Pentingnya Kuesioner Online Untuk Berbagai Kebutuhan

Advertisements

kuesioner online

Saat ini berbagai pihak membutuhkan data yang relevan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Terutama di masa digital saat ini yang mengutamakan data sebelum mengambil sebuah keputusan. Cara mendapatkan tersebut cukup beragam bisa sekunder atau primer. Tentu data primer lebih diutamakan karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mendapatkannya juga tidak sulit karena bisa memakai kuesioner online.

Walaupun demikian, menyebar angket online tersebut tidaklah mudah. Karena jika disebar secara sembarang maka objek yang diinginkan akan sulit diperoleh. Oleh karena itu, diperlukan pihak khusus yang mengendalikan penyebarannya sehingga data yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sekarang muncul pertanyaan seberapa pentingkah kuesioner online tersebut? Untuk menjawab hal ini maka simaklah beberapa poin yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Mudah dilakukan

Berbagai pihak baik itu peneliti, dosen, perusahaan dan pihak lainnya membutuhkan data terbaru yang relevan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebelumnya pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner ataupun angket yang disebar langsung kepada sumber datanya.

Namun, terdapat kekurangan pada hal ini yaitu pengumpulan data menjadi terbatas karena penyebaran data tidak bisa dilakukan lebih luas dari daerah tertentu. Padahal semakin beragamnya data akan membuat penelitian menjadi lebih baik dan memberikan efek yang besar kepada publik.

Karenanya, kuesioner online menjadi populer karena mudah dilakukan. Anda tinggal mencari sumber yang sesuai secara online dan cukup dengan mengirimkan link dan kuesionerpun sudah terisi.

2. Kontrol Lebih Mudah

Mengendalikan arus data dan sumber utama untuk perolehan data secara online cukup mudah. Karena Anda hanya memberikan link tersebut kepada individu tertentu. Sebenarnya perolehan data secara langsung lebih terkendali namun mengingat cara tersebut kurang cocok untuk saat ini.

Baca Juga  4 Aspek Kelayakan Teknis Pada Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Namun, Anda bisa mengendalikan hal tersebut dengan mencari sumber secara ketat.

3. Cocok untuk Keadaan Saat Ini

Saat-saat ini di mana teknologi digital semakin berkembang serta dengan adanya pandemi membuat orang-orang mengurangi komunikasi tatap muka secara langsung. Tentu hal tersebut membuat Anda menjadi sulit memperoleh data primer dengan mudah.

Namun, dengan adanya kuesioner digital Anda bisa memperoleh data tersebut dengan mudah tanpa harus bertemu mereka secara langsung.

Oleh karena itu, pengumpulan data secara online lebih cocok untuk saat ini di mana orang-orang ingin kemudahan serta mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat.

4. Kompilasinya Mudah

Hal lain yang membuat kuesioner online penting untuk saat ini adalah kompilasi datanya yang mudah. Dahulu, kuesioner fisik yang diisi oleh sumber utama harus diinput ulang di komputer masing-masing. Jadi, untuk mengumpulkan data saja Anda harus melalui tiga langkah yang memakan waktu (penyusunan kuesioner, mencari sumber dan pengisian, input data).

Namun, dengan memakai angket online Anda bisa mengumpulkan data, mengelompokkannya dan menyusun dengan mudah. Karena data yang ada sudah tersedia secara digital. Jadi, Anda tinggal copy dan paste di data dengan format yang telah tersedia.

Keberadaan kuesioner online ini tentu sangat memudahkan banyak pihak. Walaupun demikian, banyak pihak yang tidak bisa melakukannya dengan baik. Jika Anda membutuhkan jasa tersebut maka pakailah jasa dari PT. Grapadi Sejahtera Mandiri. Karena jasa ini memiliki pengalaman serta pelayanan yang baik sesuai kebutuhan Anda.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This