Penyebab Mengapa Sulit Melupakan Mantan

Advertisements

sulit melupakan mantan

Sulit melupakan mantan merupakan hal yang biasa terjadi pada mereka yang telah memutuskan hubungan dengan pasangannya masing-masing. Hal ini biasa dikenal dengan “gagal move on”. Masalah ini menjadi semakin sulit karena Anda akan selalu mengenang masa-masa indah bersama mantan tersebut sebelumnya.

Kenangan dengan mantan ini akan semakin kuat jika Anda cenderung menghabiskan banyak waktu bersama. Karena, pada dasarnya otak Anda akan menyimpan setiap kenangan yang telah dilalui bersama baik itu yang menyenangkan, menyebalkan, menyedihkan dan lainnya. Dan, yang paling membingungkan adalah kenangan ini bisa timbul sewaktu-waktu tanpa Anda sadari sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari.

Beberapa Penyebab Mengapa Kita Sulit Melupakan Mantan

Sulit melupakan mantan bukanlah hal yang tabu terutama untuk saat ini. Karena, pada zaman sekarang menjalin hubungan jauh lebih mudah daripada di masa lalu. Walaupun keadaan ini tidak berlaku untuk semua orang. Sulit move on biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Sulit Melupakan Mantan Karena Banyak Momen Bersama

Penyebab pertama mengapa sulit move on adalah karena Anda memiliki banyak waktu bersama dengan mantan. Terlebih jika Anda banyak bertemu setiap harinya, menghabiskan waktu bersama, berada di lingkungan yang sama dan lainnya. Jika Anda memiliki banyak kenangan baik yang menyenangkan ataupun sebaliknya maka move on akan semakin sulit dilakukan.

Jika Anda dan mantan banyak memberikan barang-barang tertentu seperti pakaian, foto dan lainnya maka kenangan lama akan semakin sering muncul. Oleh karena itu, banyak orang yang menyingkirkan barang dari mantan secepat mungkin karena khawatir akan terus terkenang dan mengganggu kegiatan sehari-hari dikemudian hari.

2. Investasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalani hubungan sebenarnya Anda sedang berinvestasi. Hal ini jangan langsung dinilai buruk, karena memang pada dasarnya hubungan yang dilakukan haruslah ikhlas dan didasarkan pada rasa sayang semata. Namun, bagi orang yang ingin serius maka hal pemikiran seperti ini sah-sah saja.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menyelesaikan Konflik dalam Keluarga ?

Setidaknya Anda akan mengeluarkan tenaga, pikiran, waktu serta perhatian dalam menjalani sebuah hubungan. Namun, banyak juga yang mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Semua hal ini adalah investasi dan hal ini juga menjadi salah satu penyebab gagal move on. Karena semakin banyak Anda berinvestasi pada sebuah hubungan maka akan semakin sulit bagi Anda untuk melupakan orang tersebut.

Advertisements

3. Pasangan Saat Ini Tidak Sebaik Mantan

Penyebab lain mengapa sangat sulit untuk melupakan mantan adalah karena Anda membandingkan pasangan saat ini dengan sebelumnya. Membandingkan beberapa hal untuk meningkatkan semangat juang dan perhatian pasangan tidaklah salah. Namun, Anda harus melihat bahwa pasangan sekarang dan mantan adalah orang yang berbeda.

Jadi, keduanya tidak bisa disamakan sama sekali. Jika Anda terlalu sering membandingkannya maka hal ini justru menjadi bumerang bagi diri sendiri. Karena pada dasarnya tidak ada orang yang suka dibandingkan dengan orang lain terlebih oleh mantan Anda.

4. Tidak Berusaha Untuk Merelakan dan Melupakannya

Melupakan mantan beserta kenangannya tidaklah mudah namun bisa dilakukan. Namun, beberapa orang justru terlarut dalam kenangan tersebut padahal peluang untuk bersama lagi tidak ada. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka segeralah melakukan beberapa tindakan untuk segera move on seperti banyak bergaul, ikut grup atau komunitas tertentu, menyibukkan diri dan lainnya. Karena dengan menyibukkan diri maka secara perlahan Anda akan move on dengan sendirinya.

Itulah beberapa alasan dan penyebab mengapa sulit melupakan mantan. Walaupun sulit, bukan berarti hal ini tidak mungkin. Namun, akan lebih baik jika Anda mencari pasangan yang baik dengan tujuan untuk menikah. Karena dengan demikian, Anda bisa mengenal calon jodoh dengan baik dari relationship yang dilakukan.

Advertisements
Baca Juga  Tips dan Trik LDR Awet Sampai Ke Pelaminan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This