana disetujui maka langkah berikutnya adalah implementasi rencana. Jadi, Anda mulai mengerjakan project yang ada sesuai dengan urutan prioritas yang telah dilakukan sebelumnya.

Itulah alur proses kerja konsultan feasibility study yang perlu untuk Anda ketahui. Setiap proses yang ada merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Karena dengan alur seperti itu, maka hasil pekerjaan dari konsultan ini akan maksimal dan membantu bisnis Anda dengan baik.

Baca Juga  Perusahaan Raksasa ini, Kini Tinggal Nama

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This