Menikmati Keindahan Labuan Bajo


Spread the love
sumber : cdn.idntimes.com

“Jangan di rumah saja, Indonesia itu indah!” Anda pasti sudah tidak asling dengan kalimat tersebut. Nusantara memang menyimpan berbagai macam keindahan alam yang bahkan membuat wisatawan asing suka berkunjung ke Indonesia. Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang populer salah satunya adalah Labuan Bajo. Tempat ini telah dinobatkan sebagai tempat untuk snorkeling terbaik di dunia setelah Raja Ampat di Papua. Peringkat ini bahkan mengungguli Galapagos Amerika Serikat, menurut CNN Internasional. Tak hanya keindahan bawah lautnya, Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki pesona alam yang luar biasa dengan garis pantai yang menarik. Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman di tempat ini.

Labuan Bajo belakangan disebut juga sebagai Bali Baru. Baru beberapa waktu ini Labuan Bajo banyak dikunjungi oleh turis asing yang penasaran dengan keindahan alamnya. Apalagi pulau Bajo yang berada pada pulau terkecil di bagian barat Flores NTT ini berdekatan dengan Pulau Komodo, yang dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia.

Transportasi untuk berkunjung ke Labuan Bajo

sumber : traveloka.com

Labuan Bajo bisa disebut juag sebagai tempat wisata yang masih perawan sebab hampir belum ada pembangunan dari pihak setempat. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik utama dimana pesona alamnya yang masih alami. Untuk pergi ke Labuan Bajo, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk sampai di tujuan. Salah satunya dengan naik pesawat. Anda tak perlu khawatir sebab ada penerbangan yang beroperasi menuju ke Labuan Bajo, salah satunya Trans Nusa. Bekerjasa sama dengan Aviastar, Trans Nusa melakukan penerbangan dari Denpasar ke Bandara Komodo sebanyak dua kali, dengan lama perjalanan 1 jam.

Selain pesawat, Anda juga bisa menuju Labuan Bajo dengan menaiki Kapal Laut. Ada banyak sekali kapal yang mempunyai rute menuju Labuan Bajo yang bisa Anda pilih. Bahkan beberapa diantaranya juga memiliki harga yang terjangkau, beberapa juga memiliki paket yang mewah tinggal Anda pilih sesuai keinginan. Untuk kapal speed boat bisa menghubungkan Sape dan Labuan Bajo begitupun sebaliknya. Anda bisa naik speed boat di hari Selasa, Kamis atau Sabtu. Atau Anda juga bisa naik kapal Pelni dari Lombok atau Makassar yang beroperasi setiap dua minggu sekali. Jika Anda membawa mobil, Anda juga bisa menumpang feri yang dapat dinaiki mobil. Kapal ini beroperasi setiap minggu dari Labuan bajo ke Bira Sulawesi Selatan. Meninggalkan Bira pada hari Minggu, dan meninggalkan Bajo pada hari Selasa.

sumber : ruangrakyat.com

Ingin ke Labuan Bajo melewati daratan? Bisa juga. Detail perjalanan jika dari Bali (ubung) ke Sumbawa Besar menaiki bus dari surabaya atau Jakarta. Dari Sumbawa ke Bima naik bus Sumbawa-Sape. Untuk ke Sape, bus akan transit lebih dulu di Bima. Lalu Anda harus menumpang bus kecil untuk ke Sape. Kendaraan via Darat memang moda transportasi paling murah namun cukup lama dan membingungkan sebab ada banyak transit yang perlu dilakukan.

Jika ingin naik transportasi umum di Labuan Bajo, ada bemo dan juga taksi motor. Angkutan umum tradisional ini beroperasi hingga jam 21.00 WITA. Apabila Anda hendak berkunjung ke pulau terdekat seperti Rinca atau Taman, maka menaiki kapal motor lebih mudah sebab tersedia di pelabuhan. Jika Anda ingin naik mobil atau motor sendiri, bisa juga dengan menyewa dari bandara Labuan bajo.

Destinasi wisata Labuhan Bajo yang tak boleh dilewatkan

sumber :setkab.go.id

Lalu ada apa saja di Labuhan Bajo yang membuat banyak orang tertarik untuk singgah disana? Segala lelah Anda pasti akan terbayarkan begitu sampai di Labuhan Bajo. Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda datangi salah satunya Pulau Kelor. Pulau kecil yang memiliki bukit dengan bentuk kerucut ini paling dekat dengan Labuhan Bajo. Untuk menuju kesana Anda bisa tracking dimana jalannya tidak terlalu tinggi, namun cukup licin dan terjal sehingga perlu berhati-hati. Keminringannya sekitar 60 derajat. Namun jika Nada sudah sampai di puncak, kelelahan tersebut oasti akan terbayar dengan keindahhan yang begitu memikat. Pulau Kelor menghadap pada pulau menjaga yang penampakannya seperti tumpukan segitiga. Sangat cantik dilihat. Pulau Kelor merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan apabila Anda ingin menginap di pualu tersebut, Anda perlu menyiapkan tenda untuk berkemah. Anda bisa juga snorkeling di pulau ini, sebab keindahan bawah lautnya memang mempesona.

Selanjutnya ada pulau Rinca. Pulau ini memiliki ukuran lebih besar kedua setelah pulau Komodo pada gugusan Taman Nasioanl Komodo. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam spesies mulai dari Komodo dan juga Kadal Raksasa. Ribuan Komoso hidup bebas di pulau ini dan untuk menemukannya, Anda harus tracking lebih dulu. Terdapat tiga jarak tracking yaitu short, medium dan long. Short tracking mempunyai jarak 2 km, medium mempunyai jarak 4km sedangkan long tracking 7 km.

sumber : brilio.net

Pulau Knawa juga menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda datangi. Di pulau ini tersedia resor eksotis yag terbuat dari kayu-kayu serta menghadap pada lautan lepas berwarna biru jernih. Apalagi sekelilingnya terdapat gugusan pulau yang menambah keindahan alam. Pulau ini tentunya terbuka untuk pengunjung yang ingin berfoto, meskipun dikelola oleh orang asing. Hal yang paling terkenal dari pulau kanawa yaitu airnya yang sangat jernih layaknya cermin. Serta terdapat berbagai terumbu karang serta ikan yang terlihat meski di dasar laut. Untuk snorkeling, tentu saja pulau Kanawa bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tempat wisata alam di Labuhan Bajo selanjutnya ada pulau Bidadari. Melihat keindahan alamnya yang begitu indah dan mempesona, rasanya tak salah jika dinamai dengan pulau Bidadari apalagi jika Ada melihat dasar lautnya yang sangat cantik. Pulau Bidadari juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang kini menjadi spot favorit untuk para wisatawan yang ingin snorkeling. Dari labuhan bajo, pulau bidadai termasuk paling dekat yang bisa ditempuh hanya dalam 2 jam perjalanan. Apalagi jika Anda tak ingin jauh-jauh pergi ke pulau lain seperti pulau Kanawa.

Mau main-main lagi di pantai? Anda bisa mengunjungi pantai pink yang cantik. Untuk tempat berfoto tentunya pantai pink ini mampu menyuguhkan keindahan alam yang fantastis. Pasirnya terlihat pink dan air lautnya jernih. Tak hanya cocok untuk spot foto, tetapi juga menikmati snorkeling serta sun bathing.  Keunikan yang dimiliki pantai ini pasti membuat siapapun ingin segera mengunjunginya.

Nah itu tadi beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi apabila sedang berlibur di Pulau Labuhan Bajo. Keindahan Indonesia yang sungguh luar biasa sudah sepatutnya kita jaga, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga kebersihan dan keindahan alam wisatanya tidak hilang. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
2
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals