Kreativitas Menghasilkan Jagung Pelangi

Advertisements

Gimana sih bentuk jagung yang sering kalian temui? Sudah tahu kalau warna jagung itu gak hanya Cuma warna kuning aja?? Ada dimana tempatnya.. Yuks kita telusuri penelusuran tim untuk mencari tahu hal unik seputar tanaman yang satu ini lewat narasumber yang kompeten..

Panen Jagung Pelangi
Luki Lukmanulhakim (45 tahun), petani asal Kp. Lebak cirumput Kabupaten Cianjur Jawa Barat ini, sukses membudidayakan salah satu kreasinya jagung pelangi, dan mengapa harus pelangi ya karena warnanya yang berwarna-warni seperti pelangi.

penanaman jenis tanaman unik ini dilakukan di sebuah lahan dengan luas 3 hektar.  Luki membocorkan, kalau ide awal dari membudidaya jarung jenis varian ini, itu karena dirinya senang sekali mengoleksi atau menumpulkan plasma nutfah dari bermacam tanaman, salah satunya tidak lain adalah jagung. Mereka memperkenalkannya dengan nama Glass Gem Rainbow, tidak hanya persoalan warna nih gaes, jagung berwarna ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dari jagung kebnyakan. Soalnya dari beberapa referensi ngasih tahu kalo kandungan warna yang unik pada jagung ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan, salah satu contohnya adalah jagung yang berwarna hitam katanya sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Luki Sendiri selaku orang yang membudidayakan jagung pelangi mendapatkan benih jagung via online, berawal dari empat kantong benih jagung berwarna merah, ungu, hitam dan putih luki menanamnya secara silang campur dan hasilnya bisa menghasilkan 12 warna dengan varian baru.

Meski dari segi ukurannya sedikit lebih kecil dan rasanya berbeda dari biasanya atau jagung hibrida lainnya, tapi jagung ini punya nilai ekonomis yang lebih tinggi. Bandingkan saja, kalau jagung biasa di tingkat petani biasa berkisar antara 2000/perkilogram, maka jagung yang ditanam luki ini bisa mencapai 9000/kilogram. “Harganya lumayan menjanjikan, apalagi klo dijual dalam bentuk bibit bisa sampai 500/butir. Namun kendala masih sering ditemui luki dilapangan, dikarenakan jagung pelangi ini masih tergolong baru dan banyak orang yang belum mengenal. “Mungkin di daerah cianjur ini baru kami sendiri yang menanamnya”. Dalam menanam jagung pelangi ini luki tidak ada perlakuan atau cara khusus dalam pemeliharaannya.

Baca Juga  Grapadi Kembangkan Program Pelatihan Bisnis Online #DiRumahAja dalam Menghadapi Masa Pandemi COVID19

 

Jagung Pelangi Siap Dipanen

Bahkan menanam jagung jenis ini bisa dibilang lebih mudah dibanding jagung biasa karena punya masa tanam yang sangat pendek. “kalau jagung jenis biasa panennya bisa sampai 120 hari (4 bulanan) sedangkan jenis jagung pelangi ini (2 bulanan) sudah bisa panen. Saya sendiri sudah lima kali panen, kata luki. Dari hasil panennnya, kini sudah mampu me-nyetok benih yang siap untuk dijual dengan kisaran luasan 10 hektaran dengan 12 varian yang berbeda. Gak hanya mampu membuat stok sendiri, luki juga membuat pangsa pasar jualannya sendiri di daerah jawa barat. Bahkan kini lewat kecanggihan sosial media pemasaran bibit bisa berkembang luas sampai ke pontianak dan halmahera.

Advertisements

Beberapa Jenis Hasil Jagung Pelangi

Jadi jika temen-temen tertarik untuk sekedar menanam atau membudidakan tanaman jagung unik ini, kalian bisa membelinya via online dan gak perlu repot-repot ladi datang ke cianjur.

Secara umum, dan banyak belum diketahui oleh orang kalau tanaman jagung sendiri itu beragam warnanya. Tapi memang yang sudah dikenal oleh masyarakat khususnya orang indonesia berwarna kuning. Dengan pola atau cara tanam yang berdampingan dan persilangan ini bisa menimbulkan warna baru. Bahkan tanaman dengan biji monokotil (berbiji tunggal) penyerbukannya bisa dilakukan dalam jarak jauh. Kita berharap pengembangan jagung pelangi yang dilakukan luki ini bisa terus berjalan serta mendapat (HKI) Hak atas Kekayaan Intelektual dari pemerintah setempat.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This