MenyalinHarap perbaharu

Profesi Konsultan Bisnis, Menguntungkan Kah?

konsultan bisnis

Jasa konsultan bisnis yang kompeten dan profesional pasti dicari oleh banyak orang terutama pebisnis. Karena, jasa tersebut bisa memberikan masukan dan nasihat bisnis yang baik sehingga usaha yang dijalankan dapat bergerak lebih lancar dan memberikan keuntungan yang lebih besar pula.

Karena kebutuhannya yang besar, maka menjadi seorang konsultan bisnis terlihat menjanjikan. Karena, seorang konsultan yang sukses bisa memenuhi kebutuhan primer, sekunder bahkan premiernya dengan mudah. Jadi, tidak heran jika banyak orang terutama fresh graduate yang ingin berkarir di posisi tersebut.

Walaupun demikian, menjadi seorang konsultan tidaklah mudah. Karena tugas dan tanggung jawab yang diembannya sangat besar. Kemudian, konsultan juga harus memiliki sederatan pendidikan dan skill yang mumpuni agar masukan serta nasihat yang diberikannya meyakinkan dan menguntungkan para pebisnis.

Tugas Konsultan Bisnis

Sebagai seorang konsultan, tentunya terdapat beberapa tugas yang harus mereka penuhi dengan baik, seperti:

  • Menyediakan jasa konsultasi tentang bisnis
  • Identifikasi masalah
  • Memberikan pilihan solusi yang tepat
  • Proyeksi road map sebuah bisnis
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan klien
  • Memberikan edukasi dan pelatihan bisnis
  • Peninjauan pada beberapa hal (akuntansi, budget, dan finansial manajemen)
  • Riset pasar untuk kepentingan klien

Semua tugas ini memiliki peran yang sangat penting bagi kepentingan pemilik bisnis. Tentunya pengalaman juga ikut mempengaruhi, karena semakin tinggi pengalaman maka komunikasi dan konsultasi yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien.

Skill Seorang Konsultan

Selain tugas dan tanggung jawab, seorang konsultan juga harus memiliki kemampuan yang mendukung pekerjaannya. Skill ini tidak hanya latar pendidikan, tetapi juga lainnya baik itu hard skill ataupun soft skill. Jika dirincikan lebih lanjut maka skill yang harus dimiliki jasa konsultan bisnis antara lain:

  • Latar belakang pendidikan, seperti ekonomi, bisnis, manajemen, akuntansi dan lainnya yang berhubungan dengan ekonomi serta bisnis
  • Communication skill
  • Kreatifitas
  • Problem solving
  • Analisa dan evaluasi baik secara data ataupun situasi
  • Kemampuan pelatihan dan konsultasi dengan efektif dan efisien
Baca Juga  Membangun Kesuksesan Bisnis dengan Jasa Konsultan Bisnis

Skill ini harus selalu ditingkatkan. Karena seorang konsultan yang berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi pasti lebih lancar dan mulus dalam melakukan konsultasi.

Gaji Seorang Konsultan Bisnis

Melalui tugas dan skill yang harus dimiliki seorang konsultan, tentunya terdapat kompensasi yang mereka dapatkan. Secara umum gaji konsultan bisnis bagi fresh graduate sebesar Rp 4.5 juta s/d Rp 5,5 juta.

Namun, untuk konsultan yang berpengalaman baik itu dari lamanya memegang posisi konsultan kemudian sertifikat, pelatihan dan lainnya bisa mengantongi gaji sebesar Rp 7 juta s/d Rp 14 juta.

Tetapi, angka ini tidak tetap karena seorang konsultan senior memiliki banyak proyek dan pekerjaan lain. Baik itu yang berkaitan langsung dengan pekerjaannya sebagai konsultan ataupun tidak.

Menjadi seorang konsultan memang menguntungkan dan menjanjikan. Namun, kamu membutuhkan skill dan pengalaman yang cukup agar bisa mendapatkan gaji dan keuntungan lain sebagai seorang konsultan yang kompeten dan berkelas. (AAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This