Market Targeting Pada Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Advertisements

jasa pembuatan studi kelayakan bisnis

Aspek pemasaran pada jasa pembuatan studi kelayakan bisnis sebenarnya cukup kompleks. Pada aspek ini saja terdapat segmentasi pasar serta market targeting yang harus dianalisa dengan baik. Target pasar ini tidak dapat dipisahkan pada feasibility study karena perannya sangat besar dalam penentuan layak atau tidaknya rencana bisnis.

Pada pakar jasa studi kelayakan bisnis tentu tidak asing dengan market targeting. Namun, bagaimana dengan masyarakat awam? Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi terkait target pasar pada studi kelayakan bisnis tersebut.

Market Targeting: Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Target pemasaran merupakan langkah penting setelah Anda melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar digunakan untuk memetakan konsumen berdasarkan kriteria tertentu. Fungsinya untuk mengelompokkan customer sehingga Anda bisa menggunakan teknik pemasaran yang tepat pada kelompok-kelopom tertentu.

Tetapi, melakukan segmentasi saja tidak cukup. Karenanya, Anda harus melakukan target pasar yang sesuai sehingga kegiatan bisnis menjadi lebih terperinci. Market targeting dilakukan dengan dua tahapan, yaitu:

1. Evaluasi Segmen Pasar

Sebelumnya Anda telah melakukan segmentasi pasar yang baik, terperinci dan dipastikan datanya akurat. Kemudian, dari setiap segmentasi yang ada Anda lihat bagaimana data penjualannya, proyeksi pertumbuhan serta margin laba dari setiap segmen tersebut.

Selain sisi tersebut, Anda juga bisa melihat profitabilitas dari setiap segmen. Jadi, Anda harus memperhatikan pada segmen mana yang lebih menguntungkan apakah usia, jenis kelamin, budaya dan lainnya.

Setelah menilai segmen dari berbagai hal di atas, Anda juga harus melihat bagaimana resource dan sasaran perusahaan pada masing-masing segmen.

2. Memilih Segmen Pasar Terbaik

Setelah melakukan evaluasi segmentasi pasar, maka sekarang Anda harus memilih segmen yang paling sesuai dan nilainya tertinggi bagi perusahaan. Karena nantinya perusahaan bisa melakukan perlakuan yang berbeda. Oleh karena itu, terdapat 3 jenis pemasaran yang bisa dipilih oleh perusahaan dari segmentasi tersebut, yaitu:

Baca Juga  Faktor Penting Untuk Memakai Jasa Konsultan Bisnis

1. Serbasama. Nantinya perusahaan akan memberikan jenis pelayanan yang sama pada setiap segmentasi pasar tanpa adanya perbedaan. Jenis pelayanan ini bisa dilakukan untuk semua jenis segmentasi sehingga Anda bisa menerima banyak customer. Tetapi, kegiatan perusahaan bisa menjadi tidak fokus karena satu dan lain hal.

2. Serba aneka. Jenis pelayanan ini sudah lebih terperinci karena pelayanan yang ada pada semua pasar berbeda-beda bergantung pada segmentasinya. Tetapi, pelayanan yang berbeda bisa dibentuk berdasarkan pendapatan, tujuan yang ada dan lainnya.

3. Terpadu. Jenis pelayanan ini biasanya diperuntukkan untuk sumber daya manusia yang terbatas atau khusus kepada konsumen yang memiliki kebutuhan khusus. Contohnya saja alat berat untuk pertambangan besar dan lainnya, dan hal ini hanya diperuntukkan kepada orang tertentu saja.

Market targeting yang dikaji jasa pembuatan studi kelayakan bisnis tentu tidak terbatas pada dua hal di atas. Tetapi, informasi di atas merupakan dasar utama dalam penentuan kelayakan bisnis pada aspek pemasaran.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This