Pentingnya Manajemen Waralaba Untuk Kesuksesan Bersama


0
Spread the love
Sumber: www.cfa.ca

Grapadinews.co.id – Bisnis waralaba dinilai paling menjanjikan karena gerai tersebar hingga ke beberapa wilayah. Di samping itu, cara ini juga tepat untuk mengenalkan merek dagang dengan cepat. Namun demikian, manajemen dan pemasaran model usaha seperti ini sulit untuk diseimbangkan.

Sebagai pemilik bisnis waralaba yang sukses, Anda harus menyisir berbagai daerah dan mengontrol secara detail untuk meminimalisir kesalahan atau kecurangan. Evaluasi ulang proses, mengubah prosedur dan belajar dari orang lain juga dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini untuk mempelajari manajamen bisnis waralaba agar berhasil dalam jangka panjang!

Buat riset mudah dan menarik prospek baru secara online

Sumber: startupdonut.co.uk

Pengusaha yang paham bisnis dan ingin mengambil peluang terbaik cenderung melakukan banyak penelitian.  Kini dengan adanya teknologi, survey tidak hanya dilakukan secara langsung di lapangan tetapi juga secara online. Buat hidup lebih mudah melalui profil situs web peluang waralaba, berbagi informasi di media sosial dan blog.

Anda bahkan dapat membuat halaman atau mengunduh lembar situs web untuk pengelolaan keuangan, data franchisee, statistik dan testimonial. Di samping itu, maraknya belanja online juga memungkinkan pelaku bisnis mengamati perilaku serta selera calon pelanggan hanya melalui media sosial dan marketplace saja.

Berkoordinasi, komunikasi dan berbagi informasi

Sumber: chrisknowsfranchising.com

Pada prinsipnya, sistem bisnis waralaba tersebar ke seluruh tempat secara luas hingga menjangkau seluruh negeri bahkan. Maka sebagai pemilik pebisnis, tentu akan mengalami keseulitan untuk mengontrol semuanya. Satu-satunya cara yakni mengutus perwakilan ke masing-masing daerah untuk mengamati, mengatur dan membangun usaha tersebut.

Maka dari itu, komunikasi di seluruh waralaba sangatlah penting. Buatlah buletin mingguan atau dua kali dalam sebulan untuk membagikan infromasi. Hal ini dapat mempermudah manajemen waralaba di berbagai daerah, serta memungkinkan proses sharing yang efisien.

Merencanakan pertumbuhan dan mencapai tujuan

Sumber: smallbusiness.co.uk

Pelaku bisnis tentu menginginkan usahanya terus berkembang dan bertahan dalam jangka waktu lama. Maka tak ayal bila mereka mengatur strategi bisnis sedemikian rupa demi kelancara usaha. Tujuan atau goal memang harus dibuat sebagai patokan keberhasilan.

Langkah terbaik untuk mewujudkan itu semua yakni memiliki sumber daya dan sistem yang mendukung operator banyak unit. Pastikan rencana bisnis, pemasaran, sistem, manajemen perusahaan dan budaya merek siap mendukung pertumbuhan.

Saling terhubung

Sumber: pacificabs.com

Cara terbaik bagi calon pewaralaba untuk mengetahui apakah sistem manajemen waralaba benar-benar berfungsi adalah dengan bertanya. Hubungkan franchisee saat ini dengan calon franchisee lainnya. Biarkan mereka saling menjalin komunikasi mengenai bisnis.

Anda bisa membuatkan aplikasi chat khusus untuk semua pewaralaba agar mereka saling terhubung satu sama lain. Biarkan percakapan terjadi. Kemudian buat juga daftar pewaralaba dengan kinerja baik, terpercaya, serta andal. Sesekali tanyakan kepada mereka apakah ingin mengembangkan bisnis. Lantas mulailah untuk membangun kerjasama untuk prospek-prospek baru.

Memahami tantangan dan meningkatkan sistem dengan bekerja di lapangan

Sumber: tworldfranchise.com

Jika ingin memahami bisnis secara menyeluruh, luangkan waktu satu minggu satau sebulan sekali untuk terjun langsung ke lapangan. Langkah ini memungkinkan Anda untuk mengamati proses operasi dan usaha sehari-hari.

Di sisi lain juga bisa melihat, mengalami dan berbicara langsung dengan orang-orang membentuk bisnis dengan Anda. Perlu juga menanyakan kendala, tantangan serta apa yang dibutuhkan oleh mereka agar nantinya dibuatkan sebuah sistem yang efisien dan mendorong profitabilitas. Dengan begitu semua perangkat akan lebih bekerja secara efektif, terlebih akan terbentuk sistem waralaba yang efektif, logis dan menjangkau finansial semua franchisee.

Kenali prestasi dan perbarui hubungan

Sumber: Franchising.com

Waralaba adalah bisnis kemitraan. Hubungan pribadi adlah suatu gambaran kesetiaan dan pengertian timbal balik. Pemilik dan pewaralaba saling memupuk hubungan dan mengenal satu sama lain.

Langkah ini memungkinkan Anda untuk memonitor satu per satu gerai, kemudian buat sistem penghargaan bulanan atau triwulan. Tambahkan nilai untuk memotivasi mereka. Menjaga hubungan dan bekerja dalam jaringan memungkinkan pemilik mengidentifikasi langsung siapa saja yang berprestasi.

Seimbangkan antusiasme dan profesionalisme

Sumber: www.thesmallbusinesssite.co.za

Penting bagi manajemen waralaba untuk menampilkan energi dan antusiasme tinggi. Energi bisa menular, sedangkan kekurangan semangat bisa berdampak buruk. Perlakukan semua orang dengan hormat dan santun. Kemudian luangkan waktu sejenak untuk menganalisis bahasa dan nada yang digunakan ketika berbicara dengan pewaralaba. Tindakan sehari-hari dan cara menjalankan bisnis juga mempengaruhi.

Buat rencana untuk tingkatkan kepercayaan diri dan pemahaman

Sumber: businessadvice.co.uk

Buat rencana yang jelas dengan jadwal dan biaya untuk pelatihan, skema pemasaran dan prosedur. Grafik serta visual membuatnya lebih mudah dipahami. Di samping itu, perubahan dan manfaat juga memungkinkan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Sebagai bentuk manajemen yang baik, buatlah rencana bersama para pemegang waralaba dan pastikan semuanya telah sesuai dengan pertanyaan serta masalah yang dihadapi oleh masing-masing gerai. Langkah ini dapat dipublikasikan di forum dan ditinjau kembali. Atau bisa juga mereka menambahkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk kebaikan bersama, sehingga semua orang turut berpartisipasi.

Manajemen waralaba memungkinkan pemilik mengontrol masing-masing gerai dengan mudah. Langkah tersbeut dibuat dengan tujuan keberhasilan bersama baik perusahaan maupun pewaralaba. Maka dari itu, buat keteraturan dalam pengelolaan dari sekarang, ya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals