Menikmati Berbagai Spot Wisata Menarik di Nusa Penida Bali


Spread the love
sumber : bizevdeyokuz.com

Setelah menjalani satu minggu yang padat akan kerjaan, liburan di akhir pekan menjadi pilihan yang menyenangkan pastinya. Apalagi jika destinasi liburan Anda berlibur ke Bali. Bali memang surganya tempat wisata yang tak hanya disukai oleh turis lokal tetapi juga banyak turis asing. Mulai dari keindahan alamnya, budayanya, kulinernya hingga tempat belanja yang pasti membuat siapapun bisa kalap. Salah satu destinasi wisata di Bali yang wajib Anda kunjungi adalah Nusa Penida. Saat ini Nusa Penida menjadi salah satu wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan. Alasannya tentu karena keindahan alamnya yang begitu mempesona. Ada banyak spot wisata menarik yang bisa Anda jelajahi bersama keluarga maupun kawan-kawan.

Nusa Penida terletak  di Bali bagian Tenggara. Diantara pulau Nusa Penida dan pulau Bali terdapat lautan yang dinamai Selat Badung. Ada juga pulau kecil yang dekat dengan Nusa Penida yaitu pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Ketiganya masuk di pemerintahan Klungkung Bali. Jika Anda hendak pergi berlibur menuju pulau Nusa Penida, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menaiki helikopter atau menyebrang lautan dengan transportasi laut. Pastinya transportasi laut seperti fast boar, speed boat dan kapal feri banyak dipilih oleh wisatawan sebab menyeberangi perairan Selat Badung yang mempesona.

sumber : getyourguide.com

Di pulau Nusa Penida, ada empat pelabuhan dimana setiap perusahaan fast boat akan berlabuh pada dermaga yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda perlu mengetahui loksi dermaga dari kapal yang Anda naiki. Dermaga tersebut yaitu dermaga Seblanga banjar nyuh, pelabuhan Toya Pakeh, dermaga banjar nyuh dan dermaga sampalan. Salah satu lokasi penyeberagan dari Bali ke Nusa Penida yang banyak dipilih wisatawan yaitu dari pantai Sanur Bali.

Pertama Anda perlu menemukan lebih dulu pelabuhan Sanur yang berada di Jalan Sanur Beach Street Walk, Sanur, Denpasar Bali. Harga tiket penyeberangan wisatawan domestik dari pelabuhan Sanur menuju pulau Nusa Penida yaitu berkisar Rp 100.000 sampai Rp 125.000/ orang dewasa. Sedangkan rata-rata harga Rp 85.000 untuk anak-anak.  Sedangkan wisatawan asing lebih mahal lagi yaitu sekitar Rp 150.000/orang dewasa dan Rp 125.000/anak. Biaya ini belum termasuk biaya lainnya. Untuk perjalanannya, berangkat dari pelabuhan Sanur hingga sampai di Pulau Nusa Penida membutuhkan waktu normal 40 menit.

Destinasi menarik di pulau Nusa Penida

sumber : rtwbackpackers.com

Lalu ada apa sajakah di Pulau Nusa Penida hingga membuat banyak orang tertarik? Ada bayak destinasi menarik di tempat wisata satu ini yang terbagi menjadi tiga kategori wilayah yaitu di Selatan, Barat dan Timur. Salah satunya adalah pantai Paih Uug atau disebut juga sebagai Broken Beach. Lokasi pantai Paih Uug berada di desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Pantai dengan keindahan alam yang luar biasa ini tak heran jika menjadi spot favorit para wisatawan.Disini Anda akan bisa menemukan tebing melingkar dengan menjorok ke arah laut apabila dilihat dari atas. Spot foto yang banyak disukai yaitu latar tebing yang patah menyerupai terowongan dan terlihat serasi dengan lautan yang biru. Tak hanya itu, bila beruntung di waktu pagi atau siang hari tak jarang Anda bisa melihat ikan pari atau lumba-lumba berenang di lautan ini.

sumber : s29081.pcdn.co

Dari broken beach, kemudian lanjut ke Angel’s Billabong. Angels Billabong merupakan muara sungai yang kemudian berakhir di lautan. Terdapat himpitan karang yang kemudian membentuk kolam panjang di ujung muara. Jika Anda hendak kesana, perlu melewati tebing batu yang tajam dan terjal sehingga perlu berhati-hati. Tapi semua lelah pastinya akan terbayar setelah Anda bisa melewati medan jalan dan sampai di tempat tersebut. Laut berwarna biru kehijauan yang jernih dan berkilau terhampar indah menyambut kedatangan Anda. Anda juga bisa berenang di muara tersebut, namun pastikan menunggu air surut sebab ombaknya cukup bahaya ketika pasang. Lokasi Angels Billabong ini berada di Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung Bali.

Pantai lainnya yang tak kalah menarik sebagai destinasi wisata adalah Pantai Kelingking. Para isatawan asling juga menyebutnya sebagai T-Rex Beach sebab bentuk tebingnya yang menyerupai dinosaurus karena menjorok ke laut. Jika Anda berniat pergi kesana, tentunya Anda perlu berhati-hati sebab medannya yang ekstrim. Maka pastikan ketahanan fisik Anda sedang prima untuk menuruni tebing yang cukup terjal dan tajam. Di pantai kelingking, Anda akan menukan pasirnya yang putih dengan air laut jernih berkilau seperti kristal. Tak hanya itu saja, keindahan bawah laut dari pantai Kelingking juga sangat mempesona, jadi banyak dimanfaatkan untuk diving atau snorkeling.

Spot Wisata yang Tidak boleh terlewatkan

sumber : wandernesia.com

Di Nusa Penida, memang ada banyak sekali spot pantai yang tidak boleh Anda lewatkan. Toyapakeh adalah salah satunya. Toyopakeh dikenal sebagai spot menyelam terbaik yang ada di pulau Nusa Penida. Dimulai dari kedalaman laut 6 meter, Anda akan menemukan kumpulan karang keras maupun lunak beserta gerombolan ikan yang memikat. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda temukan disini seperti trevally, jack fish, belut moray, scorpionfish, porcupine, banner fish dan masih banyak lagi. Toyopakeh ini terletak di Kampung Toyapakeh, Nusa Penida, Klung kung Bali. Dari padangbai hanya berjarak 20 meter yang bisa Nada tempuh dengan menaiki speed boat.

Lanjut pantai lainnya ada Mata air Seganing  yang bisa Anda tempu dari pelabuhan Toyapakeh. Lokas Mata air seganing berada dii kawasan Sebuluh , desa cacah. Untuk menuju kesana Anda perlu melewati medan jalan berbatu terjal dan licin dalam waktu 30 menit. Namun pastinya lelah akan terbayar setelah sampai di lokasi yang begitu mempesona. Ada banyak ceruk berupa kolam yang bisa Anda teukan dengan air yang mengalir jernih dari tebing menuju ke laut.  Sangat menyenangkan pastinya bermain air di pantai Mata Air Seganing. Apalagi sembari menikmati birunya laut dan menunggu matahari terbenam dari pinggir pantai.

Bosan bermain di pantai, maka Anda bisa berkunjung ke Goa Giri Putri. Lokasinya berada di Desa Suana Kabupaten Klungkung, Nusa Penida. Goa Giri Putri memiliki pura yang biasanya digunakan mayarakat sekitar untuk beribadah. Goa ini memiliki panjang 262 meter dan diisi oleh kumpulan kelelawar yang hinggap pada stalagtit  dan stalagmit. Dalam goa juga terdapat aliran air yang banyak dianggap oleh warga sekitar sebagai air suci. Kemudian, pada Goa Giri Putri ini, juga memiliki empat tempat persembahan yaitu pada bagian depan goa, sedangkan lainnya berada di dalam goa putri. Nah, itu tadi beberapa destinasi wisata di pulau Nusa Penida Bali yang wajib Anda kunjungi. Bali tentu saja tak melulu pantai Kuta, sebab ada banyak sekali lokasi wisata yang patut Anda kunjungi untuk menikmati keindahan Bali. Selamat berlibur.

 

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals