Peluang dan Cara Memulai Bisnis Startup

Bisnis startup sendiri merupakan sebuah bisnis yang baru saja dibuat atau dirintis. Tidak semua bisnis yang baru atau mulai berkembang dinamanakan startup.


0
Spread the love
sumber : goodnewsfromindonesia.com

Beberapa tahun terakhir bisnis startup menjadi pilihan yang paling banyak diminati oleh semua orang dalam memulai bisnis, khususnya di Indonesia. Bisnis startup sendiri merupakan sebuah bisnis yang baru saja dibuat atau dirintis. Tidak semua bisnis yang baru atau mulai berkembang dinamanakan startup. Istilah startup hanya diperuntukkan untuk perusahaan yang bekerja dibidang teknologi dan informasi yang umumnya berkembang di dunia internet. Bisnis startup banyak sekali macamnya. Bisa berupa jasa, baik itu jasa pembuatan website dan juga jasa pelayanan lainnya yang berhubungan dengan dunia internet, atau bisa juga berupa penjualan produk secara online. Mudahnya cara kerja dari bisnis startup adalah dengan cara memacahkan permasalahan yang ada menggunakan berbagai macam ide atau dengan cara memanfaatkan masalah itu sendiri untuk dijadikan sebuah ide bisnis yang baru, dengan cara memberikan sedikit terobosan atau inovasi yang nantinya akan membawa perubahan yang besar di masyarakat. Contohnya saja bisnis startup dalam pelayanan jasa transportasi yang saat ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

sumber : pikiranrakyat.com

Bisnis startup baru mulai populer pada abad ke 20. Adanya perkembangan zaman yang mulai beralih ke dunia internet membuat bisnis startup yang hakikatnya bergerak dibidang internet tersebut juga lebih dikenal oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, bisnis startup saat ini mulai berkembang dengan pesat. Terlebih lagi saat ini perkembangan dunia internet juga sangat pesat-pesatnya, sehingga membuat bisnis-bisnis startup semakin banyak bermunculan. Bahkan jumlah bisnis startup lokal saat ini sudah mencapai jumlah ribuan, dan jumlah tersebut akan terus bertambah selama akses internet di Indonesia sangat mudah untuk dijangkau.

Peluang Bisnis Startup di Indonesia

sumber : liputan6.com

Sebelum Anda belajar cara memulai bisnis startup, Anda harus paham dengan peluang dari bisnis startup itu sendiri. Sebenarnya bisnis startup mempunyai peluang yang sangat besar untuk Anda lakukan. Terlebih lagi akses internet yang semakin hari semakin mudah untuk digunakan membuat bisnis startup layak untuk Anda coba. Walaupun jumlah bisnis startup di Indonesia sendiri sudah sangat banyak, tetap saja peluang bisnisnya juga sangat besar. Bagimana tidak, berkaca pada cara kerja dalam bisnis startup yang memberikan ide atau pemecahan permasalahan yang dialami oleh masyarakt. Selama masih ada permasalahan yang dialami oleh masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan dunia internet, bisnis startup akan selalu berpeluang besar untuk Anda coba.

sumber : marketeers.com

Contohnya saja di daerah yang mempunyai nilai kemacetan yang tinggi, sehingga dibutuhkan solusi yang tepat untuk menghindari kemacetan tersebut. Misalnya dengan menghadirkan bisnis startup jasa pelayanan berupa ojek online, sehingga dapat menerobos kemacetan yang ada. Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis startup ini, Anda perlu memposisikan diri sebagai konsumen, bukan sebagai pebisnis. Dengan Anda berpikir sebagai seorang konsumen atau masyarakat pada umumnya, Anda dapat melihat berbagai macam permasalahan yang ada, dengan begitu untuk mencari solusi permasalahan tersebut juga akan mudah. Dan pastinya, ketika bisnis startup yang baru Anda lakukan dapat menjadi solusi dari permasalahan masyarakat, akan membuat bisnis yang Anda lakukan dapat bertahan lebih lama.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Startup

sumber : kabarsumatera.com

Dalam memulai bisnis startup, ide saja tidak cukup untuk membuat bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang ataupun bertahan lama. Walaupun ide yang Anda tawarkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ada di masyarakat, jika ada masalah pada perusahaan itu sendiri, maka bisnis startup Anda tidak akan kemana-mana. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini cara memulai bisnis startup yang bisa Anda terapkan.

  1. Ide, ide memang menjadi hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam memulai sebuah bisnis. Usahakan dalam membuat ide atau gagasan dapat menjadi solusi permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Sehingga produk yang Anda jual dapat bertahan lama. Anda dapat menerapkan ide-ide yang sudah pernah ada, tentunya dengan inovasi terbaru.
  2. Tujuan, dalam setiap akan merintis sebuah bisnis, pasti mempunyai tujuan yang ingin Anda capai. Baik itu finansial ataupun tujuan mulia lainnya. Anda harus fokus pada tujuan yang sudah Anda buat diawal Anda merintis bisnis tersebut.
  3. Segmentasi pasar, pemetaan target pasar sangat penting untuk Anda lakukan pada awal pembuatan bisnis startup. Dengan begitu Anda dapat mengetahui daya beli konsumen dan juga ide yang Anda tawarkan dapat diterima dengan mudah oleh konsumen.
  4. Tim, dalam membuat bisnis, pastinya Anda akan membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan bisnis tersebut. Sehingga membentuk tim yang sesuai dengan visi yang Anda bangun akan membuat pekerjaan Anda akan semakin mudah.
  5. Fokus, ketika Anda sudah siap dalam memulai bisnis, Anda harus fokus pada tujuan Anda, berpikiran setengah-setengah hanya akan membuat bisnis yang sudah Anda rintis akan mengalami permasalahan.

Sebenanrnya masih banyak tips dan juga cara memulai bisnis startup lainnya. Akan tetapi cara yang paling penting dalam memulai setiap bisnis adalah mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals