Lika-Liku Memulai Bisnis Kafe dan Resto


0
Spread the love
sumber : arsitag.com

Bisnis kafe dan resto kini semakin menjamur. Tak sebatas di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bali atau Surabaya saja tetapi juga di berbagai seluruh Indonesia. Makanan memang merupakan kebutuhan primer manusia yang dapat menawarkan celah bisnis yang menggiurkan. Dengan modal kecilpun, Anda bisa memulai bisnis kuliner seperti misalnya jualan nasi goreng dengan gerobak keliling. Namun tentu saja bisnis kuliner sangat beragam jenisnya.

sumber : magnetpro.my.id

Semakin tinggi daya beli masyarakat, maka makanan yang ingin dinikmati juga semakin beragam. Ada yang suka menikmati makanan sehat seperti salad atau bahkan menu vegetarian. Ada juga yang suka nongkrong sembari bercengkerama di kafe atau resto. Apalagi setiap kafe dan resto tentu memiliki konsep yang berbeda-beda sehingga tak heran memiliki peminatnya masing-masing. Di kafe dan resto selain menyajikan berbagai macam menu makanan maupun minuman menarik juga tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama kerabat.

Hal yang perlu dipersiapkan saat ingin membuka kafe dan resto

sumber : hellobill.id

Apa saja yang perlu Anda siapkan untuk membuka sebuah bisnis kuliner kafa dan resto? Tentu hal pertama yaitu melakukan riset. Anda harus benar-benar yakin jika usaha yang hendak Anda jalankan mampu menghasilkan untung berlipat ganda serta mampu berkembang dengan baik. Cari sebanyak mungkin informasi mengenai bisnis yang hendak Anda lakukan. Mulai dari jenis usaha kuliner seperti apa, jenis makanan spesialisasi apa dan sebagainya.

sumber : solusiaccurate.com

Setelah itu jangan lupa untuk menentukan berapa banyak modal yang Anda butuhkan, kemudian siapa saja kompetitor bisnis tersebut. Jangan lupa untuk membuat analisa SWOT agar dapat menhetahui kelebihan, kekurangan, tantangan serta ancaman yang kira-kira berpengaruh pada bisnis Anda. Selanjutnya tentukan lokasi usaha yang strategis dan dekat keramaian. Anda tak harus memilih lokasi yang populer dengan biasa sewa mahal. Di dekat sekolah, mall atau tempat wisata bisa jadi pilihan yang bagus.

Memiliki ciri khas dalam bisnis

sumber : investasiuntung.com

Sudah memiliki ide bisnis yang oke serta analisa SWOT sudah dibuat dengan detail dan baik. Selanjutnya pikirkan mengenai menu spesial yang bisa jadi andalan kafe dan resto Anda. Sehingga akan terlihat berbeda dengan kafe yang lainya. Untuk itu, Anda harus memikirkan ciri khusus yang tidak dimiliki kompetitor lainnya. Jaga kualitas makanan agar tetap nomor satu tidak hanya soal rasa tetapi juga kebersihan, standar penyimpanan dan yang lainnya.

Setelah memiliki ciri khas yang bagus, selanjutnya lakukanlah promosi. Tentu saja dalam setiap bisnis dibutuhkan promosi agar pelanggan tau Anda berjualan makanan yang enak. Anda dapat melakukan promos dengan berbagai macam media mulai dari yang gratis hingga berbayar. Misalnya melalui instagram, facebook, whatsapp dan sebagainya.

Bahkan kini tak jarang banyak kafe dan resto mengundang food blogger atau food vlogger untuk mencicipi makanan mereka dengan memberi sample secara cuma-Cuma. Apabila enak, tentu saja akan ada banyak orang tertarik untuk membeli kuliner Anda juga. Setelah promosi, hal selanjutnya pikirkan juga mengenai manajemen keuangan yang baik. Bisnis yang baik harus memiliki sitem keuangan yang dikelola secara bagus mulai dari modal, bagaimana pemasukan dan pengeluaran ataupun hal lainnya. Pastikan Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Jika belum bisa, Anda bisa belajar lebih dulu dari buku, website maupun youtube secara gratis. Jadi sudah mau memulai usaha kuliner kafe dan resto di kota Anda?

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals