MenyalinHarap perbaharu

Penyebab Remaja Sering Mengalami Insomnia

Gangguan susah tidur atau insomnia merupakan gangguan yang dialami oleh semua kalangan. Baik orang tua, remaja, bahkan anak-anak. Pada usia remaja, seoseorang harus mengatur waktu tidur yang baik karena ada banyak aktifitas terutama sekolah dari pagi hingga sore hari.

Namun, tak banyak remaja yang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Apabila kamu salah satu orang yang mengalami gangguan insomnia, ketahuilah beberapa penyebabnya yang harus kamu hindari berikut ini.

 

Aktifitas yang terlalu padat

Seringkali seseorang menganggap bahwa banyak beraktifitas atau berolah raga akan membuat lelah sehingga dapay tidur nyenyak. Pada kenyataannya kelelahan hanya akan membuat susah tidur dan insomnia.

Apalagi bagi remaja memiliki jadwal aktifitas yang banyak di sekolah adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Untuk mencegah kelelahan saat tidur di malam hari maka luangkan beberapa waktu istirahat di sela-sela aktifitas sekolahmu.

 

Mengalami stress

Stress pada anak muda merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi. Pasalnya stress tersebut bermula ketika seseorang memiliki banyak pikiran. Bagi anak muda sekalipun ketika memiliki beban pikiran yang banyak dapat berakibat stress yang menyebabkan insomnia.

Usahakan luangkan waktu refreshing untuk mengurangi stress yang menganggu. Atau perlu komunikasikan beban pikiran mu kepada orang lain terutama orang tua.

 

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga dapat menjadi penyebab seseorang susah tidur. Banyak remaja yang memilih untuk mengkonsumsi kafein agar tetap merasa segar saat beraktifitas. Padahal hal tersebut justru memicu insomnia saat malam hari.

 

Efek obat-obatan

Obat-obatan yang dapat dikunsumsi sekalipun tetap akan memberikan berbagai efek yang berbeda. Salah satunya adalah efek kesulitan tidur dan insomnia. Meskipun begitu setelah mengkonsumsi obat yang memberikan efek susah tidur, atur jadwal tidur saat siang hari agar  kamu tidak mengalami insomnia.

Baca Juga  5 Alasan Mengapa Pelanggan Membeli Produk Anda

 

Penggunaan elektronik

Penggunaan elektronik pada dasarnya memang dapat menganggu aktifitas tidurmu. Apalagi remaja seringkali menghabiskan waktu tidurnya untuk bermain handphone. Hal itulah yang menjadi waktu tidur terganggu dan mengalami insomnia.

Untuk itu kurangilah bermain handphone atau menggunakan alat elektronik lainnya saat malam hari di waktu tidur.

 

Jadwal tidur yang berantakan

Jadwal tidur yang baik sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup. Namun apabila kebiasaan tidurmu buruk maka akan menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari. Maka usahakan untuk tetap mengatur jadwal tidur yang cukup.

 

Makan terlalu banyak di malam hari

Makan saat malam hari bukanlah sesuatu yang salah. Namun makan terlalu banyak akan mengakibatkan kekenyangan atau sakit perut. Sehingga hal tersebut pun membuat kamu mengalami susah tidur dan insomnia.

 

Itulah beberapa penyebab insomnia yang dapat terjadi pada remaja. Pastikan hal-hal tersebut harus kamu hindari agar tidak mengalami gangguan insomnia dan mendapatkan tidur yang cukup. Semoga artikel ini membantu.

 

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Arsitek Terbaik

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This