Mengelola Bisnis Retail untuk Pengusaha Muda


0
Spread the love
sumber : okezone.com

Anda sedang mencari ide bisnis yang bagus? Bisnis retail bisa menjadi salah satu opsi bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Banyak orang mengira jika memulai bisnis retail sangat mudah dilakukan dan memiliki tingkat kerugian yang kecil. Padahal tak sedikit pengusaha di bisnis retail yang mengalami gulung tikar. Lalu bagaimana cara membangun bisnis retail agar sukses?

Poin penting yang perlu Anda ingat adalah mengenai pengelolan stok barang. Jika masih permulaan, Anda tentu tidak kesulitan dalam mengelola stok barang sebab jumlah yang masih sedikit. Bahkan dapat dikerjakan secara manual. Tetapi bagaimana jika stok barang yang Anda miliki mulai banyak ketika bisnis mulai berkembang. Anda tentunya perlu memikirkan bagaimana cara mengelola stok barang dengan tepat.Lalu apa manfaat pengelolaan stok barang untuk pebisnis retail? Anda jadi bisa mengetahui mana barang yang telah habis dan mana barang yang banyak diminati oleh konsumen.

Tips mengelola bisnis retail

sumber : cpssoft.com

Banyak pebisnis retail pemula yang tidak berfikir untuk memberikan kode pada tiap barang yang dijual. Jika barang masih sedikit, Anda mungkin masih hafal mengenai barang tersebut. Namun seiring berjalannya waktu dengan variasi barang yang semakin banyak, memberi kode pada barang yang dijual sangat penting untuk dilakukan. Fungsinya tentu saja memudahkan Anda dalam mencari stok barang, sehingga lebih ceat dan tepat saat ada banyak pesanan.

Selanjutnya mengenai penyimpanan stok barang. Ada baiknya jika disimpan dalam gudang tersendiri. Dalam sebuah bisnis retail tentunya gudang menjadi salah satu elemen penting yang harus dimiliki. Anda jadi bisa mengorganisir stok barang dengan baik, sehingga tak pusing berlama-lama mencari barang yang dipesan konsumen.

sumber : interactive.co.id

Hal penting selanjutnya mengenai catatan transaksi penjualan. Dalam bisnis, mencatat transaksi penjualan merupakan hal yang penting untuk mengetahui jumlah hasil penjualan barang telah sesuai dengan stok barang yang habis. Adanya catatan transaksi ini memudahkan Anda untuk menganalisa untung rugi, atau hal apa yang terjadi dalam bisnis retail tersebut.

Jangan lupa melakukan pengecekan pada barang masuk. Hal ini berguna untuk mencegah kerancuan stok barang yang Anda punya. Selain itu, melakukan cek barang masuk juga berguna mencegah kerusakan barang saat Anda melakukan pembelian, sehingga Anda tidak kecolongan atau mengalami rugi dalam penerimaan barang.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis retail

sumber : kumpar.com

Selain tips diatas, terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan saat Anda mengelola bisnis retail. Salah satunya mengenali konsumen dengan baik. Banyak pengusaha di bisnis retail yang kurang memahami mengenai keinginan pelanggan, sehingga para pengusaha tersebut menjual barang yang tidak sesuai selera konsumen. Bahkan banyak pebisnis retail yang menjual produk tidak sesuai target pasar. Maka dari tu penting untuk Anda menjual produk dengan memperhatikan beberapa poin mulai dari lokasi konsumen, bagaimana karakteristik pelanggan dan lainya.

sumber : www.hestanto.web.id

Kemudian pilihlah lokasi bisnis yang strategis. Pemilihan lokasi bisnis retail emmang penting untuk diperhatikan, agar bisnis Anda cepat berkembang. Memang bukan hal yang mudah dalam mencari lokasi yang tepat. Anda membutuhkan riset lebih dahulu untuk menentukannya. Apabila masih ragu dalam memilih lokasi, Anda bisa memulainya dengan menjual produk secara online. Jangan lupa untuk melakuakn promosi yang bagus. Strategi promosi yang tepat dan kreatif akan menarik minat banyak konsumen. Bahkan berpotensi untuk menjadi pelanggan yang akan terus membeli produk Anda dalam jangka panjang.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals