Memahami Allah Maha Pemberi Rezki dan Etika Bisnis Rasullullah

Menjalani bisnis memang banyak lika likunya, mulai dari sumber daya manusia, pemasaran, keuangan dan kondisi lainnya. Memang banyak sekali yang harus kita jaga ketika berbisnis terutama etika dalam berbisnis,

Orang itu yang dipegang pertama kali adalah omongannya.
Sekali dia tidak konsisten, berubah-ubah, mencla-mencle, mending coret cari yang lain. Repot, omongan saja banyak versi, jika kita tetap percaya, terlalu besar resikonya untuk makan hati di masa depan.

Memilih pasangan, sahabat, apalagi memilih pemimpin, perhatikan omongannya. Jika dia bahkan tega mengkhianati teman sendiri demi memuluskan ambisinya, jangan dipilih. Ya begitulah bisnis kita harus memilih partner bisnis yang track recordnya baik, jangan asal pilih saja supaya kedepannya tidak mendatangkan masalah. Lebih baik pahit didepan dari pada manis di depan nanti di belakang masalah.

Etika bisnis wajib dimiliki oleh pebisnis unggul dan yang mau sukses dalam usahanya bukan hanya sukses namun berkah dunia akhirat. Anda bisa menerapkan 10 etika bisnis berikut :

1. Jujur dan tidak berbohong

2. Bersikap dewasa dan tidak kekanak-kanakan

3. Apa adanya dalam cara berkomunikasi bukan ABS asal bos senang.

4. Menggunakan panggilan atau sebutan nama orang dengan baik.

5.  Menggunakan pesan bahasa efektif dan efisien

6. Tidak mudah emosi atau emosional

7. Berinisiatif sebagai pebisnis pembuka dialog

8. Berbahasa yang baik, ramah, dan sopan

9. Menggunakan pakaian yang pantas dan menyesuaikan keadaan

10. Bertingkah laku yang baik.

sumber : http://www.koran-jakarta.com/

Karena dalam perjalanan kita pastilah orang melihat latar belakang kita dan seperti apa kita. Pastilah orang mulai menilai kita dari kejujuran. Dalam perjalanan bisnis saya secara pribadi banyak beberapa orang yang tidak sejalan dalam berbisnis, namun bagi saya itu hanya perjalanan saja. Saya percaya ketika kita berbuat baik maka Allah akan menemukan dengan orang baik juga.

Baca Juga  Ide Bisnis Kreatif yang Mampu Hasilkan Omzet Berlipat Ganda

Tentu itu akhlak yang paling utama dalam berbisnis, merasa selalu di awasai Allah dimanapun berada. Jika kita melibatkan Allah dalam setiap aktifitas bisnis kita maka Allah akan menuntun dan melindungi jalan kita dari hal hal yang tidak baik. Namun banyak sekali terkadang kita tidak yakin akan hakikat rezki itu sendiri. Bahwa yang memberikan rezki itu partner bisnisnya, kliennya, investornya ! itu pemikiran yang salah yang memberi rezki y Cuma Allah SWT.  Jadi percayalah rezki juga tidak akan tertukar, Allah maha jadi jangan khawatir.

800×480 popular mobile wallpapers free download

Piutang bisnis yang tidak tertagih ? ahh santai saja itu berarti belum rezki kamu, rileks lah yang pasti masalah hutang piutang Allah lebih paham, Berserahdiri saja.. Dalam bisnis memang kita harus penuh ukuran dan analisis agar tidak meleset, sudah di ukur saja masih meleset gimana kalau tidak di ukur ?

Contohlah sifat rasullullah dalam mengelola bisnisnya

Empat Sifat Nabi Dalam Mengelolah Bisnis
  • Shiddik (benar dan jujur)
  • Amanah (terpercaya, kredibel)
  • Fathanah (cerdas)
  • Thabligh (komunikatif)

nah itu semua kita harus belajar untuk memenuhinya.. dalam bisnis kita tidak bisa membedekan antara teman dan karyawan semua harus di perlakukan sama sesuai dengan yang lainnya secara benar dan jujur. Jangan lupa selalu amanah kalau kita tidak amanah ini akan sulit jangka panjang.

Begitulah tips dari grapadi tentang tata cara mengelola bisnis dengan baik. Pahami lah Allah maka semua menjadi mudah karena Allah maha pemberi rezki.

 

Katakanlah: “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan dari bumi?” Katakanlah: “Allah.” (QS. Saba’: 24)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This