Paling Menjanjikan, 5 Cara Tingkatkan Pendapatan Bisnis Restoran


0
Spread the love
Sumber: destinasian.co.id

Grapadinews.co.id – Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha paling menjanjikan. Bagaimana tidak, setiap orang butuh mengkonsumi makanan setiap hari sebagai sumber tenaga untuk melaksanakan segala aktivitas. Di sisi lain, makanan juga termasuk ke dalam kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Aneka ragam jenis makanan di dunia dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan dan kondisi geografis. Masing-masing memiliki keunikan dan citarasa khas sendiri. Keberagaman tersebut memicu para pecinta kuliner mencicipi makanan dari daerah satu ke lainnya. Kebiasaan baru inilah yang kemudian melahirkan tren ‘kulineran’ atau wisata kuliner.

Setelah kebiasaan ‘kulineran’ menjadi bagian dari gaya hidup, bisnis makanan juga semakin berkembang pesat. Industri restoran merupakan salah satu tempat paling menarik, meskipun juga yang paling kompetitif. Menyebar di berbagai daerah menjadikan para pebisnis terkadang sulit menentukan pasar. Namun sebaliknya, ide tentang usaha kuliner tidak ada habisnya bila Anda terus menggali.

Jika ingin menumbuhkan laba, tentu tidak hanya menawarkan layanan bagus atau pengalaman bersantap di segala penjuru. Yang tidak kalah pentingnya yakni menguasai taktik bisnis dan manajemen. Siapkah Anda mengubah perjalanan bisnis restoran menjadi kisah sukses? Simak tips-nya berikut ini!

Lakukan penelitian

Sumber: twitter.com/atlanticbus

Setiap bisnis ada tantangannya masih-masing, termasuk usaha kuliner. Anda harus bisa menyeimbangkan antara mengelola karyawan, keuangan, pemasaran, menyenangkan pelanggan dan semua hal. Pada intinya, pemilik dituntut untuk multi-tasking. Kendati banyak yang diurus, namun kini saatnya meluangkan waktu untuk melakukan riset kuliner.

Pertama, baca blog tentang manajemen restoran di beberapa situs online. Selain bisa diakses dengan cepat, di sana akan dijelaskan berbagai pengetahuan serta trik untuk mengelola bisnis kuliner. Dari informasi tersebut tentu akan didapatkan wawasan dari profesional tentang praktik terbaik untuk menjalankan usaha restoran.

Kedua, bisa juga membaca referensi manajamen dari buku atau majalah. Informasi yang disajikan biasanya lebih kredibel karena melibatkan para ahli di bidang usaha kuliner. Mereka menyuguhkannya berupa bacaan artikel atau wawancara langsung dengan para pengusaha restoran sukses.

Ketiga yakni melakukan riset secara langsung. Jika Anda memiliki kenalan yang telah sukses mengelola bisnis restoran, maka tidak ada salahnya untuk bertanya. Saling sharing terkait usaha akan membantu memecahkan masalah, menerima kritik serta saran hingga memunculkan ide baru.

Dengan riset akan banyak pengetahuan yang diserap. Nantinya pemilik bisa belajar dengan sendirinya sembari mempraktikkan pada manajemen restoran. Selain simpel, langkah ini juga lebih hemat biaya, sementara laba terus meningkat.

Kurangi limbah makanan

Sumber: rca.asn.au

Kita tahu bila sebagian besar bagian bumi berupa sampah dan limbah. Semuanya berasal dari industri dan rumah tangga. Kondisi tersebut membuat lingkungan yang dihuni menjadi tidak sehat Dikutip dari Business.com, Amerika adalah negara dengan limbah makanan terbesar dan menelan biaya miliaran dolar setiap tahun untuk menangani masalah tersebut.

Salah satu strategi meningkatkan margin keuntungan adalah fokus pada pengurangan limbah makanan. Anda perlu memantau jenis-jenis limbah makanan dengan cara memilah mana yang harus dibuang dalam bank sampah atau dibakar. Langkah lainnya yakni dengan mendesain ulang menu dan hanya fokus membuat makanan terbaik.

Bisa juga dengan memberikan porsi secukupnya, tidak berlebihan. Di samping itu, sertakan pula dengan kalimat manis sebagai peringatan akan bahaya limbah makanan terhadap bumi. Kemudian, sesuaikan harga dengan porsi yang diberikan.

Manfaatkan teknologi

Sumber: blog.tefal.co.uk

Apa sih yang tidak mungkin dengan teknologi? Apalagi di era serba canggih ini, digital merupakan salah satu yang diperhitungkan karena mempengaruhi  hampir seluruh aspek kehidupan. Anda bisa memanfaatkan ini untuk manajemen restoran hingga memasarkannya.

Buat sistem khusus untuk pengelolaan keuangan. Tujuannya agar seluruh kegiatan dalam restoran dapat dipantau dengan mudah. Selain itu, laporan finanisal juga lebih terorganisir serta sistematis. Tidak mungkin bukan di era teknologi ini masih menggunakan kwitansi dan dokumen yang membuat meja berantakan?

Sistem manajemen restoran juga membantu melacak penjualan dan membuat program baru terkait promo, mailing list untuk pelanggan dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Sementara itu, limbah makanan juga membebani restoran dengan pengeluaran yang berlebih. Maka, fungsi dari perangkat lunak inventaris adalah untuk melacak setiap bahan yang digunakan. Di samping itu, pemilik juga bisa mengamati tanggal kadaluarsa dengan mudah.

Pasarkan restoran

Sumber: medium.com

Cara terbaik untuk menumbuhkan pengunjung dan keuntungan adalah melalui pemasaran. Ada begitu banyak teknik pemasaran yang bisa membantu mengembangkan bisnis, utamanya soal bagaimana caranya menarik perhatian mereka.

Pada beberap contoh sukses, pihak restoran fokus terhadap peningkatan pelayanan terlebih dahulu. Baru kemudian mereka menjalin hubungan dengan pelanggan sebagai cara untuk menarik mereka agar datang kembali. Kemudian media sosial merupakan platform pemasaran gratis yang sangat membantu.

Melalui itu Anda bisa berinteraksi langsung dengan calon konsumen atau bahkan pelanggan dan mengembangkan merek. Manfaatkan pula aplikasi manajemen media sosial yang memungkinkan pengguna dapat menjadwalkan kapan sebuah unggahan ditayangkan. Tambahkan pula hashtag untuk membuat album dan dapat dijangkau oleh orang banyak.

Pertimbangan opsi delivery service

Sumber: PYMNTS.com

Pelanggan suka dengan kenyamanan. Setelah beraktivias selama sehari penuh, opsi terbaik untuk menutup hari adalah menyiapkan makanan. Namun memasak di rumah bukanlah pilihan tepat, sebab rasanya sudah lelah dan membuang waktu. Terlebih lalu lintas padat tidak memungkinkan untuk makan di luar. Maka satu-satunya cara yakni memesan makanan dari restoran.

Dewasa ini layanan pengiriman makanan sudah memanfaatkan teknologi. Para pelanggan bisa meminta bantuan ojek online, taksi, atau bahkan kurir khusus delivery order. Sebagai pemilik restoran yang ingin bisnisnya terus berkembang, Anda harus memikirkan bagaimana caranya memberikan pelayanan pesan antar yang efisien untuk pelanggan.

Maka cara terbaiknya yaitu bermitra dengan pemesanan online atau membuka jasa khusus delivery order dari restoran. Langkah ini banyak diminati oleh pebisnis kuliner di berbagai kota di Indonesia.

Sebagai salah satu bisnis yang diminati, usaha kuliner menyumbangkan banyak untuk perekonomian negara. Apalagi sembari mengangkat makanan khas tentu sekaligus mempromosikan budaya dan kearifan Indonesia. Jadi, terapkan tips manajemen di atas untuk bisnis kuliner makin maju!

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals