Kunci Sukses Usaha Podcast, Para Ahli Beberkan Strateginya

Sumber: eastsidefm.org

Grapadinews.co.id – Podcast merupakan salah satu bukti dari kemajuan teknologi. Ia memiliki fungsi yang mirip dengan radio tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan. Persamaannya yakni berupa audio. Selain itu jika biasanya Anda mendengarkan stasiun A atau B, podcast juga demikian yang mana pendengar bisa memilih mendengarkan yang mana dan topik apa.

Sementara radio kini bisa didengarkan secara streaming, kategori topik di podcast ada ribuan, setidaknya 200.000 dan jumlahnya diperkirakan bertambah dari tahun ke tahun. Menariknya lagi, Anda bisa menikmati beragam topik mulai dari Business and Personal Development, TV Series, Game dan masih banyak lagi lainnya.

Platform ini terbilang sederhana, namun ternyata memiliki pengaruh luar biasa. Sementara itu pengelola juga tidak terlalu disulitkan dengan adanya investor seperti layaknya radio. Pertumbuhann yang semakin signifikan juga dinilai mengancam keberadaan radio itu sendiri.

Seperti dilaporkan dari BBC bila industri radio di Amerika sendiri sudah mengalami peurunan dikarenakan orang lebih banyak memilih podcast karena dinilai lebih lengkap dan mudah didengarkan di mana saja. Selain itu, formatnya yang berupa rekaman tidak diselingi oleh jeda iklan, selingan lagu dan tidak mengikuti jadwal seperti halnya radio.

Podcast memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan radio, sehingga banyak orang yang beralih pada platform tersebut. Dampaknya pada kesuksesan perusahaan itu sendiri. Salah satu yang berhasil membangun keberhasilan adalah WaitWhat.

Dilaporkan bila perusahaan itu memiliki kecepatan unduhan dan mendapatkan feedback bintang 4-5 dari pendengar. Lalu bagaimana sih caranya membangun sebuah perusahaan podcast hingga meraup kesuksesan luar biasa? Betikut bocoran dari para ahlinya!

Deron Triff, co-founder WaitWhat berbagi strategi marketing

Sumber: martechseries.com

WaitWhat berhasil menarik perhatian para pendengarnya. Sebagai salah satu perusahaan podcast yang telah menunjukkan performa bagus, Deron Triff selaku co-founder memberikan bocoran terkait strategi marketing yang diaplikasikan perusahaannya.

Baca Juga  Teknologi Digital Membantu Percepatan Ekonomi Kreatif

Yang menjadi alasan utama mengapa pendengar begitu tertarik dengan WaitWhat yakni trailer audio luar biasa hingga layaknya pertunjukan. Cara promosi ini dinilai bisa membuat pendengar penasaran dan menilai hal tersebut sangatlah berbeda. Di samping itu juga, mereka membuat kampanye cerdas dengan tujuan untuk menghasilkan review baik.

Sadar bila pendengar adalah hal yang paling utama, WaitWhat juga turut melibatkan mereka dalam survei audiens awal. Perusahaan bertanya tentang bagaimana pendapat mengenai setiap konten yang diberikan. Dengan demikian hampir seluruh kontennya disesuaikan dengan apa yang diinginkan.

Di samping promo yang melibatkan pendengar, Triff juga menjelaskan pentingnya memanfaatkan mesin pencari. Perusahaan juga mengoptimalkan iklan dan menyisipkan kata kunci agar setiap konten dari podcast berada di peringkat paling atas.

Di samping itu pula, ia menilai bila kerjasama antar perusahaan adalah hal penting, sehingga WaitWhat juga turut mengaplikasikan sistem barter kategori dengan perusahaan podcast terkenal lainnya. Tidak lupa pula untuk merancang strategi amplifikasi yang mana promosi gencar dilakukan setiap episode dalam 24 jam saat pertama kali peluncuran.

Bo Jacober, manajer pemasaran Treehouse’s Changewave bicara soal pertunjukan yang bagus

Sumber: www.salesforce.com

Sama halnya dengan WaitWhat, Threehouse’s Changewave juga mendapatkan review serta feedback bagus dari para pendengar. Diwakilkan oleh Bo Jacober, manajer pemasarannya perusahaan mengungkapkan kiat-kiat sukses yang telah mereka raih.

Tidak ada hal yang penting selain menyesuaikan konten dengan pendengar. Pada dasarnya tujuan utama dari bisnis diperuntukkan konsumen. Merekalah yang menentukan keberhasilan dari jalannya suatu usaha. Maka Jacober menerangkan bila perusahaan sebisa mungkin memberikan konten yang bagus sesuai dengan selera mereka.

Untuk acara wawancara yang melibatkan narasumber, yang tidak kalah penting dari skrip yaitu membiarkan tamu berbagi cerita yang mereka sukai. Meski berpatok pada naskah yang ada, namun tidak ada salahnya menciptakan suatu kisah yang mengalir, sehingga asik didengarkan dan tidak terlihat dibuat-buat. Itu adalah salah satu kunci mengapa pendengar betah mendengarkan konten Treehouse.

Pertunjukan demi pertunjukan diciptakan oleh perusahaan, hingga mereka yakin bila kekonsistenan akan membuahkan hasil. Sang manajer pemasaran juga menjelaskan bahwa memupuk hubungan dengan audiens dengan memberi tahu bahwa mereka bisa bergantung kapan saja adalah hal penting. Treehouse selalu memberikan episode baru yang tidak kalah seru setiap harinya agar suasana baru tercipta. Baginya, tidak ada yang bisa mengalahkan kepercayaan pendengar.

Baca Juga  Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Tampung Aspirasi Masyarakat Untuk Negara Demokrasi Lebih Baik

Kunci keberhasilan selanjutnya yakni percaya diri dalam mempromosikan acara pada podcast lain. Sebagai produser tentu harus saling mendukung dan membantu pendengar menemukan acara yang mereka sukai. Saling mempromosikan tidak akan membuat rugi, justru membuat audiens dihadapkan pada banyak pilihan yang menyenangkan.

Doyglas Burdett, kreator di podcast Marketing Book berbagi soal strategi menarik pendengar

Sumber: aitken.design

Dalam sebuah pertemuan Doyglas Burdett mengatakan bahwa lebih dari sekadar menciptakan konten untuk audiens, yang paling penting yakni menyenangkan mereka. Mengutip yang dikatakan oleh Seth Godin, “Ketika berusaha melibatkan banyak orang, Anda justru jarang memikirkan apa yang mereka sukai.”

Mungkin apa yang dipikirkan oleh tim kreatif berlawanan dengan keinginan pendengar. Namun kembali lagi bila mereka adalah tujuan dari bisnis. Adanya podcast tentu untuk memberikan informasi serta wawasan. Semakin menyenangkan mereka, maka makin cepat pula perusahaan tumbuh.

Sebaliknya jika konten tidak disesuaikan dengan selera audiens, maka akan menciptakan suatu kejenuhan bahkan mengurangi tingkat pendengar. Sebab apda umumnya, apa yang dibuat oleh podcast haruslah berisi informasi menarik, menginspirasi, lebih-lebih juga mengajarkan mereka banyak hal.

Triff dari WaitWhat mengatakan bahwa pasar podcast kini tengah mengalami persaingan luar biasa. Dilaporkan bila selama 24 bukan terakhir ini penghasilan iklan podcast di Amerika Serikat diproyeksikan akan tumbuh kebih dari 110% pada tahun 2020 atau naik menjadi US$659 juta. Dengan demikian, diperkirakan persaingan akan semakin meningkat namun berbanding lurus dengan keberhasilan yang akan dicapai.

One thought on “Kunci Sukses Usaha Podcast, Para Ahli Beberkan Strateginya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This