Langkah Pasti Kembangkan Produk Hingga ke Pasar Global


0
Spread the love
Sumber: smallbizdaily.com

Grapadinews.co.id – Di tengah kemajuan teknologi, perusahaan dituntut untuk bisa bersaing secara global. Maka tidak hanya memperbaiki kualitas produk, juga memperbaiki sistem dalam perusahaan mulai dari SDM, teknik, hingga pengelolaan finansial. Namun demikian menjangkau customer hingga ke seantero dunia memerlukan perspektif luas.

Sebenarnya, orang-orang di seluruh dunia memiliki banyak kesamaan. Mereka hidup, bernapas, makan, bekerja, bermain, berkomunitas dan lain sebagainya. Akan tetapi variasi yang ada terasa sangat membingungkan, seperti halnya perbedaan budaya, bahasa, hingga kebiasaan dalam adat istiadat yang juga turut mempengaruhi selera, sehingga perlu banyak pertimbangan.

Perusahaan yang berpotensi melintasi batas memiliki tugas branding yang rumit. Dari hasil survey, 75% responden global lebih suka dengan produk dari negaranya masing-masing daripada brand luar negeri, meskipun telah masuk jajaran top brand. Maka dari itu, bagaimana caranya menembus pasar lebih luas dan apa saja yang harus ditempuh?

Pintu masuk global lebih mudah

Sumber: knowledge.ckgsb.edu.cn

Jika ingin membuat merek global, penting diingat bahwa tidak harus mencoba menjangkau seluruh negara, tetapi hanya pasar tertentu dalam setiap konteks. Pertama bahasa jelas merupakan elemen penting ketika memutuskan untuk bekerja secara internasional. Berhati-hati dalam bertutur kata agar tidak terjadi kesalahpahaman, sebab setiap daerah dan pasar memiliki istilah dan tata bahasa masing-masing.

Selain itu, pentig juga untuk memperhatikan perilaku budaya. Dilansir dari business.com, seorang arsitek di WeWork pernah berpengalaman dalam pengembangan merek di Amsterdam. Anggota tim mendesain dapur tempat kerja seperti yang mereka lakukan di Amerika, yakni meja kecil terpisah. Namun saat makan siang, para karyawan di Negeri Kincir Angin tersebut justru menyatukan meja karena di sana orang-orang suka duduk bersama dalam kelompok besar. Desain perlu disesuaikan dengan norma culture.

Jadi sebelum melakukan lompatan global diharuskan menilai dengan cermat merek apa yang cocok untuk pasar. Setelah itu, gabungkan perspektif dalam tim untuk membangun brand yang kreatif.

Membangun tim kreatif dan berpikir global

Sumber: digitalarts.com

Membentuk satu tim tidak langsung dilakukan secara serempak, terlebih mengubah mindset mereka secara global. Anda bisa memulainya dengan satu individu sebagai permulaan, kemudian tambahkan anggota lain untuk melengkapi. Dengan jumlah yang sedikit, maka akan lebih mudah menanamkan perspektif secara luas kepada mereka.

Dalam hal ini, perusahaan tidak perlu membuang waktu untuk merekrut karyawan baru. Bisa juga memanfaatkan tenaga lepas sebagai tim kreatif, sebab karyawan penuh waktu tentu akan melaksanakan tugas-tugas umum yang memang sudah ditetapkan sejak awal. Sementara freelancer memberikan perspektif berbeda, mereka dapat menyumbangkan keterampilan kreatif guna membantu perkembangan produk.

Manfaatkan jaringan

Sumber: Nasuni.com

Langkah terbaik dan aman adalah merekrut orang yang memang dikenal, tetapi memperluas jaringan akan memberikan banyak manfaat tentunya. Menurut survey, 85% karyawan pada suatu perusahaan didapatkan dari link. Sementara itu, merek global harus merekrut tenaga ahli dan pekerja lepas berpotensi tinggi dari berbagai latar belakang yang relevan.

Dalam hal ini, ada banyak komunitas kreatif yang bisa diikuti. Melalui jaringan itu, Anda dapat memperluas pergaulan dengan orang-orang yang bekerja di bidang kreatif. Kemudian, lihatlah peluang dari para mahasiswa untuk ditarik sebagai staf magang. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki kesempatan memanfaatkan pengetahuan para creator.

Dengarkan perspektif berbeda

Sumber: redbooth.com

Pada kegiatan sehari-hari, setidaknya orang-orang menghabiskan waktu 70 hingga 80 persen untuk berkomunikasi. Sedangkan 55 persen dari seluruh komunikasi ditujukan agar didengar. Maka dari itu, sebagai pemimpin perusahaan Anda harus bisa mendengarkan pendapat dari berbagai sudut pandang.

Komunikasi dan diskusi yang baik adalah yang saling menghargai pendapat. Dalam satu forum tentu ada beberapa perbedaan, namun itulah tujuan utamanya yakni menyatukan yang berbeda. Dari semua itu periksa ide manakan yang sesuai dengan pasar. Pastikan untuk selalu terbuka terhadap segala aspek yang berevolusi. Secara budaya, banyak hal yang berubah dengan cepat, terutama menyangkut ruang lingkup internasional.

Membuat forum kecil

Sumber: publichousecreative.com

Seperti dijelaskan dalam buku Sprint oleh Simon dan Schuter, membuat kelompok kecil yang hanya terdiri dari lima orang akan membuat ide-ide mengalir dengan mudah. Di samping itu juga akan mempermudah proses berunding, sehingga dapat memastikan musyawarah pada jalur yang benar.

Tanyakan pendapat kepada seluruh karyawan, baik itu tetap, magang hingga freelancer. Masing-masing dari mereka tentu memiliki argumen dan ide kreatif yang berbeda-beda, sehingga memberikan banyak masukan untuk strategi serta produk.

Jadikan data sebagai teman terbaik.

Sumber: business.linkedin.com

Pada dasarnya angka-angka sulit mengungkapkan perilaku aktual dan menunjukkan apakah sesuatu berfungsi atau tidak. Maka selain kuantitatif, Anda juga membutuhkan kualitatif yang didapatkan dari survey di lapangan atau pengalaman terdahulu.

Misalnya saja salah satu fitur produk atau kampanye berfungsi baik di Amerika Serikat, namun tidak untuk di Jerman. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan kurang adanya resonansi bahasa. Dengan data tersebut, perusahaan bisa mempertimbangkan lagi hal-hal apa saja yang seharusnya bisa dilakukan untuk pengembangan produk dan lain sebagainya meninjau dari berbagai aspek.

Untuk mengetahui pasar global, perlu mempertimbangkan perspektif secara luas pula. Langkah-langkah di atas bisa diterapkan untuk keberhasilan bisnis bertaraf internasional.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals