Prosedur Pembuatan Jasa Studi Kelayakan Proyek Anda

Advertisements

Jasa studi kelayakan merupakan pembuatan penilaian untuk pra pembangunan sebuah proyek agar kontrol terhadap kualitas selalu terjaga. Sebuah proyek bisa berjalan dengan lancar bila telah direncanakan dengan matang. Berbagai aspek dalam sebuah proyek mengharuskan penilaian yang mendalam sejak sebelum memulai pembangunan proyek. Studi untuk kelayakan sebuah proyek sangat penting untuk dilakukan. Penilaian yang dilakukan secara objektif akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi terbaik dari setiap proyek yang akan dijalankan. Adapun prosedur dari pembuatan jasa studi kelayakan adalah sebagai berikut.

Survey tempat dan kelayakan lingkungan

Sebelum proyek mulai dijalankan, survey untuk lingkungan sekitar adalah langkah pertama yang harus dijalankan. Survei harus dilakukan secara menyeluruh untuk kelayakan sebuah proyek. Berikut ini adalah beberapa poin survey yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah studi kelayakan:

  • Survey lingkungan

Survey lingkungan adalah hal paling mendasar yang harus dilakukan untuk membuat sebuah studi kelayakan. Lingkungan di sekitar proyek harus dilihat kesesuaiannya. Apakah lingkungan tersebut layak untuk dijadikan lokasi sebuah proyek? dan apakah proyek tersebut dapat tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kawasan tersebut? Beberapa pertanyaan tersebut wajib menjadi pertanyaan mendasar yang harus ada untuk setiap studi kelayakan yang diakukan.

  • Survey kelayakan

Setelah melakukan studi terkait lingkungan sekitar lokasi pembangunan proyek, Anda juga diharapkan memasukan poin kelayakan proyek tersebut. Sebuah studi kelayakan harus mempertimbangkan apakah bisnis yang akan dijalankan cocok untuk mulai dibangun di kawasan tersebut. Anda bisa melihat berdasarkan bidang proyek yang akan dibangun dan melihat apakah bidang tersebut cocok untuk dimulai di wilayah tersebut.

  • Penilaian kesesuaian proyek

Setelah semua perencanaan selesai dibuat, saatnya untuk membuat penilaian terhadap kesesuaian proyek yang akan dibangun. Setiap proyek tentu memiliki planning pembangunan dan beberapa rencana ke depan yang telah dipersiapkan. Dari rencana tersebut Anda dapat melakukan penilaian apakah rencana yang akan dibuat telah sesuai dengan tujuan awal. Anda juga dapat memasukan beberapa potensi masalah yang bisa terjadi dalam perjalanan bisnis tersebut sehingga antisipasi dan langkah persiapan bisa dilakukan dari awal.

Jasa studi kelayakan dan perencanaan pembangunan

Dalam sebuah jasa pembuatan studi kelayakan akan terdapat proses dimana perencanaan pembangunan membutuhkan pendapat dari banyak pihak. Perencanaan tersebut harus melibatkan semua pihak yang akan terlibat di dalamnya. Mulai dari pemilik hingga pihak yang akan membangun proyek harus turut terlibat dalam proses perencanaan pembangunan. Dari perencanaan akan terlihat poin apa yang masih harus dibenahi. Lebih lanjut, masalah yang berpotensi akan terjadi bisa diatasi dan bersama-sama dicari solusinya agar proses pembangunan berjalan dengan lebih lancar.

Advertisements

Pengawasan proses pembangunan

Saat proses pembangunan telah berjalan, pengawasan sebuah proyek menjadi poin utama yang harus diperhatikan. Pihak penjamin studi kelayakan dalam melihat perkembangan semua proses pembangunan. Apakah proses yang berjalan telah sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Kesesuaian harus selalu digunakan dalam sebuah proses pembangunan. Timeline dan kesesuaian proses juga masih menjadi poin terpenting yang harus diperhatikan. Pengawasan yang baik dapat menghasilkan proyek yang selesai tepat waktu. Seluruh ketepatan pengerjaan akan dilakukan oleh pihak pengawas proyek.

Sebelum membangun atau memulai sebuah proyek, memilih pengawas proyek dan menerapkan studi kelayakan wajib untuk selalu diterapkan. Penilaian yang akan membantu menjaga kualitas proyek yang sedang berjalan. Jangan ragu untuk menggunakan jasa studi kelayakan supaya proyek berjalan dengan lancar sesuai dengan hal-hal yang direncanakan sejak awal sebelum memulai proyek tersebut.

Advertisements
Baca Juga  10 Obyek Dalam Menentukan Strategi Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This