Jasa studi kelayakan aspek pemasaran dalam membangun sebuah home industry sangatlah penting, karena sebuah home industry sudah semakin luas dan berkembang di tengah – tengah masyarakat, seperti kerajinan keramik, batik, maupun penjahit.
Adanya home industry akan menciptakan sebuah sumber daya manusia yang kreatif, berdedikasi terhadap keluarganya, dan tentunya masyarakat yang produktif dan bermotivasi tinggi untuk maju.
Nah, disinilah peran jasa pembuatan studi kelayakan untuk menciptakan sumber daya yang telah disebutkan di atas.
Tentu sebuah home industry akan semakin kokoh, dan juga layak untuk dikembangkan, serta mempunyai peluang yang sukses jika adanya jasa studi kelayakan seperti berikut ini :
1. Jasa Studi Kelayakan Aspek Pemasaran
Pada bisnis home industry, jasa studi kelayakan dalam aspek pemasaran bisnis akan memperhatikan beberapa kategori seperti berikut :
- Permintaan Pasar
- Kompetitor
- Pasar
- Marketing Mix
2. Jasa Pembuatan Studi Kelayakan
Semakin berkembangnya home industri, dan kesadaran akan pentingnya peran jasa studi kelayakan membuat permintaan pasar terhadap jasa pembuatan studi kelayakan bisnis semakin meningkat pesat.
Tentu saja, karena jasa pembuatan studi kelayakan akan merencanakan secara detail strategi pemasaran pada bisnis home industry. Tidak perlu melakukan survey pasar sendiri karena sudah ada yang mengatur bisnis kita. Berikut ini adalah detail rancangan aspek pemasaran dari jasa pembuatan studi kelayakan, yaitu :
A. Permintaan Pasar
- Industri Dasar (mesin dan logam). Biasanya permintaan pasar dalam kelompok mesin dan logam adalah permintaan pembuatan pesawat, dan beberapa kendaraan lainnya seperti motor maupun kereta api, dan juga pasar besi baja.
- Industri Kecil (makanan dan minuman, serta sandang dan material). Produk makanan dan minuman, serta pakaian, dan bahan bangunan biasanya permintaan pasar tersebut akan masuk dalam kategori industri kecil.
B. Kompetitor
Setiap bisnis pasti memiliki pesaing, tidak terkecuali bisnis home industry yang semakin menjamur di tengah – tengah masyarakat. Oleh karena itu, jasa pembuatan studi kelayakan akan menganalisis pembuatan produk yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing kita. Misalnya : kompetitor kita menjual dengan harga 2 kali lipat, maka kita turunkan harganya lebih sedikit, asalkan tidak merugi dan produk lebih banyak terjual.
C. Pasar
Jika sudah menemukan permintaan dari pasar, selanjutnya jasa pembuatan studi kelayakan menganalisis tempat yang mudah terjangkau oleh konsumen. Contoh, kota tempat home industy sulit menemukan konsumen tetap, maka survey ke berbagai tempat yang akan mendapatkan konsumen lebih banyak.
D. Marketing Mix
Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan beberapa variabel pendukung dalam sebuah strategi pemasaran. Jasa pembuatan studi kelayakan akan mengalisis tentang beberapa variabel tersebut, seperti :
- Harga. Menetapkan besar kecilnya harga untuk setiap produk harus melalui perhitungan yang mendasar (seperti harga beli bahan, proses produksi, dan pengeluaran yang lainnya) dan konsisten (buatlah harga yang lebih murah untuk reseller).
- Distribusi. Tempat penjualan harus jelas, dan mudah terjangkau oleh konsumen.
- Strategi Promosi. Di era modern ini sangat mudah untuk melakukan sebuah promosi, hanya melalui media online seperti online shop, media social, dan pemasangan iklan pada website maka produk akan mudah terkenal dan mendapatkan respon dari konsumennya.
Jasa studi kelayakan aspek pemasaran bisnis home industry di atas akan dapat menghasilkan atau meningkatan jumlah permintaan pasar, serta memberikan produk berkualitas tinggi dengan harga yang tentunya terjangkau untuk target konsumennya. Oleh karena itu, jasa pembuatan studi kelayakan sangat penting dalam bisnis home industry terutama dalam aspek pasar dan pemasaran.