Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan

Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting untuk diaplikasikan pada hidup kita. Dengan memiliki rencana, anda akan bisa lebih siap untuk menghadapi segala macam masalah yang berhubungan dengan uang, seperti adanya pengeluran yang tidak terduga misalnya.

Anda pun bisa membuat rencana keuangan sendiri, atau anda bisa juga menyewa jasa konsultan untuk bisa membuat perencanaan keuangan untuk masa depan anda. Apapun cara yang anda pilih, yang jelas anda sudah harus mempunyai rencana.

Kehidupan rumah tangga bisa menjadi tidak terkendali apabila tidak ada rencana yang dibuat sebelumnya. Pengeluaran menjadi tidak terkontrol, sementara anda tidak memiliki rencana menabung untuk masa depan.

Adanya perencanaan keuangan dapat mengeliminasi permasalahan tersebut, sekaligus menghindarkan anda dari segala resiko yang bisa menimpa hidup anda. Anda bisa jauh dari hutang, pinjam meminjam, dan juga tentunya kebangkrutan ekonomi.

Rencana keuangan yang matang juga dapat memberikan fungsi lainnya seperti untuk menyiapkan bekal masa depan, atau membuat keuntungan yang besar lewat beberapa jenis pundi-pundi tabungan. Hal ini tentu dapat anda raih apabila memiliki rencana yang tepat.

Nah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mulai melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan, seperti:

Rencana Pengeluaran

Langkah yang paling penting untuk membentuk sebuah rencana keuangan yang baik adalah dengan melakukan perencanaan pengeluaran. Hal ini penting sekali, karena pada dasarnya, hampir tiap orang di dunia merupakan seorang konsumer sejati.

Dengan adanya uang yang banyak di tangan, godaan untuk menghabiskannya sangat besar. Banyak dari kita gugur karena tidak tahan akan godaannya. Namun juga ada yang lebih siap, dan lebih bijak untuk menggunakan uang tersebut.

Hal ini adalah poin utama mengapa rencana pengeluaran sangat penting untuk dibuat, untuk bisa mengerem pengeluaran anda yang tidak penting. Anda bisa membuat list barang apa saja yang harus dibeli untuk menyambung hidup tiap bulannya, atau disebut dengan belanja bulanan biasanya.

Baca Juga  Investasi Lebih Baik Daripada Menabung, Mengapa Demikian?

Dari situ anda bisa mensortir beberapa persen dari penghasilan anda yang digunakan untuk belanja bulanan. Anda juga perlu menyisihkan persentase tertentu untuk biaya bulanan lainnya seperti membayar listrik, air, atau koneksi internet.

Pastikan anda selalu memiliki sebagian dari total penghasilan anda untuk ditabung. Sekecil apapun penghasilan anda, anda harus menabung untuk masa depan. Kada pada dasarnya, ada dua waktu terbaik untuk kita menabung. Masa lalu, dan sekarang. Apabila di masa lalu anda masih belum terbiasa menabung, lakukanlah sekarang.

Perencanaan Keuangan dengan Menabung

Menabung bukanlah cara yang asing untuk bisa meningkatkan kekayaan kita di masa depan. Menabung merupakan metode yang sangat penting, karena sebenarnya prakternya mudah, tapi manfaatnya sungguh luar biasa. Mungkin itulah mengapa ada peribahasa “sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit”

Karena itulah yang memang akan terjadi. Sekecil apapun tabungan kita, asalkan kita bisa tekun menyisihkan uang untuk menabung, suatu saat kita bisa memanen jeri payah kita. Sebuah buah kesabaran dan ketekunan.

Pada era globalisasi ini, menabung sangat amat dipermudah. Anda bisa memilih metode dengan cara apapun yang anda inginkan. Terlebih lagi, layanan online dapat semakin mempermudah anda menggunakan dana yang tersedia untuk dibatung.

Ada beberapa instrumen yang bisa anda gunakan, seperti:

Emas

Emas merupakan salah satu jenis bahan galian yang sangat berharga. Biasanya, emas dapat diolah kembali untuk dijadikan sebagai perhiasan yang memiliki value yang lebih tinggi. Itulah mengapa jika anda lihat pada statistik, harga emas hampir tidak pernah turun.

Harga emas akan terus meningkat tiap tahunnya. Meskipun, jumlah besaran peningkatannya tidak akan sebesar instrumen menabung lainnya. Harga akan terus meningkat dengan peningkatan yang lebih kecil, namun stabil.

Baca Juga  7 Manajemen Finansial Untuk Si Kecil yang Baru Saja Hadir

Anda bisa melalukan pembelian melalui market place yang kini sudah mengadakan fitur jual beli emas. Anda juiga bisa membelinya di pegadaian, ataupun toko emas terpecaya di kota anda.

Properti

Apabila anda memiliki modal yang cukup besar, anda bisa memulai untuk melakukan bisnis properti. Anda bisa mulai membeli asset dalam bentuk rumah petak ataupun apartemen untuk kemudian dijadikan tempat kos ataupun disewakan pada orang yang ingin mengontrak.

Selain hargannya naik, anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang rutin dari pembayaran sewa. Bayangkan saja, tanpa anda harus bergerak, tiap bulannya anda bisa mendapatkan uang. Sungguh bisnis yang menggiurkan.

Anda bisa menyewakan kontrakan anda untuk bertahun tahun lamanya. Disamping mendapatkan uang, anda juga harus mengeluarkan beberapa untuk pemeliharaan tempat atau maintenance. Hal ini berguna untuk membuat anda tetap nyaman untuk dihuni, meskipun sudah berumur.

Jadi, meskipun properti adalah bentuk tabungan yang membutuhkan modal yang besar, anda bisa mendapatkan keuntungan langsung yang lebih besar pula. Dengan management tempat yang baik serta memelihara hubungan baik dengan penyewa, anda bisa membangun bisnis properti yang sukses.

Apabila anda tertarik, anda bisa mempelajari buku yang terkait dengan bisnis properti. Buku Robert Kyosaki bisa anda jadikan buku utama sebagai sumber pengetahuan anda. Anda juga bisa menyewa jasa konsultan properti untuk pengetahuan tambahan dan juga konsultasi.

Deposito

keuangan

Jika anda tertarik untuk menabung uang di bank, anda bisa melirik desposito. Instrumen deposito bisa jadi instrumen yang paling aman bagi anda karena sistem penyimpanan aman di bank. Anda bisa menyimpan uang dalam beberapa fase waktu.

Misalnya, jika anda tidak memiliki keperluan yang mendesak, anda bisa menyimpan deposito selama 2 tahun. Tenor dari deposito bisa dipilih sesuai dengan preferensi anda pribadi. Namun, keuntungan yang lebih besar tentunya akan bisa didapatkan dengan waktu penyimpanan yang lebih lama.

Baca Juga  Bantu Wujudkan Hunian Idaman, Berikut Sekilas Tentang KPR Subsidi dan Non

Keuangan Anda Untuk Reksadana

keuangan

Salah satu instrumen tabungan yang paling likuid adalah reksadana. Di perusahaan sekuritas, anda bisa menggunakan layananan menabung reksadana. Reksadana hadir dalam beberapa jenis, seperti reksadana pasar uang, pendapatan tetap, dan reksadana saham.

Tiap-tiap jenis memiliki tingkat likuiditas yang berbeda-beda. Yang paling likuid adalah pasar uang, sementara yang paling tidak likuid adalah reksadana saham. Ada juga tingkat resiko yang patut anda pertimbangkan. Reksadana memiliki resiko terbesar, sementara resiko terkecil dipegang oleh reksadana pasar uang.

Ingat! High risk high return. Apabila anda merencanakan untuk menabung uang anda di reksadana untuk waktu 5 tahun atau lebih, reksadana saham lah yang tepat untuk anda. Namun apabila perkiraan waktu anda menabung hanya 1 sampai 2 tahun, untuk kebutuhan anak sekolah misalnya, reksadana pasar uang atau pendapatan tetap adalah yang paling tepat bagi anda.

Reksadana yang paling tepat untuk anda adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan tergoda keuntungan yang lebih besar. Dan juga jangan asal mengambil reksadana tanpa adanya pengetahuan, karena hal itu hanya akan merugikan anda kedepannya.

Keuangan Anda Untuk Saham

keuangan

Nah, apabila anda memiliki pengetahuan yang lebih mengenai pasar uang, anda bisa meletakkan modal anda untuk bertransaksi saham. Anda bisa menjadi seorang investor dengan dasar teknikalĀ  atau fuindamental, semua tergantung diri anda pribadi.

Namun alangkah baiknya anda menanamkan modal anda pada perusahaan yang memang terbaik di bidangnya, atau yang bisa disebut dengan blue chip. Selain dapat menikmati keuntungan dari selisih harga, anda juga dapat menerima dividen menarik tiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This