Lakukan 6 Langkah Berikut untuk Melindungi Diri dari Virus Corona Sesuai Dengan Saran Dari Kementerian Kesehatan

Sumber : cdn.idntimes.com

Sedikitnya 80 orang tewas akibat keganasan virus korona yang berasal dari kota Wuhan di China, seperti dilansir situs BBC. Berita buruk tentang virus korona tentu membuat banyak orang khawatir, apalagi sekarang ada 13 negara yang telah terinfeksi. Bahkan, di Indonesia sendiri ada dugaan pasien korona yang sekarang sedang diselidiki dan diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, mengutip situs web CNN.

Meski diperiksa oleh para ahli medis, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mulai meningkatkan perlindungan diri. Kementerian Kesehatan juga menyarankan warga untuk mengambil perlindungan berikut untuk menghindari tertular virus berbahaya ini.

WHO Keluarkan Peringatan Lalu Lintas Internasional

Sumber : cdn-image.bisnis.com

WHO saat ini sampai mengeluarkan peringatan lalu lintas internasional dikarenakan merebaknya virus Corona baru untuk saat ini. Sejauh ini tanda-tanda ataupun gejala klinis utama yang dilaporkan adalah dalam bentuk wabah. Seperti demam, kesulitan bernapas, dan radiografi dada menunjukkan infiltrat paru bilateral merupakan wabah yang diwaspadai. Penularan dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi di sebagian besar Kota Wuhan, serta beberapa tempat lain di Cina.

Saran Pertama, Anda Diminta untuk Mencuci Tangan Lebih Sering Dari Biasanya

Sumber : awsimages.detik.net.id

Bukan hanya mencuci tangan, tetapi menggunakan sabun antiseptik sehingga kuman yang tak terlihat bisa mati. Selain dilakukan selama 20 detik, disarankan juga melakukan tujuh langkah mencuci tangan yang benar. Jadi, telapak tangan tidak hanya dibersihkan, tetapi di antara jari juga.

Gunakan Masker Jika Anda Menderita Batuk dan Pilek

Masker bedah dan masker N95 adalah jenis masker yang direkomendasikan untuk dipakai, mengutip halaman Halo Doc. Tapi bagusnya, segera ganti topengnya jika Anda sudah memakainya selama lebih dari enam jam. Selain itu, pahami juga etika saat batuk. Anda melakukan ini dengan menutup mulut Anda dengan tisu dan tidak membuang air liur dengan sembarangan. Jika gejala batuk dan pilek tidak membaik dan alih-alih merasa sesak napas, ada baiknya segera periksa ke dokter.

Baca Juga  Penelitian Membuktikan Sel Otak Terus Berkembang Hingga Kematian

Cobalah Mengonsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Masalahnya adalah, virus korona berasal dari makanan ekstrem yang sering dikonsumsi oleh penduduk Wuhan. Jadi, untuk meminimalkan tertular korona, ada baiknya jika Anda tidak makan makanan aneh terlebih dahulu. Bagusnya, tambah saja konsumsi buah dan sayuran. Kementerian Kesehatan juga menyarankan Anda untuk tidak makan daging yang tidak dimasak mentah terlebih dahulu. Coba juga memasak daging Anda sampai selesai untuk meminimalkan risiko tertular virus korona.

Sumber : upload.wikimedia.org

Minimalkan dan Tingkatkan Kewaspadaan Jika Anda Harus Melakukan Kontak Dengan Hewan

Agus Dwi Susanto, Ketua Asosiasi Dokter Paru Indonesia, mendesak masyarakat Indonesia untuk tidak menyentuh binatang, terutama burung ketika berkunjung ke luar negeri, meluncurkan situs web Tempo. Bahkan, mereka juga mengimbau untuk tidak mengunjungi pasar basah, peternakan, atau pasar hewan hidup untuk menghindari virus korona yang mematikan ini. Masalahnya adalah hal ini dilakukan karena pada awalnya hewan itulah yang menjadi penyebab utama penyebaran virus korona.

 

Sumber : media.hitekno.com

Jaga Benda dan Rumah Bersih dan Bebas Dari Kuman

Meskipun ini bukan rekomendasi langsung dari Kementerian Kesehatan, beberapa sumber mengatakan bahwa kami juga melindungi rumah dengan menyemprotkan desinfektan atau semprotan anti-kuman. Semprotan anti kuman, Anda bisa semprotkan pada gagang pintu atau keyboard untuk meminimalkan bakteri yang menempel di tangan Anda.

Bagi Anda yang Bepergian ke Cina atau Negara yang Terinfeksi Wajib Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Pertama, hindari kerumunan dulu. Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk selalu mengenakan topeng pelindung. Jika Anda tiba-tiba mengalami penyakit pernapasan saat berada di Tiongkok atau setelah kembali ke Indonesia, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter dan juga menceritakan riwayat perjalanan Anda. Sekarang, ketika bandara memeriksa kesehatan, cobalah mencari tahu dan ikuti semua prosedur.

Baca Juga  6 Tips Dapatkan Tiket Pesawat Murah Meriah Sampai Banting Harga!

Dalam halaman Twitter-nya, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan seseorang yang telah tertular virus korona. Meski begitu orang disarankan untuk tidak resah dan malah meminta suntikan vaksin, karena fungsinya berbeda dan itu tidak berarti dengan menyuntikkan Anda tidak bisa terinfeksi. Lebih baik, lakukan lebih banyak perlindungan diri dengan melakukan beberapa hal di atas.

Advertisements
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This