Kerja Sama SM Entertainment dan Transmedia Diharap Tingkatkan Industri Kreatif


0
Spread the love
Sumber: koreanindo.net

Grapadinews.co.id – SM Entertainment sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta K-Pop. Ialah perusahaan raksasa asal Korea Selatan yang menaungi penyanyi, girlband, boyband, hingga aktris dan aktor. Management sekaligus penyedian studio rekaman ini telah mengorbitkan anak didiknya sejak 1995.

Perusahaan yang berdiri di jantung kota Seoul itu diketahui sebagai pelopor dari kebangkitan Korean Wave. SM juga dikenal sebagai representative dari industri hiburan Asia. Dipimpin oleh Lee Soo-man, SME tidak hanya memegang kunci dari bisnis hiburan tetapi juga memfasilitasi para anak didiknya dengan music production, music publishing, event management, concert production, artist development, record label service, dan talent agency service.

Beberapa nama artis yang tergabung dalam boyband, girlband, maupun solo dan begitu populer hingga ke seantero Asia bahkan internasional seperti H.O.T, Shinwa, TVXQ, Super Junior, Girl’s Generation, Shinee, S.E.S, BoA, Lee Yon-hee, Kim Min-jong, Exo, dan masih banyak lagi lainnya.

Terkenal ketat dalam membuat peraturan, SM beberapa kali disebut-sebut sebagai dalang dari kemunduran sang artis dari dunia entertainment, hingga beberapa kasus depresi oleh para talent-nya. Terlepas dari beberapa pemberitaan negatif, SM Entertainment terkenal sebagai management yang totalitas dalam mengelola dan mengorbitkan bintangnya.

Pada tahun 2015, perusahaan dilaporkan memperoleh pendapatan US$287 miliar (4 kuadriliun rupiah) dan laba bersih US$19 miliar (266 triliun rupiah). Sukses menjadi salah satu perusahaan hiburan paling besar di Korea Selatan, SM Entertainment kemudian melebarkan sayapnya hingga ke Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

Perluas jangkauan hingga ke tanah air

Sumber: bisnis.com

Masuknya Korean Wave ke Indonesia turut membawa nama SM Entertainment. Di tanah air, perusahaan hiburan tersebut terkenal sebagai agency yang menaungi bintang-bintang top Korea Selatan.

SM yang memiliki standard tertentu kepada para bintangnya, termasuk gaya berbusana, tren rambut hingga gaya hidup banyak mempengaruhi para penggemar termasuk yang ada di Indonesia. Tidak sedikit beberapa artis di tanah air terinspirasi dari gaya ala Korea para bintang SME.

Berkat SM pula, dunia musik K-Pop makin melambung dan menelurkan bintang-bintang baru yang patut diacungi jempol kualitasnya. Sebagai negara dengan tingkat Korean Wave terbesar, beberapa musik Indonesia juga dipengaruhi oleh ala K-Pop, hingga bermunculan para boyband dan girlband yang menghiasi blantika musik tanah air.

Tahu potensi luar biasa di sini, perusahaan hiburan terbesar ini kemudian memperluas jangkauannya ke industri kreatif Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh Chairman SME Group, Lee So-man bila pihaknya berkomitmen meningkatkan inkraf di sini. Ia juga berharap bisa saling bertukar ide untuk meningkatkan peluang usaha serta bisnis.

Perjanjian dengan Tranmedia

Sumber: www.wartaekonomi.co.id

Sebagai perusahan hiburan raksasa, SM Entertainment juga tidak tanggung-tanggung menggaet partner kerja. Dalam meningkatkan industri kreatif, mereka menggandeng Transmedia yang juga merupakan perusahaan media hiburan besar di Indonesia.

Lee So-man menegaskan bila kerja sama untu meningkatkan inkraf tertuang dalam perjanjian bersama PT Trans Media Corporate. Pihaknya menambahkan bila kerja sama ini bisa saling menguntungkan, utamanya menyoal pertukaran budaya serta content creative.

Indonesia salah satu negara berpotensi

Sumber: entertainment.kompas.com

Pengaruh K-Pop di Indonesia begitu kuat. Selain itu, di sini pula banyak melahirkan bintang-bintang berbakat yang patut diapresiasi serta diacungi jempol. Atas dasar itulah CEO SM Entertainment South East Asia, Han Kyoung Jin mengatakan bahwa Asia Tenggara khususnya Indonesia memiliki banyak imovasi dalam dunia industri kreatif.

Tidak hanya bersifat menghibur, bidang ini juga dapat menguntungkan bagi suatu negara, khususnya pada pertumbuhan ekonominya. Han Kyoung juga menambahkan bila Asia Tenggara memiliki pasar yang bagus pada industri kreatifnya.

Kerja sama antara SM Entertainment dan Tranmedia ini diharapkan bisa saling menguntungkan. Selain untuk meningkatkan industri kreatif, para penggemar musik K-Pop juga bisa merasakan nuansa para bintang idola di kantor yang dibangun dengan interior eye catchy.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Indahhikma

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals