Lelang Online, Terobosan Baru Mudahkan Penawar Dari Segala Penjuru


0
Spread the love
Sumber: SatukanIndonesia.com

Grapadinews.co.id – Apakah Anda tertarik ikut lelang? Proses membeli dan menjual batang atau jasa dengan menawarkan harga tertinggi ini masih diminati oleh masyarakat hingga kini. Dalam praktiknya, kegiatan tersebut menawarkan kepada penawar dengan harga minimum terlebih dahulu, lantas lama kelamaan penawar lainnya saling berlomba-lomba menawar dengan harga tinggi.

Dalam ilmu ekonomi, lelang memiliki batas waktu, harga minimum dan maksimum serta peraturan khusus untuk menentukan siapa penaar yang menang. Sementara itu para peserta lelang biasanya juga tidak saling mengetahui identitas masing-masing. Seperti dilansir dari Wikipedia, mengacu pada teori ekonomi, lelang memiliki beberapa mekanisme atau peraturan perdagangan dari pasar modal.

Sebelum internet mengekspansi, lelang dilakukan secara langsung dengan melibatkan penjual dan para penawar. Namun lambat laun kegiatan ini telah berkembang, bahkan bisa dilakukan melalui telepon hingga online saja.

Perkembangan teknologi memungkinkan siapa saja untuk mengikuti lelang. Bahkan mereka yang tinggal jauh pun tetap bisa menawar. Lelang online menjadi tren baru yang menarik minat. Selain tak perlu jauh-jauh datang ke lokasi, Anda bahkan bisa memantau berapa saja harga-harga yang ditawarkan oleh para penawar.

Antusiasme kaum milenial

Sumber: TribunJualBeli.com

Generasi milenial erat kaitannya dengan teknologi. Setiap aspek kehidupan mereka dipengaruhi oleh digital, sehingga semua kegiatan bisa dilakukan secara instan. Termasuk yang baru-baru muncul yakni lelang online.

Adanya pelelangan secara online membuat minat generasi milenial semakin meningkat. Mereka dapat melakukan penawaran kapan dan di mana saja hanya dengan melalui layar gadget. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melelang atau menawar suatu barang atau jasa, tanpa harus datang ke lokasi.

Keuntungan lelang online

Sumber: www.oto.com

Awalnya lelang online diadakan oleh pemerintah sebagai bentuk memudahkan rakyat. Namun, tidak mau kalah badan usaha swasta juga membuat balai lelang online. Doxa Manurung, selaku Ketua Umum Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali) mengatakan bahwa lelang online banyak memberikan keuntungan kepada penjual dan pembeli.

Dalam diskusi di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, ia mengatakan bila kegiatan ini akan mempermudah seller dalam mendapatkan informasi baik dari mulai jadwal dan lokasi lelang. Di samping itu, mereka juga bisa menjual asetnya dengan harga jual terbaik.

Mengingat lelang online melibatkan banyak orang dari segala penjuru dan mereka pasti selalu update, sehingga memungkinkan barang yang dijual akan diperebutkan oleh calon pembeli. Kemudian keuntungan yang didapat oleh buyer yaitu bisa mengetahui jadwal, lokasi serta katalog barang yang akan dilelang. Mereka juga tidak harus datang ke lokasi, sebab bisa dilakukan di mana saja.

Kondisi barang lelang

Sumber: dailysocial.id

Terkadang salah satu hal yang membuat seseorang enggan ikut lelang adalah kondisi barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Padahal mereka sudah membayar tinggi untuk itu.

Apalagi dalam lelang online, penawar tentu tidak bisa mengetahui secara langsung bagaimana keadaan barang sehingga mereka kadang diliputi rasa khawatir. Tapi tenang saja, sebelum melemparkannya kepada penawar, balai lelang sudah memeriksa serta mengecek barang tersebut secara langsung.

Seperti halnya yang dilakukan oleh LBID, salah satu balai lelang yang memberikan informasi terkait barang lelang pada laman web, disertai dengan label grade di foto mobil. Mereka akan memastikan bila semua kondisi barang akan baik-baik saja dan sesuai dengan harga yang ditawar oleh penawar.

Lelang online menjadi suatu terobosan baru di dunia perlelangan. Penawar bisa melakukan penawaran kapan dan di mana saja, sehingga tidak perlu lagi datang ke lokasi. Di samping itu kondisi barang yang dicek terlebih dahulu dipastikan tidak mengecewakan penawar. Tertarik untuk mencoba?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals