Metode Riset Bisnis Manual Ala Research and Survey Center, Hasil Lebih Akurat dan Terpercaya


Spread the love
Sumber: blog.qsample.com

Grapadinews.co.id – Riset bisnis adalah proses memperoleh informasi terperinci dari semua bidang usaha dan menggunakannya untuk memaksimalkan penjualan serta memperoleh laba. Studi ini juga membantu perusahaan menentukan produk atau jasa yang paling menguntungkan atau diminati.

Dengan kata lain perolehan informasi atau pengetahuan digunakan untuk tujuan profesional atau komersial demi terciptanya tujuan bisnis. Riset usaha dapat dilakukan untuk apa saja, misalnya mengetahui alur keuangan guna meningkatkan penjualan, laba atau pangsa pasar. Research demikian sangat penting untuk membuat keputusan bijaksana dan akurat.

Contoh lain yakni perusahaan smartphone ingin meluncurkan model baru di pasar. Akan tetapi mereka kurang paham tren apa yang sedang diminati oleh masyarakat. Maka perusahaan melakukan penelitian dengan menggunakan berbagai metode guna mengumpulkan informasi. Dilanjutkan dengan evaluasi dan kesimpulan, sehingga memudahkan proses produksi dan langkah selanjutnya.

Di sisi lain riset juga dilakukan untuk menentukan apakah suatu usaha bisa berhasil di wilayah baru, memahami pesaing atau hanya sekadar memilih pendekatan pemasaran. Sadar akan pentingnya penelitian bisnis, layanan konsultan riset hadir untuk membantu mengumpulkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya dan memberikan analisis temuannya.

Salah satu komponen penelitian bisnis yaitu survei. Bila pada umumnya kegiatan ini dilakukan secara langsung face to face dan terjun ke lapangan, namun seiring dengan berkembangnya teknologi metode tersebut muncul dalam bentuk online. Survey and Research Center, merupakan wadah yang digunakan untuk mendapatkan informasi guna mendukung penelitian bisnis.

Dalam praktiknya, platform itu menyediakan beberapa pertanyaan atau penilaian lanjutan dengan kondisional dan manajemen kuota. Apakah hanya itu saja? Berikut yang Anda dapatkan bila menggunakannya!

Brand tracking

Sumber: udemy.com

Brand tracking adalah proses mengukur perubahan persepsi merek dari waktu ke waktu. Metode ini harus menggunakan data dan alat yang tepat. Misalnya saja untuk mengetahui minat konsumen, maka harus melalui suatu pendekatan serta penelitian secara sosial.

Survey and Research Center mengukur perkembangan merek dalam beberapa variabel kunci, seperti Ad Awareness, brand apa yang disukai oleh konsumen dan yang mereka gunakan. Langkah ini dinilai mudah dalam memantau hasil, sehingga perusahaan dapat mengetahui selera calon pelanggan beserta testimoni terhadap produk atau jasa.

Baca juga: Langkah Mudah Lakukan Riset Merek Dengan Brand Tracking

Survei pasar

Sumber: ness.com

Bisnis bertujuan untuk memuaskan masyarakat. Mereka adalah penentu dari keberhasilan usaha. Oleh sebab itu, produk atau jasa harus disesuaikan dengan selera kebanyakan orang. Langkah ini biasanya dilakukan saat proses perencanaan guna mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dewasa ini, survei pasar tidak hanya dilakukan secara langsung namun bisa melalui media sosial. Ada berbagai macam cara untuk mengetahui selera masyarakat melalui dunia maya, melalui komentar, jumlah follower pada akun bisnis, tingkah laku yang dinilai dari jumlah like dan dislike hingga pemantauan tagar.

Survei pasar oleh Survey and Research Center dilakukan secara terorganisir dengan mengumpulkan informasi tentang target market atau pelanggan. Hal ini merupakan komponen strategi bisnis yang sangat penting untuk pekembangan bisnis.

Survei uji iklan

Sumber: geospatialworld.net

Iklan merupakan bentuk promosi. Maka komponen ini dimasukkan ke dalam strategi marketing. Tanpa adanya pemasaran, produk atau jasa tidak akan dikenal dan tersalurkan kepada konsumen. Untuk itu, salah satu upaya perusahaan untuk mengirimkan hasil produksi ialah melalui advertisement.

Baca juga: Jarang Pasang Iklan di Media, Berikut Strategi Pemasaran Unik Starbucks

Berbeda dengan konsultan riset lainnya, Survey and Research Center lebih mengutamakan pengumpulan sistematis dan analisis informasi untuk membantu mengembangkan atau mengevaluasi strategi periklanan dan media kampanye. Metode ini memungkinkan jalannya pemasaran lebih teratur dan efektif, sehingga menjadikan produk atau jasa dikenal secara pasti.

Uji produk

Sumber: wellkeptwallet.com

Ketika produk atau jasa diluncurkan ke publik, maka akan dinilai. Setiap orang memiliki selera berbeda, namun jika produk memiliki kualitas baik, semua akan merasa puas.

Selain menunggu testimoni dari pelanggan, alangkah lebih baik bila perusahaan menguji terlebih dahulu dengan menilai apakah produk atau jasa itu sudah pantas dipasarkan. Survey and Research Center membantu mengukur properti atau kinerja produk atau jasa dalam beberapa standard teknik, sehingga kualitas ditinjau dari berabagi sudut pandang.

Kepuasan pelanggan

Sumber: Aircall.com

Menggunakan Survey and Research Center memungkinkan pelanggan menjawab pertanyaan tentang produk atau layanan yang mereka gunakan. Cara ini menyajikan informasi secara nyata, yang mana nanti digunakan untuk pengembangan selanjutnya. Anda juga akan mendapatkan wawasan guna meningkatkan bisnis, sehingga menjadikannya terdepan.

Dalam praktiknya, platform tersebut mengutamakan validasi responden. Apabila ada akun yang dianggap tidak valid, maka secara manual akan terblokir. Metode ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas survei agar hasil akurat. Dengan serentetan langkah penelitian mendetail, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam karena masih tergolong hemat. Meskipun bukan yang pertama, namun Survey and Research Center yang terbaik!

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals