Market Research atau riset pasar adalah kegiatan menganalisis pasar untuk mengetahui apakah konsumen yang menjadi target pasar dapat tertarik dengan produk maupun strategi perusahaan. Dengan melakukan analisis dari berbagai aspek maka kegiatan ini akan berjalan.
Analisis riset pasar adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Seorang ahli yang dapat melakukan kegiatan ini adalah market researcher atau Jasa Market Research.
Profesi ini memiliki tugas-tugas penting yang harus dilakukan dalam kegiatan analisis riset pasar. Berikut tugas dari jasa market research :
1. Menyiapkan budgeting untuk riset pasar
Sebelum melakukan sebuah riset pasar, perusahaan perlu menyiapkan budgeting atau biaya untuk menjalankan bisnisnya. Dalam penyiapan budgeting ini jasa riset pasar akan membantu untuk mementukan dan menghitung berapa besar biaya yang dibutuhkan.
2. Menjalankan analisis data terkait produk dan pemasaran
Untuk melakukan analisis data baik secara kualitatif maupun kuantitatif adalah tugas jasa riset pasar. Analisis data ini akan menggunakan rumusan masalah terkait produk yang akan dijual serta bagaimana cara untuk memasarkan produk tersebut.
3. Menentukan target pasar perusahaan
Tugas selanjutnya adalah menentukan siapa target pasar perusahaan tersebut. Target pasar ini lah yang nantinya akan menjadi konsumen utama bagi produk yang dijual oleh perusahaan. Maka tujuan dari penjualan produk adalah juga untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan target pasar.
Baca Juga : Manfaat Pelatihan Studi Kelayakan Bisnis
4. Menentukan strategi pemasaran perusahaan
Sebelumnya sudah dilakukan analisis data terkait pemasaran produk. Setelah dilakukan sebuah analisis maka riset pasar akan mudah untuk menentukan strategi pemasaran mana yang akan digunakan oleh perusahaan.
5. Membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan
Dalam setiap analisis pastilah akan ada banyak pilihan yang harus ditentukan. Mulai dari produk apa yang akan dijual, siapa yang menjdi target pasar, serta bagaimana menjual produk tersebut. Maka tugas Jasa Market Riset adalah untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan.
6. Memberikan laporan hasil penelitian
Setelah analisis dilakukan maka tugas jasa riset pasar adalah untuk memberikan dan menyajikan laporan hasil penelitian tersebut. Laporan ini akan sangat berguna untuk menentukan proses pelaksanaan dalam perusahaan.
7. Berkontribusi dalam menyusun rencana perusahaan
Setelah menyajikan laporan hasil penelitian tugas jasa riset pasar tidak hanya sampai disini. Kamu perlu berkontribusi dalam menyusun rencana-rencana perusahaan yang telah tertuang dalam sebuah analisis data dalam bentuk laporan hasil riset pasar.
Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh Jasa Market Research untuk melakukan riset pasar pada perusahaan. Pastikan kamu sudah memiliki bekal wawasan dan cukup pengalaman apabila akan mengambil profesi tersebut.