MenyalinHarap perbaharu

Market Research : Tugas Jasa Market Research

Market Research atau riset pasar adalah kegiatan menganalisis pasar untuk mengetahui apakah konsumen yang menjadi target pasar dapat tertarik dengan produk maupun strategi perusahaan. Dengan melakukan analisis dari berbagai aspek maka kegiatan ini akan berjalan.

Analisis riset pasar adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Seorang ahli yang dapat melakukan kegiatan ini adalah market researcher atau Jasa Market Research.

Profesi ini memiliki tugas-tugas penting yang harus dilakukan dalam kegiatan analisis riset pasar. Berikut tugas dari jasa market research :

 

1. Menyiapkan budgeting untuk riset pasar

Sebelum melakukan sebuah riset pasar, perusahaan perlu menyiapkan budgeting atau biaya untuk menjalankan bisnisnya. Dalam penyiapan budgeting ini jasa riset pasar akan membantu untuk mementukan dan menghitung berapa besar biaya yang dibutuhkan.

 

2.  Menjalankan analisis data terkait produk dan pemasaran

Untuk melakukan analisis data baik secara kualitatif maupun kuantitatif adalah tugas jasa riset pasar. Analisis data ini akan menggunakan rumusan masalah terkait produk yang akan dijual serta bagaimana cara untuk memasarkan produk tersebut.

 

3. Menentukan target pasar perusahaan

Tugas selanjutnya adalah menentukan siapa target pasar perusahaan tersebut. Target pasar ini lah yang nantinya akan menjadi konsumen utama bagi produk yang dijual oleh perusahaan. Maka tujuan dari penjualan produk adalah juga untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan target pasar.

 

Baca Juga : Manfaat Pelatihan Studi Kelayakan Bisnis

4. Menentukan strategi pemasaran perusahaan

Sebelumnya sudah dilakukan analisis data terkait pemasaran produk. Setelah dilakukan sebuah analisis maka riset pasar akan mudah untuk menentukan strategi pemasaran mana yang akan digunakan oleh perusahaan.

 

5. Membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan

Dalam setiap analisis pastilah akan ada banyak pilihan yang harus ditentukan. Mulai dari produk apa yang akan dijual, siapa yang menjdi target pasar, serta bagaimana menjual produk tersebut. Maka tugas Jasa Market Riset adalah untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan.

Baca Juga  Wujudkan Strategi Marketing Efektif Dengan 3 Langkah Membuat Bahasa Iklan Menarik

 

6. Memberikan laporan hasil penelitian

Setelah analisis dilakukan maka tugas jasa riset pasar adalah untuk memberikan dan menyajikan laporan hasil penelitian tersebut. Laporan ini akan sangat berguna untuk menentukan proses pelaksanaan dalam perusahaan.

 

7. Berkontribusi dalam menyusun rencana perusahaan

Setelah menyajikan laporan hasil penelitian tugas jasa riset pasar tidak hanya sampai disini. Kamu perlu berkontribusi dalam menyusun rencana-rencana perusahaan yang telah tertuang dalam sebuah analisis data dalam bentuk laporan hasil riset pasar.

 

Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh Jasa Market Research untuk melakukan riset pasar pada perusahaan. Pastikan kamu sudah memiliki bekal wawasan dan cukup pengalaman apabila akan mengambil profesi tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This