Jasa Studi Kelayakan: Penilaian Pada Aspek Ekonomi dan Budaya

Advertisements

jasa studi kelayakan

Jasa studi kelayakan memiliki peran besar untuk bisnis yang ada. Baik itu yang berukuran kecil, menengah bahkan besar sekalipun. Karena bisnis yang baik pastinya memiliki prospek untuk berkembang di masa depan. Namun, perkembangan ini bisa dilihat melalui perencanaan yang baik. Oleh karena itu, bantuan pakar jasa pembuatan studi kelayakan sangat diperlukan.

Dalam menyusun studi kelayakan, para pakar akan melihat berbagai aspek penting yang dapat menopang rencana bisnis tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kelayakan ekonomi dan budaya.

Mengapa? Karena usaha atau bisnis yang dimiliki haruslah memiliki banyak manfaat. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik bisnis dan pembeli tetapi juga masyarakat sekitar. Karena bagaimanapun juga bisnis pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Hal yang Harus diperhatikan Pada Aspek Ekonomi dan Budaya

Memperhatikan masalah kelayakan dari sisi ekonomi dan budaya ini sebenarnya mudah-mudah sulit. Karena, ekonomi serta budaya yang berlaku berbeda di setiap tempat. Oleh karena itu, pemilik usaha harus mampu melihat peluang serta hambatan usaha di setiap daerah.

Jangan sampai Anda salah membaca peluang karena nanti bisnis yang dijalankan tidak akan berhasil. Akhirnya Anda pun merugi. Setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk aspek ekonomi dan budaya oleh jasa pembuatan studi kelayakan, yaitu:

Lokasi dan Budaya

Indonesia terkenal akan negaranya yang terdiri dari kepulauan sehingga terpisah satu sama lain. Hal ini dilengkapi dengan beragamnya suku dan budaya di setiap daerah. Perbedaan dan keragaman ini membuat munculnya berbagai norma, kebudayaan, hal yang tabu ataupun hal yang boleh dilakukan di berbagai daerah.

Hal ini sangatlah penting, tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga pemilik bisnis. Mengapa? Karena jika bisnis yang dilakukan berseberangan dengan norma dan budaya di daerah tersebut maka usaha Anda tidak akan berjalan. Bahkan, bisnis Anda bisa ditutup oleh warga setempat. Walaupun jika dilihat secara hukum bisnis tersebut sah.

Baca Juga  Jasa Pembuatan Studi Kelayakan, Keuntungannya Apa Saja?

Misalnya saja usaha ternak babi dan rumah makan babi. Sebagian besar di berbagai daerah di Indonesia tidak begitu mempermasalahkan hal ini, terutama di kota-kota besar. Sedangkan daerah lainnya masih diperbolehkan namun dengan batasan tertentu.

Namun, hal ini tidak berlaku di Aceh yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah. Jika ada usaha seperti maka cepat atau lambat akan ditutup. Pihak yang menutup terlebih dahulu bukanlah pemerintah, melainkan warga sekitar. Jadi, usaha ini dipastikan akan merugi besar di daerah Aceh. Hal yang sama juga berlaku dengan lini bisnis lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenal masalah sosial, budaya, adat serta kebiasaan dari lokasi calon tempat usaha masing-masing.

Jasa Studi Kelayakan: Manfaat Kepada Masyarakat

Selain masalah budaya, rencana bisnis yang baik haruslah memiliki banyak manfaat kepada masyarakat luas. Jika tidak memiliki manfaat maka usaha yang dijalankan tidak akan berjalan semulus yang diperkirakan. Karena bagaimanapun juga usaha dan bisnis yang dibangun memiliki kelebihan dan kekurangan dari sisi lingkungan.

Minimalnya usaha Anda akan menghasilkan limbah tertentu dan hal ini menjadi hal negatif. Namun, jika Anda memiliki nilai positif yang lebih besar maka masyarakat akan suka terhadap bisnis Anda. Pada akhirnya, usaha tersebut akan berkembang dengan baik.

Nah, itulah dua hal penting tentang aspek budaya dan ekonomi yang bisa ditelaah oleh pakar jasa studi kelayakan. Hal ini sangat penting karena menentukan berhasil atau tidaknya usaha Anda.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download E-Magazine Grapadinews!

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This