Studi kelayakan memang sebuah hal yang kemudian disarankan oleh banyak pakar bisnis, sebelum kemudian Anda dapat memulai bisnis. Lalu gunanya apa daripada studi kelayakan tersebut? Yang banyak sekali digembar-gemborkan oleh jasa studi kelayakan? Gunanya adalah untuk kemudian mengukur sejauh mana bisnis Anda tersebut nanti layak ataupun sebaliknya dapat kemudian dijalankan dengan baik.
Hal tersebut tidak membuat jikalau kelayakan Anda memiliki hasil yang jelek, maka bisnis tidak dapat kemudian dijalankan. Justru dengan adanya studi kelayakan maka nantinya Anda akan menjadi tahu, tentang apa yang harus Anda lakukan kelak terhadap bisnis Anda tersebut. Saat ini penulis akan memberikan penjelasan tentang lima metode supaya Anda nantinya dapat memperoleh studi kelayakan yang komprehensif alias komplit. Ada beberapa sisi yang penting untuk kemudian ditinjau memang diantaranya adalah
Pertama adalah market research atau yang disebut dengan riset pasar. Ada dua memang pembagian daripada market research tersebut, yang pertama adalah supaya ada dan nantinya mengetahui tentang potensi pasar dan yang kedua adalah supaya Anda juga dapat mengetahui nantinya sasaran tembak yang berasal dari produk yang memang Anda persiapkan terlebih dahulu.
Adapun memang untuk tahapan pertama yang sendiri, maka riset tersebut harus anda lakukan mengenai
- Apa-apa saja yang memang dibutuhkan oleh pasar
- Kualitas ataupun fasilitas-fasilitas apa saja yang sedang dibutuhkan
- Harga yang ditawarkan berapa
Adapun untuk tahapan yang kedua, yaitu Anda dapat kemudian mengetahui sasaran tembak Anda sendiri, hal ini dilakukan tentunya supaya Anda nantinya, mengetahui juga jika Anda ingin berjualan produk apa? Dan juga dengan harga berapa?.
Adapun pertanyaan-pertanyaan yang bisa kemudian Anda jawab adalah sebagai berikut
- Berapakah daripada harga produk Anda tersebut?
- Lalu siapakah yang mau dan bisa membelinya?
- Lalu di manakah mereka yang nantinya ingin membeli tersebut berkumpul?
- Lalu Bagaimanakah cara dan juga bahasa promo yang anda lakukan terhadap produk tersebut?
- Di manakah mereka kemudian dapat membelinya?
Adapun yang kedua adalah Anda dapat membuat semua financial projection, atau yang disebut juga dengan proyeksi keuangan. Jikalau Anda sudah mempelajari tentang riset yang pertama kalinya, maka Anda harus melihat secara internal Anda sendiri saat ini, untuk kemudian dapat menentukan apakah Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:
- Menentukan skala besar daripada harga jual Sehingga nantinya Anda dapat menghitung omset anda
- Biaya pokok
- Biaya operasional yang nantinya Anda tanggung
- Biaya lain-lain
- Profit bersih yang nantinya akan Anda terima
- Lalu berapakah modal anda?
- Berapakah target lama barang tersebut laku?
Tentunya setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dijelaskan diatas, maka selanjutnya Anda dapat kemudian menghitung bagaimanakah kelayakan keuangan tersebut?. Adapun cara untuk menghitung kelayakan keuangan adalah sebagai berikut
- Profit margin
- Return on investment, yang mana kemudian perbandingan daripada hasilnya dengan inflasi dengan bisnis lain dan juga bisa dengan emas
- Payback period
- Net present value
- Irr yang mana Ini dihitung jikalau bisnis adalah multi years
Jikalau Anda sudah pada bagian ini, maka Anda bisa mending lagi ke market research tahap kedua
Sedangkan yang ketiga adalah swot analisis, ini merupakan kependekan dari Strange, weakness, opportunity threats. Atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti kekuatan, kelemahan, kesempatan dan juga ancaman. Anda pada tahap ini akan mencari tahu mengenai
- lima hal yang menjadi kekuatan anda
- lima hal yang menjadi kelemahan
- lima hal yang menjadi kesempatan untuk anda
- 5 hal yang nantinya akan menjadi Ancaman bagi anda
Itulah beberapa hal terkait dengan metode yang sering ditawarkan oleh jasa pembuatan studi kelayakan.