Kenali Apa ituStartup dan Perbedaannya dengan Bisnis Online

Namun apa itu startup belum sepenuhnya dipahami. Banyak orang mengira startup sama dengan bisnis online sebab sama-sama memanfaatkan teknologi.


0
Spread the love
sumber : maxmanroe.com

Istilah startup kian sering terdengar di berbagai kesempatan. Di televisi, di forum bisnis hingga ditongkrongan katastartup kerap diperbincangkan. Namun apa itu startup belum sepenuhnya dipahami. Banyak orang mengira startup sama dengan bisnis online sebab sama-sama memanfaatkan teknologi.

Beberapa tahun belakangan, tren startup cukup ramai di Indonesia. Munculnya nama-nama entrepreneur muda yang menciptakan bisnis startup dengan inovasi teranyar. Memang kemajuan teknologi internet dalam dunia bisnis banyak mengubah pola bisnis jual beli barang dan jasa. Untuk lebih memahami apa itu startup dan bisnis online ketahui definisi dan pembahasan keduanya.

Pengertian apa itu startup dan beda dengan bisnis online

sumber : liputan6.com

Pada mulanya startup dimaksudkan untuk perusahaan rintisan atau perusahaan yang baru berjalan kurang dari 5 tahun. Namun berkat perkembangan teknologi, istilah startup mengalami pergeseran. Kini startup didefinisikan sebagai perusahaan yang menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Startup juga lekat sebagai perusahaan yang memiliki inovasi teranyar dan mampu menghadirkan solusi dari permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Inovasi-inovasi inilah yang menjadi pembeda startup dengan perusahaan biasa.Kemampuan dalam menyelesaikan masalahmenjadikan startup memiliki sifat disruptif. Karenanya startup mampu menciptakan pangsa pasar baru yang bahkan menjadi leadmarket. Selan itu startup mampu mendorong perekonomian dengan menciptakan peluang kerja baru.

sumber : liputan6.com

Sebagai contoh bisnis ojek online merupakan inovasi dari permasalahan mendapatkan kendaraan umum lebih mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi.

Mengetahui sebuahstartup dapat dilihat dari adanya ciri-ciri berikut,

  • Memiliki inovasi yang terus berkembang. Inovasi merupakan bagian utama dalam sebuah perusahaan startup, khususnya inovasi yang memberi solusi penyelesaian masalah masyarakat.
  • Startup menitik beratkan growth atau pengembangan usaha dibandingkan profit. Sebagai upaya peningkatan growth, startup menjalani berbaagai program seperti inkubasi dan akselerator yang diadakan oleh investor.
  • Dilihat dari sumber pendanaan, startup mendapatkan dana dari para investor. Startup lebih mudah mendapat investor sebab memiliki nilai lebih dalam upayanya meningkatkan growth.
  • Startup dipastikan selalu memiliki platform mobile sebagai sarana lebih dekat dengan para konsumen. Platform mobile juga berguna untuk membantu lebih mudah menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat.

Perbedaan Startup dengan BisnisĀ Online

sumber : .strategymanajement.net

Perkembangan startupyang begitu ramai tidak lantas membuat orang paham tentangnya. Sebagian mengartikannya sebagai bisnis online atau onlineshop. Meski sama-sama memanfaatkan internet keduanya sangat berbeda.

Bisnis online tidak dapat disebut startup sekalipun memiliki website resmi dalam memasarkan produknya. Sebab kata kunci dari startup adalah inovasi dan memecah masalah di tengah masyarakat. Sebagai contoh startup transportasi online yang dirancang sebagai solusi masyarakat. Konsumen dapat memesan transportasi secara cepat,nyaman dan dipastikan aman.

sumber : idntimes.com

Jika diamati lebih cermat, Anda dapat membedakan keduanya. Lebih mudahnya dapat menggunakan penjelasan startup sebagai perusahaan yang mendorong upaya inovasi vertikal, bukan inovasi horizontal. Inovasi vertikal adalah inovasi yang dilakukan lewat penciptaan teknologi yang belum ada. Inovasi baru yang dikembangkan memecah masalah masyarakat.

Sementara bisnisonlinetermasuk dalam inovasi horizontal yakni merupakan upaya mengembangkan inovasi yang sudah ada, berupa mendatangkan teknologi. Bisnis onlinemengandalkan teknologi dalam menjalankan bisnis bukan sebagai inovasi baru.Bisnis online hanya memanfaatkan internet sebagai upaya pemasaran produk.

Sudah dapat dipahami bukan? Apa itu startup dan perbedaannya dengan bisnis online. Siapa pun bisa menjadiseorang pendiri startup sukses. Pastinya dibutuhkan inovasi atau ide bisnis yang kreatif, mampu membaca kebutuhan masyarakat serta memiliki tim yang solid.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Tiwi Pra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals