Pentingnya Konsultan Feasibility Study Saat Mulai Usaha

Advertisements

Saat berbicara mengenai memulai sebuah bisnis atau usaha, yang kerap kali menjadi perbincangan tentu saja ide. Ide dari bisnis serta usaha tersebut. Lalu, bagaimana mengetahui ide tersebut benar-benar layak dijakankan menjadi bisnis? Disinilah peran konsultan feasibility study.

konsultan feasibility study

Jasa konsultan feasibility study, yang saat ini sudah semakin mudah didapatkan, memang memiliki peranan besar ketika memulai usaha. Feasibility study atau studi kelayakan inilah yang nantinya menentukan apakah ide yang Anda miliki, akan benar-benar layak serta memberi keuntungan billa diteruskan menjadi sebuah bisnis. Sehingga nantinya ide tersebut bukan hanya akan menjadi sebuah “ide.” saja. Melainkan peluang bisnis dan usaha yang akan memberi keuntungan.

Lalu, apakah hanya itu saja pentingnya feasibility study? Demi memahami peranan para konsultan ahli di bidang feasibility study. Tentu saja pertama-tama harus memahami lebih dulu apa itu studi kelayakan. Setelah itu perannya dalam usaha.

Apa Itu Feasibility Study?

Ada beberapa definisi berbeda yang diberikan mengenai studi kelayakan. Salah satu pengertian yang bisa diberikan adalah proses sistematis yang dilakukan untuk identifikasi masalah dan peluang. Serta menentuan tujuan, memberi gambaran situasi, dan menentukan hasil akhir yang mungkin didapatkan dari sebuah ide bisnis. Selain itu studi kelayakan juga akan memberi perkiraan biaya modal, dan manfaat yang akan didapatkan.

Studi kelayakan dilakukan untuk mendapat gambaran alternatif dari proses pemecahan masalah, yang mungkin akan terjadi pada bisnis serta usaha berdasar dari ide. Sekaligus juga memberi dukungan untuk mengambil keputusan atas keberlangsungan usaha dan bisnis yang sebenarnya.

Dari deskripsi ini sepertinya sudah cukup jelas mengenai pentingnya menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan, bukan?

Studi kelayakan nantinya akan mencangkup 6 bidang berbeda. Berikut ini merupakan 6 bidang tersebut:

  1. Deskripsi bisnis atau usaha
  2. Target pasar
  3. Teknologi yang akan dibutuhkan untuk keberlangsungan bsinis maupun usaha nantinya
  4. Detail modal, biaya, dan finansial
  5. Struktur organisasi usaha serta bisnis
  6. Kesimpulan untuk upaya bisnis atau bisnis dapat maju dan berkembang
Baca Juga  5 Prinsip Memulai Bisnis Berdasarkan Syariah, Kunci Meraih Kesuksesan

Pentingnya Feasibility Study

Studi kelayakan memiliki peranan penting dalam bisnis maupun usaha. Pasalnya, tidak semua ide bisnis yang ada memiliki kemungkinan serta kelayakan untuk berkembang menjadi sebuah usaha. Disadur dari Gofton 1997; Bickerdyke et al. 2000, hanya 1 dari 50 ide yang akan layak menjadi bisnis dan memberi keuntungan finansial.

Advertisements

Selain itu meski sebuah ide dapat dijalankan menjadi bisnis, belum tentu akan mendapatkan manfaat serta keuntungan seperti yang diharapkan. Akibatnya tentu saja, bisnis tersebut tidak berjalan. Bahkan bisa merugi dan bangkrut. Studi kelayakan memiliki peranan penting untuk mencegah hal ini terjadi.

Bila nantinya sebuah ide dinilai layak dari hasil feasibility study, tahapan berikutnya merupakan melanjutkan untuk menjalankan rencana bisnis sepenuhnya. Hasil penelitian serta informasi yang diperoleh dari feasibility study akan memberi dukungan untuk tahapan bisnis selanjutnya. Misalnya hasil studi kelayakan ide serta konsep bisnis akan membantu mendapatkan analisa pasar yang sesuai.

Manfaat dan pentingnya studi kelayakan memang tidak perlu diragukan. Terutama saat ini sudah ada jasa konsultan feasibility study dengan para ahli yang akan mengkaji, audit, dan melakukan riset mendalam mengenai sebuah ide bisnis. Ahli konsultan studi kelayakan inilah yang nantinya akan menentukan, berdasarkan hasil penelitian, apakah ide bisnis Anda bisa benar-benar berjalan.

Besarnya peranan konsultan feasibility study memastikan Anda tidak melewatkan penggunaan jasa para ahli ini sebelum memulai usaha.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This