Konsultan Politik: 3 Metode dan Cara Kerja yang Menarik

Advertisements

Konsultan politik menjadi satu istilah yang tidak asing selama beberapa tahun terakhir. Meningkatnya dunia digital mengubah proses kampanye para tokoh politik. Menjadikan branding para tokoh politik sama pentingnya dengan visi, misi, sampai filosofi yang dianut. Meski tentu saja ketiga hal tersebut juga tidak akan terlepas dari branding sang tokoh sendiri.

konsultan politik

Peranan jasa konsultan politik memang begitu besar. Membangun citra hingga meningkatkan kepercayaan msyarakat kepada tokoh politik merupakan dua dari sederet manfaat penggunaan konsultan. Selain itu kajian untuk strategi kampanye sampai memastikan tokoh politik tersebut dikenal luas oleh masyarkat merupakan beberapa tugas lainnya.

Saat ini, konsultan untuk politik memang lebih condong kepada image branding. Memastikan para tokoh politik memiliki citra baik di masyarakat. Selain juga menyusun strategi penyampaian visi, misi, dan juga filosofi yang dianut. Sehingga nantinya, dari personal branding dan juga visi misi yang disampaikan, akan muncul rasa kertarikan secara meluas. Tujuan akhir tentu saja rasa percaya dari masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, para ahli dibidang jasa konsultasi politik ini memiliki cara dan hal yang harus diperhatikan jasa konsultan politik. Berikut ini 3 cara kerja umum yang sering digunakan oleh para konsultan ahli politik.

  1. Mapping

Metode dan cara kerja yang pertama merupakan mapping. Mapping atau pemetaan merupakan bentuk pendataan, riset, dan kegiatan penelitian pada masyarakat. Tepatnya dilakukan secara khusus untuk pemilih dari sebuah daerah pemilihan tertentu.

Seperti juga bentuk riset lain, mapping dilakukan untuk mengetahui karakteristik, perilaku, sampai pandangan-pandangan pemilih. Bahkan untuk lebih luas lagi, mapping juga termasuk survey pada kebutuhan, harapan, sampai kesulitan dari pemilih di daerah tertentu.

Baca Juga  Selain Calon Tenaga Kerja, Tim Rekruitmen Juga Perlu Persiapkan Strategi Wawancara

Hasil riset mapping ini akan digunakan untuk personal branding sang tokoh politik. Bila mungkin untuk menciptakan visi dan misi. Sehingga nantinya keputusan yang dibuat bila terpilih akan sesuai dengan kebutuhan serta pemasalahan dari daerah pemilihan tersebut. Sifat dari metode ini akan berdasarkan pada demografis.

Di sisi lain, metode mapping juga dilakukan untuk pemetaan calon lawan. Demi mengetahui gambaran sasaran pemilih sampai strategi yang akan digunakan.

  1. Monitoring

Monitoring menjadi metode untuk memastikan citra atau branding sang tokoh politik. Metode monitoring juga dilakukan untuk memantau strategi politik yang dijalankan. Baik itu oleh sang tokoh maupun lawan. Cara kerja satu ini tidak kalah penting dalam keberhasilan proyek jasa konsultasi politik nantinya.

Advertisements

Ada berbagai tipe dan tahapan berbeda untuk monitoring. Selain memantau pergerakan, strategi, dan juga pandangan masyarakat. Monitoring juga memastikan karakter dan perilaku pemilih belum berubah sejak mapping. Ini salah satunya demi memastikan visi dan misi yang diberikan tetap akan memiliki keterkaitan dengan pemilih.

Perubahan yang terjadi selama proses monitoring ini tidak jarang membuat konsultan akan kembali menggunakan metode mapping dari awal. Demi mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai serta tepat.

  1. Mobilizing

Metode dan cara kerja ini tidak dilakukan semua konsultan. Beberapa jasa konsultasi politik hanya akan menggunakan metode monitoring dan mapping. Biasanya tokoh politik akan memiliki tim tersendiri untuk mobilizing.

Mobilizing atau mobilisasi merupakan metode kampanye dengan penggerakan massa. Ini bisa dilakukan secara offline, door to door, sampai dengan menggunakan baliho dan lain-lain. Maupun dengan implementasi secara online. Keduanya terbukti bekerja dengan baik di panggung politik Indonesia.

Jasa konsultasi politik memiliki tahapan dan juga metode berbeda. Cara kerja di atas merupakan paling umum dan juga banyak digunakan. Menarik bukan cara kerja para konsultan ini?

Advertisements
Baca Juga  Suka Makan Jengkol? Berikut manfaatnya bagi kesehatan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This