Kenali Jenis Kemasan Plastik

Advertisements

 

Kemasan Plastik merupakan kemasan yang banyak dipilih dan digunakan oleh pelaku usaha makanan dan minuman. Dalam peranannya kemasan tidak hanya untuk mengemas produk tetapi juga meningkatkan nilai jual sebuah produk.

Meskipun manfaat utama sebuah kemasan adalah melindungi produk agar aman sampai ke tangan konsumen, daya tarik dari kemasan tersebut juga sangat berpengaruh. Biasanya perusahaan akan menambahkan logo atau nama agar konsumen lebih mudah mengenal produk tersebut.

Secara mudah, kamu bisa mengetahui jenis kemasan plastik yang aman digunakan hanya dengan melihat kode daur ulang yang berupa segitiga panah dengan angka di dalam setiap kemasan. Lalu apa saja macam-macam plastik kemasan yang perlu kamu ketahui?

 

1. Plastik Kemasan PET (Polyethylene Terephthalate)

Jika kamu sering melihat kemasan dengan segitiga bernomor 1, maka produk tersebut menggunakan plastik kemasan PET. Kemasan ini memiliki bahan yang lebih bersifat kuat, jernih dan mampu mempertahankan air agar tidak bocor. Biasanya, jenis kemasan plastik ini digunakan untuk mengemas produk minuman, kemasan selai, botol kecap dan juga botol sambal karena memiliki bahan yang lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

 

2. Plastik Kemasan HDPE (High Density Polyethylene)

Plastik untuk kemasan produk ini memilki logo segitiga bernomor 2. Kemasan ini berbentuk semi fleksibel dengan warna yang agak buram. Biasanya jenis plastik HDPE digunakan untuk produk susu cair dan jus. Sama seperti PET, jenis plastik ini juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian dan bukan untuk berulang.

 

3. Plastik Kemasan PVC (Polivinil Klorida)

Plastik kemasan ini sering digunakan untuk jenis makanan ringan seperti gorengan atau makanan berat seperti nasi goreng, nasi uduk, dan lain-lain. Kemasan ini ditandai dengan tulisan logo segitiga bernomor 3. PVC bersifat lebih lunak dan jernih, serta penggunaannya harus menghindari untuk makanan berminyak, berlemak, mengandung alkohol dan makanan yang masih panas.

Baca Juga  Cara Mencari produk ms Glow & MS Glow Cosmetics yang asli /original

 

Baca Juga : 4 Tanda Laki-Laki Serius Dalam Hubungan Asmara

 

4. Plastik Kemasan LDPE (Low Density Polyethylene)

Kemasan plastik ini diberi tanda dengan segitiga bernomor 4. LDPE merupakan jenis plastik yang tidak jernih namun dapat ditembus oleh cahaya dari luar. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan plastik ini untuk produk yoghurt, kantong belanja, makanan segar dan botol minuman.

 

5. Plastik Kemasan PP (Polipropilen)

Selanjutnya kemasan plastik ini memiliki logo segitiga bernomor 5. Kemasan ini memiliki sifat keras namun fleksibel karena bisa digunakan sebagai kemasan makanan atau minuman ringan. Selain itu plastik ini tahan terhadap panas, minyak serta aman jika dipanaskan di microwave, tapi tetap harus sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

 

Itulah jenis-jenis kemasan plastik pada produk yang perlu kamu ketahui. Pilih salah satu kemasan yang cocok dengan produk kamu. Pertimbangkan juga bentuk kemasan sehingga saat dikemas produk makanan ringan kamu tetap menarik dan aman untuk konsumen.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This